34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

30 Tahun KTM DUKE, Evolusi Naked Bike Yang Radikal

Automoto – Dalam 30 tahun terakhir, rangkaian model KTM DUKE dapat diringkas dalam satu kata, “Evolusi”. Pada awal kehadirannya di tahun 1994, KTM DUKE tampil sederhana dan kini statusnya sebagai simbol kinerja dan inovasi, nama KTM DUKE telah teruji oleh waktu.

Pada tahun 1994, KTM memasuki dunia jalanan dengan motor pertama yang mengusung label DUKE. Model ini menampilkan mesin besar silinder tunggal 609 cc, dengan ergonomis dan gaya yang mengangkangi garis antara Supermoto dan streetfighter.

Pada saat itu, KTM DUKE tahun 1994 merupakan perubahan radikal dari desain sepeda motor tradisional.

30 Tahun KTM DUKE

Menampilkan rangka teralis terbuka, bodywork minimalis, dan mesin satu silinder, merupakan anomali di pasaran. Namun, hal itu langsung menarik perhatian pengendara yang mencari pengalaman berkendara liar dan tak terkendali.

Saking suksesnya, KTM memperkenalkan versi DUKE II yang lebih bertenaga pada tahun 1999, dengan gaya yang lebih tajam menggantikan kontur bodi pendahulunya yang membulat.

Tanpa disadari, hal ini memunculkan segmen naked dalam jajaran sepeda motor KTM, dengan lebih banyak kapasitas mesin dan silinder yang ditambahkan ke jajaran DUKE.

Pada tahun 2005, nama SUPER DUKE diperkenalkan, dengan mesin 990 cc LC8 V-Twin yang jauh lebih bertenaga. KTM 990 SUPER DUKE dengan cepat mencapai status kultus, kemudian varian KTM 990 SUPER DUKE R memimpin memasuki pasar pada tahun 2008.

Tahun 2008 juga membawa KTM 690 DUKE ke pasar, sekali lagi mengguncang norma desain saat itu.

30 Tahun KTM DUKE

KTM 690 DUKE 2008 adalah mesin satu silinder bertenaga, dengan knalpot yang menggantung, posisi berkendara yang agresif dengan gaya berkendara siku ke luar. Hal inilah yang nantinya menjadi cetak biru sikap berkendara DUKE.

Tahun 2011, dunia menyaksikan lahirnya model DUKE berkapasitas mesin lebih kecil, dengan diluncurkannya KTM 125 DUKE.

Seluruh kekuatan dan kepribadian DUKE dirinkas dalam sebuah desain dengan mesin yang lebih kecil. Pun demikian, KTM tak menghilangkan ciri khas DUKE.

Hadirnya KTM DUKE 125 diproyeksikan sebagai naked bike untuk pemula guna mencetak pengendara DUKE di masa depan dengan kelas yang lebih tinggi.

Pada tahun 2012, KTM memperkenalkan KTM 200 DUKE yang mengubah permainan, dengan bergabungnya THE CORNER ROCKET KTM 390 DUKE pada tahun 2013.

KTM 390 DUKE menjadi favorit di kalangan pengendara perkotaan, berkat pengendalian dan manuvernya yang gesit serta penyaluran tenaga yang kuat.

KTM kemudian mengguncang segmen naked bike pada tahun 2014, dengan diperkenalkannya THE BEAST – KTM 1290 SUPER DUKE R. Dengan mesin 1.301cc V-twin, KTM 1290 SUPER DUKE R mendapatkan reputasi sebagai motor paling bertenaga.

Mesin LC8, yang membuka jalan bagi segmen baru dan KTM 1290 SUPER DUKE GT yang tiba pada tahun 2016 yang menawarkan berkendara lebih tenang dan nyaman.

Tahun berikutnya, 2017, THE BEAST menerima pembaruan nyata pertamanya. Dijuluki THE BEAST 2.0, KTM 1290 SUPER DUKE R 2017 menawarkan pembaruan pada tenaga, suspensi, dan gaya.

Namun paket elektronik barunya menjadi pusat perhatian, dengan alat bantu pengendara yang lebih halus dan Mode TRACK baru yang mengatur mode berkendara sesuai keinginan penunggangnya.

Titik balik dalam evolusi DUKE terjadi pada tahun 2018, ketika KTM meluncurkan KTM 790 DUKE yang diberi nama THE SCALPEL.

Ini adalah pengenalan era baru performa dan gaya untuk nama DUKE, menampilkan mesin kembar paralel yang bertenaga, elektronik mutakhir, dan desain yang berani. Terlebih lagi, ini menunjukkan tekad untuk mendominasi segmen naked bike kelas menengah.

Kini, 30 tahun kemudian, tiga model KTM DUKE merayakan hari jadinya secara bersamaan.

Pada level awal, KTM 390 DUKE menawarkan langkah evolusionernya yang paling berani, dengan gaya yang berbeda, paket elektronik terdepan di kelasnya, dan performa yang tak tertandingi.

KTM 990 DUKE – jangan sampai tertukar dengan KTM 990 SUPER DUKE jaman dulu – ditenagai mesin parallel-twin LC8c yang serba baru, membawa pertarungan langsung ke segmen naked 1.000 cc. Motor ini menawarkan dimensi yang lebih besar dan lebih banyak teknologi.

Terakhir, KTM 1390 SUPER DUKE R dan stablemate-nya, KTM 1390 SUPER DUKE R EVO, telah berevolusi menjadi sepasang hyper-naked terbaik dengan tenaga luar biasa, elektronik tak tertandingi, dan arah desain yang sepenuhnya baru.

Untuk merayakan pencapaian ini, ketiga model tersebut telah tersemat livery 30 TAHUN DUKE, yang terinspirasi oleh model DUKE sebelumnya.

KTM juga berupaya memberikan penghargaan kepada para penggemar DUKE dengan memberikan KTM 390 DUKE, KTM 990 DUKE, dan KTM 1390 SUPER DUKE R melalui platform digitalnya. Hingga saat ini sudah lebih dari 700.000 entri telah diterima KTM.

KTM secara resmi akan memulai kampanye 30 Tahun DUKE pada Peluncuran Media Internasional yang diadakan di Almeria, Spanyol.

Hal ini akan memungkinkan pers dan mitra terkait untuk merasakan model KTM 390 DUKE, KTM 990 DUKE, KTM 1390 SUPER DUKE R, dan KTM 1390 SUPER DUKE R EVO 2024 di habitat idealnya.

Ini juga akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah KTM tiga model baru diluncurkan secara bersamaan, dengan tiga orang ikon DUKE bergabung dalam acara tersebut.

Bersama dengan Duta KTM Rok Bagaros dan keluarga kerajaan KTM, Jeremy McWilliams hadir untuk menunjukkan kepada mereka kemampuan model DUKE baru.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications