28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Honda Chally Bergaya Leighton House, Imut Dan Ceper

Di Jepang ada event yang khusus dihadiri oleh para pecinta motor mini yang dimodifikasi dengan segala ragam keunikannya, event tersebut adalah MCPS 

Automoto – Pada tahun 1980-an dan 1990-an di Jepang mengalami masa kejayaan yang mereka istilahkan dengan Masa “Bubble Gum” dimana di ranah dunia otomotif pun ikut berjaya.

Pada masa itu ada sebuah tim balap motor klasik bernama LEIGHTON HOUSE yang memiliki banyak penggemar dengan motor bermesin Leighton Blue mereka yang selalu berpacu di sirkuit tidak hanya di Jepang saja tapi juga diseluruh dunia.

 

Event MCPS selalu dihadiri oleh motor-motor kecil dan ceper, seperti salah satunya motor milik Tuan Muraken dengan motor modifikasi berbasis Honda Shally dengan hasil modifikasi akhir berbasis Leighton House yang mungkin belum pernah dilakukan oleh orang lain.

Bodi motor diubah menjadi lebih rendah dari motor aslinya, dengan memodifikasi suspensi depan dan belakang serta rangka tidak luput dioprek sehingga kini tampilan motor tersebut menjadi motor bergaya stance alias ceper.

Mesin motor juga diposisikan serendah mungkin, bukan hanya kaki depan dan belakang yang diturunkun, rangka motor dilakukan pemotongan pada bagian leher dan dibawah jok.

Jok nya pun juga dibuat sedikit lebih rendah dimana proses pengerjaannya dilakukan di sebuah bengkel motor kustom kenalannya.

Bagian-bagian yang bisa dikerjakan sendiri antara lain pengecatan hingga perakitan motor, sebenarnya mesinnya sudah dirakit beberapa tahun sebelumnya sebelum memodifikasi bodi dan rangkanya.

Namun dibongkar lagi agar untuk disesuiak dengan rangka dan suspensi motor yang lebih tebal, hal ini Tuan Muraken membutuhkan waktu 2 hingga tahun melakukan try and error. termasuk penambahan komponen dan progres pengerjaannya hingga benar-benar selesai sesuia dengan keinginannya.

Jok motor untuk anak dan jok dibelakangnya merupakan fitur utama dari motor modifikasi ini, jok yang ditengah tersebut adalah jok yang diambil dari Honda super cub.

Bagian belakang diambil dari sebuah sepeda engkol. untuk bagian atas jok dibuat sendiri dari bahan papan kayu, kemudian dilapisi bahan kulit yang dikerjakan di bengkel jok motor.

Garpu depan bagian luarnya menyatu dengan batangnya dibuat lebih lebar dengan memotong bagian batang dan dipasang spatbor yang diambil dari Honda DAX.

Bagian belakang dibuat lebar pula disesuiaikan dengan roda, sproket diganti dengan yang lebih lebar, rantai dibuat lebih panjang walau roda berukuran sangat tebal. 

Shock belakang dipasang shock besutan Marzocchi asli yang sudah dibuat lebih pendek, Knalpot Marving dimodifikasi dan diambil dari knalpot motor lain, yang diposisikan serendah mungkin sehingga motor tersebut dari tampilannya seolah-olah melekat dengan jalanan.

Tuan Muraken tidak lupa pula membeli barang-barang vintage bertema Leighton House, termasuk stiker yang sudah berumur 30 tahun di lapakan barang-barang secondhand.

Helm di cat Dengan tema Leighton Blue agar serasi dengan motor hasil modifikasinya, selain motor Chally yang dimodifikasi Ia juga mengerjakan motor yang lain.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications