30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Kellison Sandpiper 1968 Langka

Mobil Jenis Roadster mini warna merah ini yang imut-imut ini adalah Kellison Sandpiper besutan tahun 1968 yang dibangun oleh seorang ahli restorasi mobil Porsche bernama Tim Goodrich. Mobil tersebut dilakukan engine swap dengan memasang mesin Porsche 912 dan beberapa spare part mobil Porshe lainnya termasuk VDO instrumen, velg dan logo Porsche.

Automoto – Sandpiper adalah sebuah mobil Buggy yang dirancang untuk transportasi di padang pasir yang mengacu pada Meyers Manx, dibuat oleh Kellison dan pada masa kejayaannya perusahaan ini di klaim sebagai pridusen mobil buggy terbesar di dunia. 

Mobil Buggy seri Kellison Sandpiper dirilis pada tahun 1960-an, desain berbasis Meyers Manx yaitu mobil buggy pertama yang dibuat dari bahan fiberglass oleh Bruce meyers.

desain mobil buggy Kellison sangat mirip dengan meyers Manz sehingga pihak Meyers menggugat atas pelanggaran Kekayaan Intelektual. pertarungan hukum terjadi antara Kellison dan Meyers tetapi pada akhirnya, Kellison menang dengan ketentuan desainnya tidak bisa dipatenkan. 

kellison roadster tampak samping
image courtesy of rmsouthebys

fakta bahwa Kellison Engginering & Manufacturing Co, telah berkecimpung dalam bisnis pembuatan bodi mobil dari bahan fiberglass dan bodi kit sejak tahun 1950-an, mereka sudah banyak memiliki jaringan dealer nasional, sehingga tidak lama kemudian desain buggy kellison diproduksi dan menjadi mobil Buggy yang paling laku keras.

Kellison menawarkan tiga arian mobil buggy, antara lain Kellison Sandpiper Roadster, Kellison XP-1 dan Kellison Sandpiper Pick-up yang memiliki tempat duduk dua orang dan area bagasi barang kecil bergaya pick-up.

ketiga desain dari model diatas semuanya menggunakan lantai VW Beetle yang lebih pendek dan tetap menggunakan mesin beetle flat-four, dipadukan dengan transmisi manual 4 percepatan .

kellison roadster di publish di koran
image courtesy of rmsouthebys

Pada tahun 1960-an dan dekade-dekade berikutnya, Beetle dapat dibeli bekas dengan harga sangat murah, fakta tersebut ditambah lagi dengan fakta bahwa Beetle memiliki suspensi depan dan belakang menggunakan suspensi independen dan drive train antipeluru menjadikan ideal untuk dibuat buggy, Mayers Manx yang asli akan membuktikan kebooehannya dengan memenangkan perlombaan perdana di Meksiko pada tahun 1967 sebelum Baja 1000 diproduksi.

berkat konstruksi fiberglass mobil buggy kellison ini yang bertahan hingga dijaman modern karena terbuat dari bahan fiberglass dan selain itu minat para kolektor mobil dan pecinta mobil klasik tahun 1960-an semakin meningkat untuk dijadikan mobil koleksi.

Mobil Kellison roadster yang ada diphoto adalah mobil roadster yang tergolong langka, setelah direstorasi dilakukan engine swan dengan mesin Porsche 912 flat-four. Mesin 912 adalah Tipe 616/36 berbasis pada tipe mesin 616/16, mesin berkapasitas 1,6 liter namun yang diguanakan pada buggy ini menjadi mesin 1,8 liter.

Mobil tersebut dibuat dengan susah-payah oleh seorang ahli restorasi mobil Porsche yaitu bernama Tim Goodrich, yang pernah merestorasi mobil Porsche 356 PPorsche klasik, Tim goodrich sangat berwibaa dan dihormati sebelum kematiannya pada tahun 2018.

kellison roadster tampak belakang
image courtesy of rmsouthebys

Tim Goodrich mulai bekerja sebagai “Lot Boy” disebuah dealer mobil Porsche pada tahun 1969-an, kemudia Ia membuka bengkel khusus VW dan Porsche pada tahun 1970-an dan akhirnya Ia mengalihkan fokusnya pada masalah restorasi mobil Porsche. pengerjaan restorasi yang digelutinya sangatlah detail dan mirip aslinya, sehingga Ia banyak memenangkan kejuaran papan atas elama hidupnya dan mobil yang ia restorasi masih bernilai Premium.

kellison roadster interior
image courtesy of rmsouthebys

jika perhatiaka secara seksama dari mobil buggy yang ada diphoto ini memang sangat detail, tidak sebatas mesin Porsche yang dipasang namun dielakang jok terdapat instrumen VDo gaya porsche klasik, pelek dengan tutup tengah berlogi Porsche, logo porsche kursi speedsterr berlapis kulit imitasi warna hitam dan cat warna merah ke orange utnuk mengenang signal red Vintage Porsche. mobil ini sedang di lelang melalu RM Southeby

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications