30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Honda NR750, Motor Legendaris Era 90-an

Honda NR tahun 1992 cenderung menarik perhatian karena piston berbentuk oval dan memiliki 32 katup, tapi ternyata performa larinya biasa saja.

Automoto – Honda NR750 masih disebut-sebut sebagai motor legendaris, dari segi mekanisme-nya motor ini termasuk luar biasa demikian pula dengan harganya.

Saat pertama kali dirilis motor ini diuji oleh Keiichiro Miyazaki, pada tahun 1979 ketika Honda Ke WGP500, saat itu mesin 2 tak menjadi mesin yang utama. 

Honda NR500 adalah motor yang menggunakan mesin 4 tak V4 yang dikembangkan dengan sangat bangga.

Menjawab tantangan mesin monsterdengan piston model elips dan memiliki 8 katup per piston, sehingga menghasilkan putaran 20.000 rpm. 

Rangka yang dipasang pada awalnya yaitu rangka monocoque dengan radiator samping untuk membuat mesin menjadi ringan dan ringkas.

Mesin balap yang dikemas dengan tehnologi baru ini merupakan  akar dari merek Honda NR yang menggunakan piston model Oval V4.

Motor ini terus berkembang walau banyak kendala dan berjuang keras hingga tahun 1983, namun menghilang setelah mengikuti ajang balap endurance 750 pada tahun 1987.

Entah kenapa, pada tahun 1992, Honda NR750 dirilis sebagai model motor sport limited edition, dilihat dari gayanya.

Motor ini diperkenalkan sebagai motor premium khusus dengan harga 5,2 juta Yen padahal bukan motor super sport.

Jantung Honda NR750

Jantung dari motor ini dijual dalam edisi terbatas ini sebanyak 300 unit dimana piston yang digunakan adalah model piston oval yang unik yang membuat heboh dan menggugah rasa penasaran para pecinta motor.

Selain itu, motor ini termasuk motor yang sangat mahal, namun tidak memiliki torsi pada kecepatan rendah, motor didomistik bertenaga 77ps.

Dan yang kualitas eksport 130ps, namun spesifikasi tenaga motor saat itu secara alami terus meningkat.

Handling Honda NR750 sama sekali tidak terasa seperti supersport, knalpot berat yang ditempatkan dibawah jok juga mempengaruhi kemampuan manuver.

Ukuran bobot motor serupa model motor sport, Namun pada saat berbelok dengan kecepatan rendah membutuhkan gerak kaki yang lincah.

Suspensi dirancang untuk memberikan pergerakan berkualitas tinggi, sehingga pengendara terasa mewah.

Dan sulit untuk jatuh meskipun dalam keadaan kencang, namun ditikungan motor ini masih kurang bagus.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications