34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Bizzarrini 5300 GT, Mobil Klasik Abadi

Ungkapan “mobil balap untuk jalan raya'” adalah klise yang terlalu sering digunakan, namun jarang sekali klise tersebut lebih tepat jika diterapkan pada mobil yang digambarkan di sini.

Automoto – Faktanya, seluruh sejarah mobil terkait dengan keinginan Giotto Bizzarrini untuk membuat mobil balap dan keinginan Renzo Rivolta untuk membuat mobil jalan raya

Sejarah Iso Grifo / A3C / Bizzarrini memang rumit, terutama dalam hal apa sebenarnya nama masing-masing mobil. Versi ringkasnya adalah ini: insinyur yang sangat berbakat, Giotto Bizzarrini, adalah salah satu pekerja yang keluar dari Ferrari pada ‘pemberontakan istana’ tahun 1961 dan, bersama-sama, membentuk ATS.

Namun, Bizzarrini segera meninggalkan ATS untuk bekerja sendiri. Di antara komisi yang diterimanya adalah komisi dari Renzo Rivolta, seorang industrialis kaya asal Milan yang ingin membuat mobil GT dengan merek Iso miliknya sendiri.

Dengan masukan dari Bizzarrini, Rivolta pertama-tama membuat Iso Rivolta dan kemudian dengan sasis yang lebih pendek – Iso Grifo yang luar biasa. Seperti yang dikatakan Bizzarrini dengan terkenal, “Saya memulai dengan ide 250 GTO dan mulai mencoba memperbaikinya.”

Mobil Jalan raya  atau balap?


Namun, tidak lama kemudian, ambisi Bizzarrini dan Rivolta berbeda. Yang pertama ingin fokus pada potensi luar biasa mobilnya sebagai mobil balap (memenangkan kelas GT di Le Mans pada tahun 1964 dan ’65.

Sedangkan yang terakhir lebih tertarik pada versi jalan raya. Situasi ini semakin diperumit oleh fakta bahwa Bizzarrini bisa dibilang memiliki nama Grifo.

Namun akhirnya disepakati bahwa Iso akan menggunakan nama Grifo dan Bizzarrini akan membuat ‘A3’, sebagai mobil Strada (jalan raya) dan ‘A3C’ sebagai Corsa mobil balap. kemudian versi jalanannya berganti nama menjadi Bizzarrini 5300 GT.

Gaya Italia, kekuatan Amerika

Tapi lupakan namanya,  Apa yang ditawarkan mobil jalan raya ini  adalah kombinasi menakjubkan antara tampilan sensual yang bertenaga (ditata oleh Bertone) dan, di balik kulitnya, bodi semi-monocoque yang terpaku pada sasis.

Mesin Chevrolet V8 5,3 liter yang dipasang di depan/tengah menjanjikan tenaga 355 hingga 400HP, memungkinkan kecepatan hampir 180mph. Memang, ini adalah contoh terbaik dari klise yang sering disalahgunakan, mobil balap untuk jalan raya.

Dan yang membuat versi jalanan semakin diminati saat ini adalah minat utama belia pada dunia balap sehingga sangat sedikit unit 5300 GT Strada yang pernah dibuat.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications