28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Misteri Motor Kurogane Type 95 Yang Kontroversial

Motor Kurogane Type 95 bagi banyak orang dianggap sebagai mahluk mitos, diyakini hancur karena terkena nuklir, dokumentasi keberadaannya hancur secara serius selama beberapa dekade.

Automoto – Sejarawan resmi pabrikan motor besar Amerika yang memiliki hubungan yang kuat dengan motor Kurogane Type 95 masa perang yang dibuat oleh perusahaan Jepang Nihon Nainenki muncul di televisi Amerika Serikat dalam adegan singkat diacara Hit “I Love Lucy” pada tahun 1950-an.

Sejak saat itu para kolektor dan sejarawan telah hilang selamanya, dengan hanya tiga yang tersisa didunia dan dua dikoleksi The Motorworld yang dipimpin oleh V. Sheyanov.

Motor yang ada diphoto ini adalah motor satu-satunya versi sipil dari sespan yang dilengkapi dengan mesin V-Twin dan telah sempurna di restorasi.

Sebelum industri motor Jepang menjadi maju seperti sekarang ini, dengan produsen-produsesn besar yang berdedikasi mendominasi pasar dunia.

Industri ini terdiri dari pemasok kecil yang menyediakan komponen ke pabrik perakitan yang sering kali dimiiki oleh perusahaan yang tidak tertarik pada motor selain sebgai produk lain untuk dijual.

Selama bertahun-tahun salah satu pemasok ke pasar Harley-Davidson dengan mesin Flathead yang digunakan dalam berbagai merek dan model, namun ketika perang dunia ke-2 semakin dekat dan Jepang mengisolasi diri.

Lalu militer mengambil kendarli dan Nihon Nainenki dikontrak untuk memasok mesin tersebut, Kurogane (Baja Hitam) tipe 95 dilengkapi dengan sespan untuk keperluan militer dan melayani kaisar.

Hancur lebur tanpa Jejak setelah bom Di Hiroshima Di jatuhkan

Namun ketika bom atom dijatuhkan di Kota Hiroshima Pabrik yang membuat mesin ini hancur total dan nyawa para tehnisi dan insinyurnya hilang.

Jejak terakhir Type 95 yang tersisa sengaja dihancurkan ketika pasukan menyurvei kota dan sebagainya, banya motor yang dihilangkan jejaknya.

Sejak sebuah tayangan TV I love Lucy menampilkan motor tersebut dan terlihat jelas bahwa setidaknya satu tentara Amerika Serikat telah membawa pulang ke Amerika sebagai soevenir yang cukup besar. 

Motor beserta sispan ditemukan di California pada tahun 1960-an, namun kembali disembunyikan dari dunai hingga Steve Rainbolt membawanya ke Internasional Motorshow di Del Mar pada tahun 1997 dan mendapat penghargaan “Choice Award” dari juri.

Steve Rainbolt sebenarnya hanya ingin menunjukkan betapa langkanya motor tersebut, bahkan para juripun benar-benar tertipu.

Karena tidak hanya dicat dengan warna hijau Militer Amerika Serikat, bukan hitam, motor tersebut direnovasi dan masih bisa dijalankan dan motor ini termasuk motor yang paling langka didunia.

Restorasi Total

Namun ketika motor tersebut dibeli oleh The Motorworld oleh V sheyanov untuk dijadikan koleksi Moto of war.

Tidak ada yang bisa dilakukan selain merestorasinya secara keseluruhan kebentuk aslinya dan seorang maestro Costantino Frontalini asal Itali ditugaskan untuk melakukan proyek ini.

Restorasi Kurogane Militer adalah sebuah peristiwa bersejarah bagi perusahaan nya, karena sangat langka, dan kemudian diberi proyek lagi untuk merestorasi versi sipil.

Sebenarnya tidak ada produksi serial dari sebuah motor, Kurogane Versi sipil, setidaknya tidak ada dokumentasi yang mendukung hipotesis ini.

Ide utamanya adalah representasi dari ‘Rampasan Perang” yang ditemukan oleh seorang tentara Amerika, kemudian diangkut ke AS dan di cat ulang dengan gaya sipil.

Dia Tahu dia punya contoh aslinya namun karena kehadiran gigi mundur dan kelengkapan sespan untuk melakukan restorasi pada motor kurogane Type 95 tanpa banyak informasi yang didapatkan, selain beberapa foto lama dimasa perang.

Motor dengan suspensi rigid terbuat dari baja dengan dinding sespan yang tebal, untuk menangani beban tiga orang dan sebuah sespan, maka ditambah penyangga tambahan disemua bantalan.

Sungguh luar biasa, akhirnya motor besar ini setelah direstorasi kembali ke berntuk aslinya, namun diembalikan ke kesempurnaan dan itu merupakan tugas berat bagi tim ini.

Spare part yang digunaakan msih asli  termasuk shock ganda, ujung depan pegas yang memberikan stabilitas luar biasa pada kecepatan tinggi dan peredam presisi di medan yang kasar.

Bagian belakang kaku tidak memberikan kemewahan sperti itu, tetapi sagat penting untuk mesin yang handal selama masa perang. 

Namun yang jelas orang yang duduk pada sespan, orang yang mengemudi dan orang yang mboncneg duduk dikursi pegas untuk mengurangi goncangan yang ada sedangkan bagian suspensi belang rigid.

Roda motor menggunakan roda model jari-jari termasuk roda ban serep, rem hanya ada di roda depan dan bagian belakang menggunakan rem tromol. 

Mesin yang digunakan seperti kebanyakan motor besar Jepang saat itu menggunakan mesin dari harley-Davidson Flathead.

Namun meskipun merupakan warisan Amerika, tidak ada bagian yang cocok dengan Hog karena telah dimodifikasi dan didesain ulang.

Agar sesuai dengan proses manufaktur Jepang yang unik dan menggunakan tehnik baru dan lebih diperluakan demi kehandalannya di medan perang.

Meskipun katup samping 1260cc berdasarkan versi Harley-Davidson dengan sistem peminyak total loss, Type 95 memiliki pompa oli internak penuh.

Peningkatan pengapian dan kelistrikan adalah sistem yang dirancang dan dibangun oleh Mitsubishi untuk pabrik di Hiroshima yang menyertakan  trik Magneto.

Gearbox adalah segalanya yang diharapkan dari motor Jepang dan bertahun-tahun lebih maju dari masanya.

Sebuah kotak yang dapat dipindahkan dengan tangan yang menampilkan tiga gigi maju, mundur untuk memudahkan manuver sespan dan gigi netral, semuanya dikebalikan ke bentuk aslinya

Setelah direstorasi motor tersebut mampu berjalan hingga kecepatan 80 km/jam dengan muatan penuh dan tiga orang didalam sespan.

Untuk kendaraan yang pada dasarnya adalah kendaraan militer, semua perlengkapannya sangat mewah.

Perlengkapan mewah

Kursi malas seperti sespan berukuran besar dan empuk, dengan kulit bermutu tinggi digunakan pada motor tersebut, semua tombol kontrol berwarna krom dan ergonomis dengan tempat duduk yang tegak,

bagian penting dari restorasi ini adalah pemasangan speedometer yang sesuia dengan periode yang tertera dalam km/jam dan panel shift dengan stempel huruf Jepang, seperti namanya, 

body motor dikembalikan ke warna asli yaitu hitam pekat, seperti yang dimaksudkan sebelumnya.

Restorasi motor tersebut telah menghabiskan ratusan jam kerja untuk mengerjakan panel-panelnya, dari tangki, hingga bodi sespan dan semua wadah lampu depan serta sekelilingnya.

Setiap bagian kini bebas karat dan logam dikerjakan dengan penuh cinta dan ketelatenan orang-orang Itali.

Salah satu dari banyak fitur brillian dari Kurgane Type 95 adalah betapa mudahnya sespan dapat dipisahkan dan mengubah mesin yang bergerak tiga orang menjadi satu motor tunggal.

Dan kini motor tersebut  menjadi motor paling kontroversoa; dan paling langka diplanet bumi ini dan nangkring di museum.  

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications