28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Norton P11, Desert Sled Yang Terlupakan

Ini adalah motor Norton P11 asli dari tahun 1967, meskipun P11 dibuat di Inggris, tetapi selanjutya P11 dikembangkan di California oleh Tim Amerika Khusus untuk olahraga balap motor gurun pasir yang sangat populer

Automoto – Diberillabel “Project 11”, Norton P11 dimaksudkan untuk bersaing dengan Triumph TR6C “desert sled” dan BSA Hornet. Norton P11 terbukti sanga mumpuni, namun tiba diloksi sedikit agak terlambat untuk untuk mengesankan semua orang sebelum motor 2 tak mengambil alih, sebagai hasilnya beberapa orang menyebutnya “Forgotten desert Racer”.

Proses Pembuatan Desert Sled

Pada tahun 1960-an, Olahraga balap motor gurun pasri mulai populer di Amerika serikat, terutama di California Selatan, mengingat wilayah tersebut memiliki akses yang  mudah untuk melakukan kegiatan di gurun pasir yang luas.  

Olahraga ini dipopulerkan oleh seorang pembalap dan juga bintang film papan atas Hollywood yaitu Steve mcQueen yang pernah berkompetisi di Internasional Six Day Trial (ISDT) pada tahun 1964 bersama tim USA bernama Bud Ekins saudara laki-laki dari Ekin, Dave John Steen dan Cliff Coleman.

Kemungkinan motor balap yang paling dominan saat ini adalah Triumph TR6C, yang pada dasarnya adalah motor dengan mesin Parrallel-Twin 650cc yang telah dimodifikasi untuk keperluan off-road. McQueen memiliki juga memiliki motor tersebut serta pernah pula berkompetisi mengendarai Triumph TR6C, dan masih banyak lagi koleksi motor lainnya, dalam sejarahnya tidak ada lomba motor gurun pasir yang tak dimenangkan oleh motor Triumph TR6C berkali-kali.

Norton sedikit kurang beruntung dalam mengembangkan motor ini untuk menjadi populer sebagai motor desert sled (walaupun mereka sudah mencoba dengan Norton Atlas Scrambler sebelumnya), pada akhirnya mereka harus dimasukkan kelam proyek P11 dengan prototipe baru yang telah dikembangkannya, di Amerika Serika oleh dealer West Coast Norton bernama Bob Blair dan kelapa mekaniknya steve Zabaro.

Bob Blair telah mencoba membujuk Norton untuk membangun P11 yang awalnya disebut ‘Project 11” dengan memasang mesin Twin-Parrallel berkubikasi 745cc dari motor Norton Atlas untuk dipasang ke rangka yang ringan dari Matchless G85 CS (Competition Springframe), yang awalnya merupakan motor satu silinder.

Norton mengatakan mesinnya tidak cocok dan menolak untuk membuat prototipe, jadi Blair dan Zabaro melakukannya sendiri, ternyata mesinnya cocok dengan sedikit bujukan dan serangkaian dudukan mesin yang dirancang baru.

Mesin motor satu silinder Matchless sudah lama digunakan, mereka mengimpor 79 unit mesin G85CS, sebagian besar adalah produksi AMS, mesin-mesin tersebut langsung terjual habis, tetapi tenaga yang dikeluarkan tidak begitu tinggi. pabrik tidak berpikir demikian, mungkin untuk memasukkan kembaran Norton kedalam Chassis G85 dan mengatakan bahwa mereka tidak akan melakukannya.

Bob Blair dan Zabaro memutuskan untuk melakukannya sendiri, mereka menggunakan mesin Norton N15CS Atlas dan Chassis G8CS bekas dan membuat motor tersebut dalam waktu sekitar 3 minggu. Motor yang mereka ciptakan tetap mempertahankan bobot agar tetap ringan dan menangani mesin Matchless G85 ini dengan baik. berkat rangka tabung baja Chromoly Reynolds 531 sehingga motor tetap ringan.

Tenaga yang dihasilkan dari 41 bhp menajdi 55 bhp, lebih besar dari Triumph TR6C yang memiliki power sebesar 46 bhp. Prototip tersebut kemudian dikirim ke Inggris  dievaluasi di Pabrik Norton, mereka setuju untuk memproduksinya yang mengirimkan pertama motor tersebut ke Amerika pada tahun 1967.

Meskipun Norton P11 adalah motor yang kompetitif, namun kedatangannya agak terlambat, pada akhir tahun 1960-an terjadi peralihan dari motor berat 4 tak ke motor yang lebih ringan dua tak seperti Husqvarna. Norton Commando juga mulai diproduksi pada tahun 1968, sebuah model yang mengambil beberapa pelajaran dari P11, dan Commando akhirnya laris manis. 

Norton mengembangkan P11 menjadi P11A atau ranger pada tahun 1968,sehingga lebih ramah dijalanan, tapi tulisannya masih belum jelas, dan P11 akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 1969

Norton P11 tahun 1967

Motor yang ada diphoto ini adalah Norton P11 yang sudah direstorasi dari tahun pertama produksinya tahun 1967, dulunya dibeli oleh seorang pemiliknya yang saat ini pada tahun 2023, dan telah mengalami perbaikan sebelumnya, termasuk penyempurnaan rangka dan bodi, Garpu, wiring harne, ban baru, karburator baru, perbaikan pelek dan hub serta cluster alat ukur (spedometer).

tangki bahan bakar asli berukuran 3,6 galon dan penutup samping dicat ulang dengan warna merah metalik diatas lapisan dasar warna perak. mesin diperbaiki kembali diselesaikan oleh Competition Cycle Center di Milwaukee, Wisconsin pada tahun 2006, beberapa komponen diganti seperti piston, bearing, valve guides, carburator dan gasket.

Mesin juga dilengkapi dengan Magneto Lucas K2FC Competition dan yang penting nomor mesin dan rangka motor sesuai dengan surat-suratnya. motor ini sekarang sedang ditawarkan di pelelangan Bring a Trailer dijual oleh Jamez Spring, New Mexico.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications