26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Mazda R360, Mobil Pertama Merek Mazda

R360 adalah kei-car yang diproduksi oleh Mazda antara tahun 1960 hingga 1966. mobil ini dianggap sebagai mobil pertama merek Mazda.

Automoto – Mobil Petama produksi Mazda adalah mobil Mzada R360 yang menawarkan bodi model coupe dua pintu, 4 tempat duduk.

Mesin yang digunakan adalah mesin V-Twin 356cc berpendingin udara yang dipasang dibelakang dan mampu menghasilkan tenaga sebeasar 16 HP dan Torsi. 32 NM R360 mencapai kecepatan maksimal 85 km/jam.

R360 memiliki Wheelbase yang sangat pendek yaitu 1.760mm, Panjang bodi 2.980mm an bobot mobil 380kg, dengan menggunakan transmisi manual 4 percepatan dan otomatis dua percepatan.

Model ini menjadi terlaris, menguasai sebagian besar pasar Kei-Car di Jepang, Jajarannya diperluas dengan model P360 ‘Carol” 2+2 pada tahun 1962 serta versi Konvertiibel pada tahun 1964.

Mazda R360 saat itu memang belum terkenal di luar negeri Jepang, Sukses pasar di dalam negeri dan pada hari peluncurannya pada bulan Mei 1960 terjual 4.500 unit.

Pada akhir tahun, hampir dua pertiga dari penjualannya teleh terjual, segmen kendaraan mini di Jepang sedang berkembang 15% dari seluruh pasar mobil di Jepang.

Ini adalah titik balik bagi Toyo Kogyo, begitulah sebuatn Mazda Motor Corporation pada saat itu, R360 bukanlah Kei-car pertama yang ada dipasaran.

Namun Mobil ini langsung menjadi popuper karena estetika desain yang cermat, ringan, dinamis dan harganya terjangkau.

Mobil ini adalah termasuk mobil yang sangat baik, dengan mesin 4 langkah yang lebih efisien dan bersih, hemat bahan bakar, handal dan elastis dibanding dengan mesin dua langkah yang digunakan oleh pesaing mesin V-Twin 360 cm3 R360

Pada saat itu pemerintah Jepang telah membatasi dimensi kendaraan disegmen Kei-car (3mX1,3 M) dan maksimum 360 cc dengan gagasan untuk meransang industri otomotif dalam negeri, mengarahkannya ke mobil yang terjangkau harganya

Karena ukuran mesin yang terbatas, Mazda memusatkan perhatiannya untuk menemukan keseimbangan antara aspek yang dapat di kontrol, seperti bobot dan inovasi desain.  Disinilah muncul “Strategi Gram” merek, sebuah obsesi untuk meminimalkan bobot mobil.

Mazda R360 adalah kendaraan paling ringan dikelasnya dan faktanya kendaraan empat tempat duduk paling ringan di dunia.

Para insinyur menggunakan bahan alumunium untuk kepala piston dan paduan magenesium untuk gearboc dan bak mesinnya.

Mesin terletak dibelakang dan kapnya juga terbuat dari alumunium sedangkan jendela belakang terbuat dari kaca plexiglass yang dikembangkan secara khusus. 

Sementara itu struktur sasis monocoaue, tanpa rangka, juga berkontribusi mengurangi bobot sekaligus menarkan performa diatas keamanan rata-rata jika terjadi tabrakan.

Mobil ini menggunakan suspensi independen pada setiap keempat rodanya, yang meredam getaran dan meningkatkan kenyamanan bekendara, terutama pada permukaan yang tidak rata.

Meskipun ada inovasi teknis dan penggunaan material yang relatif mahal, produksi yang efisien memungjinkan Mazda mempertahankan harga R360 dengan transmisi manual sebesar 300.000 yen.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications