27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Misteri Tangki Manx Norton Dan Masa Kejayaannya

Misteri Tangki Manx Norton terkenal dan membangkitkan nostalgia akan balap motor balap

Automoto – Warna perak, hitam dan merah pada tangki motor Manx Norton langsung dapat dikenali dan membangkitkan kenangan nostalgia akan kemenangan balapan dari mesin yang menghiasinya, contoh yang digambarkan disini membawa makna yang lebih dalam dan terlupakan dalam sejarah merek Norton.

Pada tahun 1952, Rex McCandless, seorang pemuda Irlandia, mengkampanyekan Manx Norton dengan tangki yang sangat unik ini. hanya satu foto dari tangki terpasang yang diketehui ada, diambil oleh Rex menghangatkan motor nortonnya sebagai persiapan untuk Northwest 200, setelah balapan tangki tersebut menghilang.

Terkadang banyak orang memiliki kecintaan yang tidak rasional terhadap Maxn Norton dan selalu terpikat dengan foto asli tersebut yang ditampilkan dalam buku Mick Walker “ The Manx Norton”. lalu suatu hari saat mengunjungi Team Obsolete di New York, tank tersebut ada di sebuah toko.

Kisah tangki bahan bakar ini dimulai padsa tahun 1940-an, Ketika McCandless mengubah motor berbingkai frame kaku menjadi berputar dari lengan ayun belakang, menggunakan peredam kejut dan diadaptasi dari mobil Citroen.

Setelah sukses secara lokal, dan atas perintah pembalap Works, Artie Bell, McCandless memperoleh kesuksesan, perhatian dari ketua balap norton, Joe Craig dan memulai pengembangan rangka dudukuan dupleks untuk digunakan dengan wing arms, sasis tersebut kemudian dijenal sebagai rangka “Featherbed” setelah harald Daniel menguji mesin tersebut dan menciptakan istilah tersebut.

Hal ini benar-benar mengubah industri dan meningkatkan standar penanganan yang dapat diperoleh dari mesin balap, menggunakan mesin OHC Manx yang sudah sukses, dan ditangan pembalap yang terampil bernama Geoff Duke, mesin baru ini mendominasi balap grand Prix dan Isle of Man TT selama bertahun-tahun ke depannya.

Ketika departemen balap Bracebridge street Norton works ditutup pada tahun 1962, tangki ini muncul kembali dan menghabiskan beberapa waktu di bengkel Reg Dearden sebelum diakuisisi oleh Tem Obsolete, tangi ini datanf dengan pembelian prototip works Manx 350cc yang menjalankan roda eksternal flywheel, tetapi tidak digunakan.

Tangki bahan bakar yang asli kemudian dipasang pada sepeda motor tersebut sebelum dijual, dan tangki inisecara default menjadi bagian dari koleksi team obsolete yang ternama. dengan warna cat yang sudah tua dan pudar, jika kita lihat secara detail konstruksinya, dengan setiap panel dipotong, dibentuk dengan tangan, dan dilas, menciptakan sebuah kary seni yang fungsional.

Panel atasnya sangat lega dan awalnya dilengkapi dengan busa banyalan sehingga pengendara dapat dengan nyaman mengindari angin, dilengkapi dengan keran ganda yang mengalirkan bahan bakar dalam kondisi aslinya dan terdapat beberapa bagian yang penyok, gorean dan semua patina diperoleh di masa jayanya.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications