34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Indian Super Chief 2022 Klasik oleh Sabotage Motorcycle

Pada dekade awal industri motor Amerika, dua perusahaan, Indian dan Harley-Davidson bersaing berebut  posisi teratas, baik di trek balap maupun di angka penjualannya.

Automoto – Namun pada tahun-tahan awal setelah perang dunia ke-2, Indian tampaknya kehilangan arah, manajemen perusahaan membuat kesalahan yang merugikan dan pada tahun 1953 mengalami penurunan yang belum pernah dialaminya.

Walaupun merek-merek motor kecil lainnya berusaha mempertahankan tetap beroperasi.
Baru setelah pembangkit tenaga listrik Polaris mengambil alih, nama besar Indian akhirnya  kembali meningkat. Mesin mesin baru yang dibuat semakin bagus.

Bengkel motor kastem Sabotage Motorcycles Sydney telah menyelesaikan proyek membangun sebuah motor kastem berbasis Indian  atas orderan seseorang wanita. Dengan hasil akhir terlihat klasik namun dilengkapi dengan beberapa fitur modern dengan beberapa part klasik yang baru.

Jika kita lihat katalog motor Honda modern, model yang menonjol adalah Indian Scout dan Chief  yang meraih kesuksesan yang gemilang seabad yang lalu.

Dan lagi tipe FTR yang unggul sebagai motor balap flat trak warisan mereka dan sekarang banyak dijadikan motor koleksi bagi para penggemar motor klasik.

Untuk mengatasi masalah kemunduran mereka yang dulunya menggunakan bahan dasar yang kurang bagus menurut mereka, lalu menggantinya dengan bahan baku dan desain yang lebih keren serta tehnik-tehnik baru yang lebih baik.


Mereka memiliki semangat untuk bisa memiliki tehnologi tinggi,  oleh karenanya tak heran jika ada seorang wanita yang melihat tampilan Super Chief 2022 dengan rangka motor kasik dan mesin V-twin yang sangat bertenaga ini Ia ingin memilikinya.

Seperti yang dijelaskan oleh Giles dari bengkel Savotage saat ini mereka didstangi oleh kustomernya, dan telah memahami keinginan kustomernya.


Tim sabotage mendapat mandat untuk merestorasi dan memodifikasi motor Indian Super Chief 2022. Bagi tim sabotase ini bukan merupakan tantangan karena mereka memang spesialis restorasi motor klasik. Kustomer tersebut mempercayakan kepada tim sabotage .

Bagi tim sabotase ini adalah sebuah kesempatan baik karena bisa memodifikasi motor baru dijadikan motor klasik 30 tahun lalu

Bobot motor Indian Super Chief 2022 ini begitu keluar dari pabrik bobotnya seberst 340 kg, jadi harus dibuat seringan mungkin. Maka dibuanglah beberapa bagian yang terbuat dari baja dan dianggap tidak perlu.

Braket dimodifikasi termasuk frame ada bagian yang dipotong demikian pula dengan subframe nya sehingga sampai disini bobot sudah berkurang 60 kg. Bagian belakang dibongkar kemudian dimodifikasi gaya hardtail .

Pada bagian depan motor juga dilakukan pemangkasan dan pembersihan. Sebelum di cat dipoles terlebih dahulu hingga mengkilap. Agar tampilan klasik lebih menonjol lampu depan diganti dengan lampu Posh berukuran 5,5 inchi lebih kecil dari lampu bawaan pabrik. Tombol kontrol diganti  dengan tombol kontrol yang masing-masing memiliki medley eletronik semacam komputer mini.

Jadi switch gear harus tetap ada  yang berfungsi sebagai lampu dan indikator. Sedang tombol “ride command” yang memberikan informasi navigasi satelit,  koneksi musik via bluetooth, dan beberapa fitur mewah lainnya.
Informasi didisplay layar sentuh di layar speedometer. Dan hasil akhirnya motor Indian modern ini berubah total tampil klasik bagaikan 30 tahun lalu.


Spatbor bongsor diganti dengan spatbor berukuran kecil buatan tangan  dari  bahan yang tahan karat. Lampu bekalang diganti dengan lampu model vintage, dudukan  plat nomer dibuat sederhana tetapi terlihat serasi.

Masih belum sampai disitu  saja, untuk membuat motor tersebut ke level berikutnya, maka dilakukan pengecatan akhir dan ornamen graphis yang pas. Tim Sabotase bekerjasama dengan beberapa iklan. Pengecatan warna merah dipercayakan pada Cut Edge di Sydney. Logo indian didesain ulang oleh rekan mereka yaitu Pablo yang mendesain berdasarkan logo asli nya dan gambar graphis yang sesuai dengan pemiliknya seorang wanita.


Soal jok motor tentu saja dipasang jog vintage yang berkualitas tinggi dari Mesinnger, agar tampilan motor serasi dan gaya klasiknya makin menonjol. Ditambah lagj beberapa bagian di finishing dengan warna krom.
Lain dari pada itu salah satu daya tarik terbesar bagi motor Indian adalah mesinnya,

motor Indian Super Chief yang ada pada motor ini dipasang part dari part mobil musclebV-Twin Amerika, tenaganya menghasilkan torsi 162nM, namun suaranya masih lembut karena dipasang fuel injeksi dan dipasang knalpot kastem buatan tangan.

Terakhir indikator motogadget dipasang tersembunyi dan ban menggunakan ban Firestone ANS biar tambah terlihat gaya vintage nya.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications