29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

BSA Hornet, Desert Sled Pabrikan Langka

BSA Hornet adalah salah satu dari desert sled yang dirilis pada tahun 1950 dan 60-an  oleh pabrikan sepede motor asal Inggris Khusus untuk pasaran Amerika, dimana pada saat itu balap motor off-road merupakan olahraga yang paling berkembang pesat.

Automoto – Kemungkinan pembalap desert sled yang paling terkenal saat itu adalah Steve McQueen, yang sering balalapan dengan nama samarannya yaitu “Harvey Musman” untuk menghindari identitasnya. McQueen menulis fitur Moto BSA Hornet disalah satu majalah science yang populer pada tahun 1966 tentang motor off-road.

BSA Hornet Desert Sled dirilis pada tahun 1966
BSA Hornet 1967 langka diburu kolekor

BSA Hornet adalah motor penerus dari pendahulunya yaitu BSA Spitfire Hornet yang pertama kali dirilis pada tahun 1964. Spitfire Hornet dikembangkan di Inggris tetapi tidak pernah dijual di Inggris. karena motor tersebut diproduksi agar booming di Amerika serikat terkait balap desert sled.

Triumph adalah pemain terbesar di kancah balap gunung pasir California pada tahun 1960-an, Triumph TR6C adalah sepeda motor paling sukses dikelasnya dan menginspirasi terciptanya banyak pesaing-pesaing yang ketat, seperti Norton P11, Matchless G15CS dan BSA Spitfire Hornet.

Spitfire Hornet dibuat dari nol dan dirancang khusus sebagai motor balap off-road khususnya di gunung pasir. rangka terbuat dari tabung baja, tangki bahan bakar berukuran kecil, stang model tinggi dan lebar sehingga pengendara dapat berdiri saat berada dimedan yang kasar, terdapat pelindung kaki, peredam kejut, dan jok dengan bantalan yang tebal, camshaft perperforma tinggi dan pistonyapun berkompresi tinggi. 

BSA Hornet 1967 langka diburu kolekor

Tidak ada upaya untuk berniat membuat versi road legal dari Spitfire Hornet, tidak dilengkapi lamu depan dan belakang dan dilengkapi dengan pipa knalpot lurus dan tidak memakai muffler. tetapi ada beberapa orang yang memiliki dan menambahkan part-part yang kurang agar bisa dikendarai di jalanan, tetapi sebagian lagi tetap membiarkanya dalam bentuk aslinya.

Pada tahun 1966 model ini diperbaharui dan namanya diubah menjadi BSA Hornet, dengan performa yang lebih baik dibanding spirfire, dilengkapi dengan camshaft yang lebih bagus performanya dan kompresi piston lebih tinggi lagi dari yang sebelumnya.Rem berpendingin agar kinerjanya maksimal saat berada di gurun pasir yang suhunya panas. 

BSA Hornet 1967 langka diburu kolekor

Pada akhir tahun 1960-an, sepeda motor balap off-road 2 tak seperti Husqvarna mulai unjuk gigi mendominasi balapan di padang pasir tersebut setelah pergantian dekade. akibatnya hanya diproduksi dari tahun 1966 hingga 1967 dan dihentikan pda tahun 1968. 

Saat ini motor yang masih tersisa dan terselamatkan tidak banyak jumlahnya, karena kelangkaan akan motor balap off-road harganya semakin meningkat dan permintaannya juga makin meningkat pula.  

BSA Hornet 1967 langka diburu kolekor

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications