27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

CFmoto perkenalkan motor concept Bobber CL-C

CFmoto adalah sebuah perusahaan motor di China telah memperkenalkan motor model Cruiser berlabel 450CL-C. tahun ini mereka berkesempatan memamerkan evolusi mereka di pameran EICMA 2023 dengan konsep yang diusung yaitu CL-C Low Ride Concept.

Automoto – Desain dari CFmoto tersebut menggabungkan gaya Bobber futuristik dengan fitur Garpu depan model Grider klasik yang sudah dimodifikasi. Garpu Grider ini adalah sebuah suspensi bagian depan motor klasik yang ada sebelum model teleskopik muncul kepermukaan ranah otomotif motor. 

Pada umumnya motor keluaran tahun 1930-an dan sebelumnya kebanyakan menggunakan suspensi model Garpu Grider. di sini kalau kita perhatikan garpu model Grider ini sangat cocok dengan gaya Bobber ceper. CFMOTO berinovasi membuat konfigurasi ulang pegas yang bisa diatur menurut selera si rider, kendala goncangan-goncangan di minimalis sehingga tampak lebih ramping.

Pada Garpu grider tradisional, roda depan digantung diantara bahan yang kokoh yang disebut ‘Grider” yang sangat kuat baik di bagian depan maupun di belakang untuk menahan saat terjadi pengereman yang mungkin bakal melenturkan garpu teleskopik. 

Desain CFMoto yaitu berkonsep bisa mempertahankan kekuatan dari karakster sebuah motor, dipasang shock depan tunggal secara horisontal dan melintang, melintasi bagian depan motor dibawah lampu depan. Berbeda dengan garpu gaya Hossack yang ditemukan pada beberapa model motor lainnya, disini CFMoto melakukan penyambungan wishbone yang berputar pada sebuah balaok penopang dibagian depan , sedang pada braket dipasang di bagian stang, saat palang tersebut berputar , seluruh wishbone dan shock bergerak,

Aspek yang menarik dari desain CFMOTO adalah posisi shock depan tunggal yang dipasang horisontal yang juga membutuhkan sanbungan pada suspensi yang dipasang dengan sistem rocker. terlepas dari kelebihan diatas, garpu grider lebih banyak dikenal masyarakat dibandingkan dengan garpu teleskopik.

Konsep Low Ride yang terintegrasi secara mulus dengan komponen mekanis CL-C 450 tahun silam, termasuk rangka, lengan ayun, dan mesin Parallel 449 cc berkekuatan 40HP. hal ini menunjukkan motor concept yang diusung ke EiCMA ini bakal direalisasikan tanpa tantangan, sehingga menjadikannya prospek yang menarik dimasa yang akan datang.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications