34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Kawasaki ER6n Cafe Racer Ubahan Batakastem

Salah satu bengkel motor kustom yang berkiprah di ranah scene motor kustom di indonesia yaitu Batakastem yang bermarkas di Pamulang, Tangerang Selatan

Automoto –  Salah satu peserta motobuilt fest 2023 yang dilaksanakan di ICE-BSD, Tangerang Selatan adalah Batakastem, Bengkel modif Batakastem yang digawangi oleh Abraham Simatupang bermarkas di Tangerang selatan. 

Jauh sebelum mendirikan workshop ini, Abraham adalah seorang yang getol menggeluti dunia balap legal pastinya, selain pembalap Ia adalah seorang pekerja disalah satu perusahaan, setelah sekian waktu bisa menabung untuk modal membuka workshop Batakastem, yang akhirnya apa yang Ia impikan menjadi kenyataan.

Didukung oleh teman-temannya membentuk satu tim yang solid untuk menghasilkan karya-karya motor kustom dengan ubahan-ubahan yang khas dan memiliki keunikan sendiri. salah satu motor karya batakastem yang di pajang di motobuilt fest 2023 yaitu motor ER6n Cafe racer warna merah.

ER6n adalah motor besutan kawasaki yang memiliki desain dengan tampilan kokoh dengan kaki-kaki yang besar, didukung dengan mesin 2 silinder berkubikasi 650cc tentu saja torsinya lumayan besar, selain suku cadang bisa didapatkan dengan mudah, perawatan motor ini  cukuplah mudah, sehingga Motor Kawasaki ER6n ini banyak dimintani orang.

Agar terlihat lain dari pada ER6n yang lainnya, maka Batakastem berulah untuk menjadikan motor ini menjadi unik dengan tampilan yang gahar dengan ubahan bergenre cafe racer. Motor naked sport ER6n dimodifikasi oleh tim Batakastem dengan hasil akhir yang tampak unik dan keren serta performanya lebih baik.

Rangka bodi diubah dengan desain buatan sendiri, yang dibalut dengan fairing separuh bodi bergaya cafe racer. proyek ini adalah pesanan dari seorang cafe racer antusias yang dirancang dari nol. sebelum kontrak disepakati si pemilik sebelumnya sudah mendiskusikan terlebih dahulu karakter motor seperti apa yang ia inginkan baik konsep maupun pilihan warna akhirnya. 

Terlebih lagi si pemilik motor memang memiliki hobbi touring, menurutnya bila touring menggunakan motor sport murni sepertinya tidak bisa diandalkan untuk dibawa touring. akhirnya ia memutuskan untuk memiliki motor touring yang dipadukan dengan konsep motor adventur. setelah melakukan riset dan  motor apa yang diingikan, maka setelah terjadinya diskusi dengan tim Batakastem akhirnya teken kontrak.

Adapun fitur-fitur ubahan yang dipasang pada motor Kawasaki ER6n tersebut antara lain Knalpot yang dibuat sendiri oleh tim Batakastem (Handmade) dengan sistem knalpot under tail system berbahan stainless steel dengan konsep Knalpit Toce.

Suspensi depan mennggunakan suspensi dari Ducati Multistrada yang cocok untuk motor adventur, sedangkan pelek dan swingart menggunakan pelek motor sport Ducati 1098, jadi bisa dibilang motor ubahan dari kastem ini menggabungkan motor Jepang dan Italia. untuk sistem pengereman menggunakan rem cakram dan kaliper berlabel Brembo dan Rizoma, sementara ban yang membalutnya baik ban depan maupun ban belakang menggunakan ban berlabel Pirelli Diablo.

yang tidak diubah dari motor ini adalah bagian wing frame, yang diubah hanya pada bagian tengahnya dan pada bagian belakang diubah sedikt lebih rendah sehingga membuat motor menjadi lebih ergonomis. 

Tangki motor, fairing side panel, hornet, inner fender, skit plate, mudguard, spakboar depan dimodifikasi serta ditambahkan shroud agar tampilan motor menjadi lengkap seperti asli buatan pabrikan. model tangki motor ini didesain seperti punguk onta yang cenderung lonjong ke atas dengan fitur tutup tangki dengan tipe quick release sehingga mudah untuk membukanya saat mengisi bahan bakar. 

yang menjadikan pengerjaan kustom motor ini sedikit memiliki tantangan bagi tim Batakastem yaitu pada bagian fairing yang didesain sedikit menjorok ke depan, serta menyetel ruang gerak stang pas dengan tangki dan fairingnya sehingga untuk masalah handling tidak ada masalah. 

Pada bagian windshield dibuat dari bahan alumunium sehingga menjadikan motor ini unik berbeda dengan motor cafe racer lain yang biasanya menggunakan windshield bahan akrilik, beberapa part lain dari bahan alumunium juga dipsang di beberapa bagian. 

 

pada stang motor terpasang spion model bulat yang sederhana dan berukuran kecil tetapi view pencerminannya luas, kluster-kluster yang ada pada dashboar terpasang gas spontan berlabel KTC dan bernunsa silver agar serasi dengan warna finishingnya yang dipilih warna merah yang tidak mencolok dipadukan dengan warna silver. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications