28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Tommykiara ZZ Melegenda setelah ikutan di Game Gran Turismo 2

Automoto – Mobil TommyKaira ZZ adalah mobil sport legendaris ditahun 1999, oleh karena ke populerannya mobil ini dikutsertakan dalam game Gran Turismo untuk Sony Playstation. diluncurkan untuk pertama kali pada tahun 1995 dan diberitakan diberbagai macam media cetak otomotif di Jepang tapi belum begitu terkenal ke seluruh dunia, baru terkenal setelah mobil ini dimasukkan di game Gran Turismo 2.

Mobil pertama kali yang di buat oleh bengkel Tommykaira yaitu sebuah mobil Mercedes-Benz 190E yang kemudian diberi label ‘Tommykaira M19” sama dengan beberapa bengkel tuning mobil di Eropa seperti Ruf, Alpina dan Gemballa mereka memberi nama nama baru.

Lantas Tommykiara fokus untuk memodifikasi mobil-mobil Jepang seperti Nissan Skyline R31, Subaru Impreza, Nissan March, Subaru legacy dan masih banyak lagi, setelah di modifikasi masing-masing dari mobil yang diselesaikannya diganti nama baru.

 

Pada tahun 1991 Yoshikazu Tomita dan Kikuo Kaira mulai merancang sebuah perencanaan yang matang demi kemajuan bengkelnya dan berambisi ingin dikerjakannya sendiri setiap proyek yang masuk. Nah hasil garapan kiara yang berlabel Tommytiara ZZ ini dimulai sejak awal tahun 1990, namun pengerjaannya tidak dilakukan di Jepang melainkan di Inggris tepatnya di kota Norfolk.

Tommykiara ZZ ini dirancang sedemikian rupa agar menjadi sebuah mobil sport yang ringan dengan layout mesin di tengah, jok mobil untuk dua penumpang saja dan memiliki handling yang baik. Chassis mobil dibuat dari bahan alumunium monocoque dan subframe terbuat dari pipa baja, mesin yang digunakan yaitu mesin nissan SR20DE yang telah dituning oleh Tommykaira. 

Mesin inline-four cylender SR20DE ini dipasang double overhead cams dan terdiri 4 katup dari masing-masing silinder, diluncurkan pada tahun 1989. mesin tersebut juga digunakan pada 15 macam  mobil keluaran Nissan, antara lain 180SX, 200SE-R, Bluebird, Liberty, NX2000, Pulsar dan Silvia.

Mesin SR20DE ini setelah dimodifikasi oleh Tommykiara tenaganya meningkat menjadi 178 bhp yang awalnya sebesar 145 bhp. sedangkan bobot mobil adalah 650 kgl, bisa dibayangkan kecepatan lajunya dengan perbandiang tersebut. 

Image Courtesy of Car & Classic

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications