26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Batakastem Berulah Lagi, Kawasaki ER-6N Dijadikan Scrambler Keren

Line-up Kawasaki Z dan Ninja tidak diragukan lagi sebagai 2 line-up model paling sukses dari perusahaan asal Jepang ini. Batakastem hasilkan karya keren berbasis Kawasaki ER-6N

Automoto – Produk motor dari Pabrikan Kawasaki ini yang satu mulai populer di tahun 1970-an dan langsung menjadikan jepang sebagai pabrikan kendaraan roda dua dan lainnya, sehingga motor sportbike mereka menjadi motor yang terkenal didunia sepanjang waktu. salah satunya adalah Kawasaki ER-6N

Kawasaki ZED dan Ninja memang keren, Lain dari pada itu Model ER juga tak kalah tenarnya, Misalnya saja model ER-6N yang muncul dan terbukti menjadi motor yang sangat brillian dan menawarkan kepada para penggemar Kawasaki sebagai pilihan alternatif.

Kawasaki ER-6N juga menjadi salah satu pilihan bagi para kustomer dan bengkel kastem untuk dimodifikasi, seperti yang pernah digarap oleh bengkel modif batakastem di artikel sebelumnya yang diubah menjadi cafe racer.

Tetapi kali ini Batakastem telah melahirkan karya lainnya dengan bahan yang sama yaitu Kawasaki ER-6N. Bengkel motor kastem yang digawangi oleh Abraham Simatupang bermarkas di Jl. Semagka 4 no 11 blok L1 Pamulang, tangerang selatan ini menelurkan sebuah mahakarya motor kastem yang sederhana dengan landasan pakem-pakem ciri khas mereka dan hasilnya sedap dipandang mata.

Pengalaman yang mereka dapati selama bergelut dalam dunia motor kastem banyak menggarap motor berbahan Kawasaki ER-6N, dan kini diluncurkan kembali sebuah motor kastem yang diubah untuk menjadi motor balap jalanan dengan tampilan modern.

bodi motor dikerjakan dengan ide dan rangkaian tehnik dan trik yang menakjubkan, ide mereka tak pernah habis untuk membuat karya yang unik dan luar biasa. setelah mendapatk motor donor yang bagus secara mekanisnya, Abraham dan tim kemudian membuat perencanaan dengan inspirasi dari motor-motor yang pernah digarap sebelumnya dan dari model Z terbaru.

Ia membuat sketsa diatas kertas, setalah desain disepakai maka dilakukan pembongkaran dan pemotongan pada subframe dari kawasaki ER-6N, tambahan pipa baja yang mulus berukuran satu inchi untuk dipasang pada bagian rangka belakang. 

Bodi dikerjakan dari bahan plat lembaran baja galvanis berukuran 1,2 mm dibangun sesuai dengan yang telah direncanakan diawal. diawali dari pembuatan tangki bahan bakar, sistem kelistrikan pabrikan diganti baru.

yang menjadi tantangan bagi mereka saat melakukan pemasangan rangka perimeter ganda, dimana tangki direncanakan posisinya ditempatkan tepat diatas tabung pipa dan mengikuti garis dari headstock ke titik permuan dengan tiang bagian tengah. 

Tangki memiliki bagian atas yang datar dan sisi membulat dengan bentuk yang indah, ditambah lagi ada lekukan untuk lutut yang terlihat dramatis sehingga pengendara bisa benar-benar tersembunyi saat mengendari motor dengan kencang.

Pada bagian penutup bagian ekor motor dipasang serapi mungkin diatas subframe, sepotong pipa berukuran satu inci digunakan untuk membentuk bagian atas, penutup lainnya memiliki sisi berbentuk bulat. termasuk beberapa part lainnya dibagian belakang kerjakan serapi mungkin, dengan dikencangkan beberapa baut dengan tata letak yang bagus dan detail. 

Fender atau spatbor dibuat dengan rapi sesuai dengan desain yang digambar sebelumnya dan dibuat sekuat mungkin, penutup radiator pabrikan ditambahkan belly-pan agar makin kuat.

Potongan plat baja sisanya dibuat untuk bagian depan untuk rumah lampu depan sehinga tampilan motor lebih keren, lampu depan dipasang lampu jenis LED Daymaker ditambah lampu utama dengan 3 lampu sorot kecil yang masing-masing memiliki rumah pelindung sendiri yang dibuat sendiri.

Sementara lampu belakang menggunakan lampu LED dengan fitur 3 in 1 satu set untuk lampu depan. kombinasi warna finishing selaras warna perak dan sampanye, dengan highligt warna hitam dan putih. kalau diperhatikan secara seksama memang sangat detail terlebih lagi paduan jok motor yang nyaman dikendarai dan dekorasi logo yang dibuat dengan tangan.

Tetapi mesin motor tersebut dibiarkan standar pabrikan, namun mendapat tambahan tenaga dari knalpot full custom yang diproduksi sendiri oleh batakastem workshop dari bahan baja anti karat dan difinishing dari knalpot underslung, dan stang bawaan diganti dengan stang produksi mereka sesuia dengan yang telah dirancang dari awal.

Fitur lain yang ikut serta membuat motor ini lebih keren antara lain crash bar, penutup garpu dan semua printilan-printilan lain yang membantu hasil akhir yang memuaskan hati dan enak dipandang mata serta nyaman dikendarai dan luar biasa hasilnya.

Untuk Menghubungi batakastem langsung saja ke akun Instagramnya

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications