34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Skuter Cushman series 60, Sederhana Tapi Harganya Selangit

Automoto – skuter Cusman Series 60 adalah skuter jebolan Amerka pada pertengahan abad ke-20, vespa ini  merupakan salah satu alat transportasi yang banyak dikendarai oleh pemuda-pemuda amerika dari daerah pantai ke pantai lainnya yang ada di Amerika.

Di Benua Eropa nama Vespa dan Lambretta sudah tidak asing lagi, bahkan kedua skuter tersebut menjadi alat transportasi harian bagi masyarkat Eropa dan harganyapun terjangkau, untuk menandinginya maka negara Amerika membangun skuter Cushman sebagai kendaraan yang terjangkau berbahan bakar bensin guna memenuhi kebutuhan masyarakat Amerika menggunakan kendaraan yang murah dan hemat bahan bakar.

Untuk pertama kalinya skuter Cushman mengaspal di Amerika yaitu pada masa terjadinya resesi dunia melanda, sehingga untuk menjaga perusahaan tetap exist maka diproduksilah skuter Cushman ini, dimana setelah diluncurkan skuter Cushman semakin hari semakin terkenal dan karena harganya terjangkau, sehingga banyak anak muda yang menggunakan skuter ini sebagai alat transportasi, tak luput pula tentara Amerika juga menggunakannya selama pecahya perang dunia ke-2. bahkan ada versi special yang dikembangkan sebagai skuter perang yang dilengkapi dengan parasut yang dijatuhkan bersama dengan para pasukan penerjun di garis depan, dirancang bisa dengan mudah mendarat sehingga langsung bisa dikendarai begitu setelah mendarat.  sekarang ini skuter Cushman ini tergolong motor antik dan banyak diminati oleh para kolektor motor antik di Amerika khususnya, bahkan kalangan antusias motor antik juga melirik untuk memilikinya.

Cushman series 60  yang lebih dikenal dengan julukan “Turtle back” karena desainya, skuter ini termasuk mudah dikendarai dibanding dengan motor-motor pada umumnya, bahkan wanitapun juga bisa dengan mudah mengendarainya, beberapa tahun sesudahnya ada komunitas ibu-ibu yang mengendari bisa mengenakan baju panjang atau rok panjang, dengan mudahnya mereka mengendarinya dibanding dengan motor biasa.

Walaupun perusahaan Cusman ini sampai sekarang dikenal dengan perusahaan motor yang memproduksi kendaraan kecil, sebenarnya perusahaan ini didirikan pertama kali pada tahun 1903 di Lincoln, Nebraska yang khusus memproduksi mesin 4 tak berukuran kecil dan berbahan bakar bensin. mesin-mesin produksi mereka awalnya di distribusikan untuk alat-alat pertanian, pompa, mesin potong rumput dan untuk perahu boat kecil.

Pada pertengahan masa terjadinya resesi dunia pada tahun 1936 perusahaan akhirnya memutuskan untuk memproduksi kendaraan skuter sedikit melenceng dari usaha awalnya, namun hal ini merupakan sebuah keputusan yang jenius bagi perusahaan, karena untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan yang terjangkau bagi khalayak umum. para engineer Cushman mengembangkan skuter dengan desain yang sangat sederhana ditandem dengan mesin produksi mereka sendiri dan disebut dengan Auto-Glide yang terjual dengan jumlah yang tidak sedikit, ini adalah upaya perusahaan untuk tetap berlangsung. lalu 3 tahun berjalan pecahlah perang dunia ke-2 pada tahun 1941, akhirnya Cushman memproduksi versi untuk militer, salah satu model nya yaitu Cushman Skuter model 53, dirancang dengan model sederhana dan seringan mungkin agar bisa diterjunkan bersama para pasukan penerjun di medan perang.

speedo meter

Setelah perang dunia ke-2 usai penjualan skuter cushman semakin meningkat, alasannya karena masyarakat banyak yang mengetahui skuter tersebut juga digunakan oleh para pasukan angkatan darat Amerika, hingga akhirnya perusahaan merilis model baru yaitu model Cushman Eagle dan Road King dengan desain mirip-mirip motor Harley-davidson atau motor Indian Chief. hingga akhirnya dipertengahan tahun 1860-an penjualan semakin merosot dan perusahaan kemudian memutuskan untuk memproduksi kendaraan roda 3 dan 4 berukuran kecil seperti mobil golf, kendaraan industri kecil, mobil ice-cream dan kendaraan kecil lainnya. 

Nah sahabat Automoto, Cushman series 60 yang biasa dijuluki dengan Turtle Back ini sudah mengalami restorasi dan sekarang cat skuter bertema kobaran api dan beberapa bagian difinishing dengan chrome. Cushman series 60 ini dibekelai dengan mesin Husky dengan blok mesin model bulat bertenaga 5 HP, sedangkan sistem pendinginan menggunakan sistem air-cooled dan transmisi otomatis dipadu dengan kopling sentrafugal yang dialirkan pada roda belakang. motor ini sudah lama nongkrong disebuah museum, ditafsirkan nilai jual antara $2.0000 hingga $3.000 Us. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications