28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Pierrer Mobility Group, Pindahkan Produksi KTM Ke Tiongkok, China

Pierrer Mobility Group, pemilik KTM, Husqvarna dan Gas-gas telah memutuskan untuk memangkas 300 Pekerja dari jalur perakitan di Austria dan memindahkan produksi tambahan di Tiongkok, China.

Automoto – Setelah mengakuisisi merek KTM asli Austria, Pierrer Mobility Group telah berkembang menjadi produsen roda dua bertenaga No.1 di Eropa dengan penjualan sekitar 190.293 unit pada semester pertama tahun 2023.

Dengan peningkatan volume penjualan sebesar 16,5% dibandingkan periode 2022, Pierrer Group bertekad untuk lebih meningkatkan posisi dan volume penjualannya pada tahun 2024.

Akibatnya Top manajemen memutuskan untuk menjual merek “R Raymon dan Felt”, sekaligus mempromosikan motor listrik Husqvarna dan gas-gas.

Keputusan ini diambil untuk lebih memfokuskan kegiatan pada 4 merek motor yang tergabung dalam Grup yaitu KTM, GasGas, Husqvarna dan MV Agusta. 

Selain itu, Pierrer Mobility Group  memangkas 300 pekerja di pabrik Austria dan mengalihkan produksi ke kemitraannya di India, dengan bajaj, dan di Tiongkok dengan CFMoto. Relokasi ini juga akan mencakup beberapa kegiatan penelitain dan pengembangan lebih dalam.

Langkah ini didasarkan paa analisis tajam terhadap situasi ekonimi dan keuangan di Eropa, dengan tahun 2024 diperkirakan akan terjadi kontraksi dibandingkan tahun 2023. 

Terutama sejak Bank Sentral Eropa menegaskan akan mempertahankan suku bunga pada tinggak saat ini, untuk memangkas jaringan dealer agar lebih efisien.

Berkat kondisi likuiditas yang solid, Grup membantu sejumlah dealer dalam mengurangi beban tingginya suku bunga perbankan sekaligus membantu beberapa pemasok yang menghadapi masalah keuangan. 

Hal ini dimungkinkan berkat kondisi likuiditas group yang solid, demikian dewan direksi mengambil keputusan untuk memperkuat bisnis ini sehingga menjadikan tahun 2024 sebagai tahun konsolidasi.

Disisi lain, keputusan untuk merelokasi sebagian aktifias produksi di Austria tampak logis mengingat kerjasama dengan CFMOTO tampak sanga positif hingga produksi model mid-displacement 790 Duke dan 790 Adventure telah direlokasi pada tahun sebelumnya, 

Hal ini tidak hanya memanfaatkan biaya produksi yang lebih murah, namun juga memperkuat citra KTM di Pasar Timur Jauh yang masih tumbuh lebih cepat dibandikan di negara lain.

Pierrer Mobility Group dan CFMoto berencana meningkatkan aktifitas produksi bersama dari 50.000 menjadi 100.000 unit.

Dewan direksi cukup optimis penjualan tahun depan akan tetap pada level 2023, dengan margin EBIT dikisaran 5 hingga 7 %.

Untuk mengambankan profitabilitas group, manajemen akan menerapkan angkah-langkah pemotongan biaya dalam kisaran dua digit juta pada tahun anggaran 2024. 

Sedangkan untuk MV Agusta, Pierrer Mobility melengkapi tenaga di Schiranna sehingga group sangat percaya diri dengan salah satu merek paling legendaris dalam sejarah motor.

Model Adventure MV Agusta LXP orioli baru yang ditenagai mesin tiga silinder 900cc baru menjanjikan menjadi sukses besar dipasar seperti halnya di EICMA bulan lalu.

UntuK lebih mendukung proyeksi MV Agusta dipasar dunia, model-modelnya akan didistribusikan melalui jaringan dealer Pierrer Mobility Gourp.

Akhirnya, opsi beli yang diberikan kepada KTM AG berdasarkan laporan keuangan tahunan per 31 Desember 2025, untuk mengakuisisi saham mayoritas di MV Agusta akan dilaksanakan pada musim semi 2026.

Dan itu akan menjadi titik balik besar bagi perusahaan italia tersebut, legenda yang akhirnya akan keluar dari tahun-tahun ketidakpastian finansial.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications