27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Mobil Legendaris “Balchowsky Ol’s Yaller” MK VII

Max Balchosky adalah seorang yang mempunyai cita-cita untuk membuat film Hollywood tentang profile-nya, Pada masa remaja Max Balchowsky sudah menunjukkan bakat dan kesenangannya akan segala hal yang berkenaan dengan mekanik,

Automoto – Berawal dari bekerja di sebuah bengkel perbaikan jam tangan kemudian pindah kerja di bengkel sepeda, sehingga dari pengalaman kerja yang dia dapatkan baik tentang mekanik Jam dan mekanik sepeda, max mampu menguasai kedua bidang mekanik tersebut dengan baik dan akhirnya bisa menciptakan mobil legendaris.

Sayangnya saat itu Max harus mengikuti wajib militer yang ditugaskan dilaga perang dunia ke-2, dimasa tugasnya dia mendapatkan tugas yang berbahaya yaitu sebagai juru tembak B-24 Belly Turret diatas langit Eropa yang tidak pernah dia bayangkannya. saat penembakan dia tertembak dan jatuh, untungnya jatuh di area pasukan amerika dan berhasil diselamatkan ke Markas.

Karena luka akibat tertembak ini, akhirnya Max tak ditugaskan lagi sebagai penembak, dan dikirim ke Burma, dan setelah kembali dari medan perang max memutuskan untuk bekerja disebuah bengkel mobil milik kakaknya yaitu di Caspar’s Garage. di saat bekerja di bengkel inilah Max bertemu dengan seorang gadis bernama Ina Wilson seorang gadis remaja yang tinggal bersama orang tuanya di bengkel mobil, tidak dipungkiri Ina wilson juga sangat piawai dalam hal mekanik mobil, bahkan dia bisa mereparasi dan memangun mesin mobil sendirian. akhirnya hubungan mereka semakin akrab dan berakhir di pelaminan.

Pada tahun 1940 Max sudah mulai tambah piawai dalam melakukan swap engine dan membuat mesin mobil lebih kencang dari standard pabrikan, hingga akhirnya max dan istrinya mendirikan bengkel mobil sendiri yang diberi nama “Hollywood Motors” pada tahun 1949 yang berlokasi di 4905 Hollywood Blvd, Hollywood, california. 

Tidak Jarang bengkel max dikunjungi oleh aktor-aktor Hollywood ternama seperti James Dean, seorang artis Hollywood yang gemar dengan mobil, lalu mereka menjadi teman akrab dan James dean sering berkunjung ke bengkel  dengan salah satu mobil koleksinya untuk berdiskusi dengan max dan istrinya. aktor holywood lainnya seperti James Coburn dengan mobil Ferrari Californianya, James Coburn mempercayakan pada max untuk menghandle mobil kesayangannya ini baik tampilan mobil maupun performa mesinnya.  James Coburn ini adalah artis stuntment dan juga seorang builder mobil untuk fim mobil, dialah yang mempersiapkan mobil Mustang dan Dodges yang digunakan pada film Built yang dibintangi oleh Steve McQueen.

Akhirnya Max juga mengikuti jejak James Coburn terjun dalam dunia stunment, antara lain di film Viva las Vegas, Bullit, Herbie The Love Bugs, Vanishing Point, The Deer Hunter dan masih banyak lagi. karir sebagai stanmen ini digelutinya mulai tahun 1950 hingga tahun 1990-an. salah satu mobil hasil modifikasi bengkel Max dan istrinya ini yaitu sebuah mobil yang berbasis OI’s yeller, dimana mobil ini dibangun dari sumber untuk mendapatkan spare partnya termasuk diambil dari Junkard (sampah mobil), namun mobil ini menjadi terkenal karena mampu bersaring ketat dengan mobil Ferrari, Jaguars, shelby cobra, Ferrari 250 GT dan Porsche 718 RS diberbagai trax balap di Amerika Utara, hingga pada akhirnya Oi’s Yallers ini menjadi juara favorit, dan akhirnya Memberi nama sama dengan sebuah film di tahun 1957 yaitu Old Yeller yang menceritakan tentang seekor anjing yang tak di ingikan majikannya namun anjing tersebut menjadi pahlawan di akhir ceritanya.

Desain rancang bangun chassis mobil yang dikerjakan oleh Max ini masing-masing chassisnya di gambar dengan kapur tulis di lantai bengkel sebelum melakukan pengelasan pipa-pipa baja dan kemudian dirakitnya, desainya sangat sederhana sekali tapi sangat efektif, mesin yang digunakan yaitu mesin V8 baik dari mesin Buick atau mesin Chevrolet. kemungkinan yang menjadi kunci dari keberhasilan Oi; Yeller ini adalah bobot mobil yang ringan dipadu dengan mesin Hefty V8 inilah yang menjadi rahasia OI’ yealler dalam bersaing dengan mobil-mobil Eropa yang eksotik dan mahal harganya. selama masa waktu 1955 hingga 1963, Max berhasil menbangun mobil OI’s Yeller ini sebanyak 9 unit, dan salah satu dari 9 mobil tersebut hingga sekarang ada 1 yang dijadikan mobil koleksi karena kelangkaan dan sejarahnya.

Mobil Balschowsky Ol’ Yaller MK II yang ada diphoto ini adalah mobil garapan ke-7 yang dijual pada tahun 1961 pada pemilik pertamanya yaitu Don Kirby dari Rochester, New York. Kirby sendiri memesan mobil tersebut tanpa mesin dan bodynya berbahan fiberglass, dan rencannya dipasang mesin Chevrolet V8, namun dia menemukan mesin Fuel-Injectied Chevy V8 berkapasitas mesin 327 cc yang dipadukan dengan gearbox 4 percepatan model T10 keluaran dari Borg Warner yang dikirim ke roda belakang. setelah mobil tersebut selasai kerap kali turun ke ajang balap antara lain di SCCA Virginia Internasional Raceway pada bulan Oktober 1963 yang berhasil menjadi juara 5, dan pada bulan September 1964 di ajang balap Road America 500 dan meraih juara ke-4, tahun-tahun berikutnya mengikuti balap di Colorado Grand 1991, dan pada tahun 2005 mengikuti ajang rally mobil antik berlaga dengan mobil-mobil vintage  di ajang Monterey Historics 2005.

Pada tahun 2009 mobil tersebut dilakukan restorasi body di Palhegyi Design of El Cajon, California sementara mesin digarap oleh watkins engine Development, body mobil diganti dengan body baru dari fiberglass, sistem keamanan diupgrade dengan menguprade rem mobil dan sistem pendingin, dan velg mobil diganti veleg jari-jari klasik keluaran Borrani. mobil tersebut sekarang di lalang melalui biro lelang sotheby’s dengan tafsiran harga antara $175.000 – $ 225.000 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications