29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Ini Dia Bengkel Tuning JDM Jepang Legendaris

Negara Jepang telah banyak melahirkan bengkel tuning mobil yang melegenda dengan hasil karya yang benar-benar menakjubkan dan bisa membuat ternganga melihat mobil-mobil karya mereka

Automoto – Banyak sudah mobil-mobil keren dan berperforma tinggi setelah dilakukan modifikasi oleh para tuner-tuner profesional dari bengkel tuning di Jepang, beberapa mobil yang sudah mereka modfifkasi cenderung membuat orang-orang yang melihat mobil karya mereka bisa menelan ludah.

Tak Heran jika kita bisa lihat budaya mobil di Jepang dimana banyak terlihat mobil-mobil berperforma tinggi, gahar dan keren  melakukan aksi mereka dalam ajang balap liar underground street racing, dari pemandangan mobil-mobil keren berperforma tinggi tersebut tentu tidak terlupakan siapa dan bengkel special tuning mana yang berada dibalik rahasia mobil-mobil tersebut.

Negeri Jepang bergelar negeri sakura atau negeri matahari terbit ini merupakan rumah bagi banyak perusahaan tuning terkemuka di dunia. dalam kesempatan ini mari kita sedikit simak secara berasama-sama beberapa Tuner dari bengkel legendaris di Jepang khususnya mobil-mobil JDM.

Rocky Auto dengan karyanya Custom Nissan Skyline

Sebuah mahakarya mobil tuning dan modifikasi dari Rocky Auto dengan hasil karyanya berbasis Nissan Skyline yang dibekali dengan mesin RB26DE yang sudah dimodifikasi, mesin ini adalah salah satu mesin yang amat seksi.

Kap mesin diganti dengan bahan serta karbon, demikian pula dengan fender flare dan spoilernya. Bengkel Rocky Auto ini berlokasi di Okazaki, Rocky Auto tidak terkenal karena mobil Nisasn Skyline saja, namun juga mobil Hakosuka dan beberapa mobil lainnya.  Rocky Auto banyak membuat mesin-msein mobil rakitan mereka yang menakjubkan.

ESPRIT – NSX

Bengkel esprit didirikan pada akhir tahun 70-an, berpusat di Suzuka, diwilayah yang sama dari sirkuit terkenal di Jepang yaitu sirkuit Suzuka, Honda NSX karya Esprit ini terkenal sebagai mobil balap yang berpartisipasi di World Time Attack Challenge Yokohama pada tahun 2013, mobil ini jelas saja dikultuskan sebagai salah satu mobil yang paling populer yang dikendarai oleh Tarza Yamada.

Bengkel Esprit dengan Karya nya Honda NSX ini menghasilkan tenaga sebesar 800 HP dengan dukungan mesin V6 turbocharged. mesin ini dimodifikasi dengan tambahan beberapa part rahasia yang mereka buat dan memiliki ciri khas sendiri. 

Mobil Honda NSX karya Esprit ini kap mesinnya di rombak dengan menggunakan bahan serat karbon, demikian pula dengan pintu mobil dan beberapa part lainnya. Interior mobil dipasang roll cage khusus dan beberapa instrumen balap lainnya. 

RE – AMEMIYA dengan karyanya mobil RX7 type RS

Bengkel Tuning RE-Amemiya berkolasi di prefektur Chiba, Bengkel ini merupakan perusahaan tuning mobil yang sudah mapan, didirikan pada pertengahan tahun 1977, dan terkenal karena hasil karya mereka yang menakjubkan, mobil tersebut berbasis mobil Mazda RX7 type RS.

Dari tampilannya saja mobil Mazda RX7 Type Rs ini terlihat seksi dan menggiurkan, tampilan body kit yang lebar buatan mereka yaitu body Kit GT AD. dibalik kap mesin terdapat sebuah mesin AD-Hood 9, ditambah lagi dengan Carbon GT Wing berukuran 1700mm, sedang pelek yang diguanakn yaitu pelej Rays Racing TE37SL berukuran 18 inchi, belum lagi dari sisis interior yang mereka garap. 

Rauh-Welt Begriff – dengan mobl Tanner Foust’s RWB Beetle. 

Perusahaan bengkel tuning Rauh-welt Begriif ini spesialis penyetelan mobil merek Porsche. dipelopori oleh tuan Akira Nakai, bengkel mereka berada di prefektur Chiba. dalah satu karya terbaik mereka aitu Porsche 930 yang dibeli oleh tuan Akira Nakai sendiri, alhasil setelah mobil tersebut selesai digarap maka diberilah nama “ Stella Artois” yang diambil dari nama bir kesukakan tuan Akira Nakai.

Tanner Foust sendiri bukan saja terkenal sebagai pembalap reli terkenal dan pemegang rekor dunia, tetapi ia juga dikenal sebagai seorang stuntman untuk film seperti Need For Speed, berkolaborasi dengan RAUH -Welt Begriff  berbasis mobil VW Beetle. 

Mobil Modifikasi hasil kerjasama ini menggunakan pelek Motegi Racing Traklite berukuran 18 inchi, body mobil dimodifikasi lebih lebar sekitar 8 inchi, spartbor khusus di buat sendiri , alhasil mobil tersebut tampil agresif dan penuh tenaga. 

Powerhouse – Amuse Honda S2000 GT 1 

bagi para penggemar game balap mobil, Honda S2000 GT1 ini mungkin sudah tidak asing lagi, mobil demo tersebut adalah hasil karya kolaborasi antara powerhouse dan Polyphony digital (rahasia pendorong mesin mobil Gran Turismo)

Bengkel Powerhouse Amuse terletak di Prefektur Chiba, salah satu karya Powerhouse Amuse lainnya yaitu GT-R Phantom yang juga tidak kalah menakjubkan dengan karya-karya lainnya.  Namun ada satu hal yang Istimewa yang ada pada mobil Honda S2000 GT1, dari tampilan desain body tampak fokus dan aerodinamis.

fitur ubahan yang ada poada desain Wing mobil yang melebar ke belakang, spatbor juga tidak ketinggalan di modifikasi, knalpot Titanium dipasang dengan settingan khusus yang dipadukan dengan mesin F20. 

J’s Racing – Honda Fit 

J’s Racing berlokasi di osaka, bengkel ini adalah bengkel spesialis mobil Honda, contoh karya mobil Honda yang terkenal yaitu Honda Fit, yang menonjol bukan hanya karena performanya saat berada di sirkuit, tetapi juga modifikasi yang memiliki ciri khas dari J’s Racing sendiri. 

Honda Fit pabrikan di modifikasi secara total pada ekteriornya dengan atap mobil berbahan serat karbon dan menggunakan suku cadang khusus buatan J’s Racing sendiri. interior dilengkapi dengan roll cage 12 titik dan sabuk pengamban harness 4 titik, mesin dan knalpot di modifikasi dan hasilnya tidak mengecewakan. 

Advance – Honda NSX 

Bengkel Tuning Advance berlokasi di Yokohama, bengkel ini khusus melayani tuning mesin berbagai macam jenis mobil, tetapi bengkel ini terkenal karena hasil karya tuning mereka terhadap mobil Honda NSX, setelah dituning handling mobil Honda NSX ini semakin joss dan tidak diragukan lagi kehandalannya. 

Bengkel advance ini berdiri sejak akhir tahun 90-an, dan karya-karyanya sudah terkenal secara global, salah satunya yaitu mobil Honda NSX warna kuning yang diberi nama dengan “Flatout”. interior memiliki segala yang diinginkan oleh sang pengemudi saat berada di trak balap, seperti jock model bucket penuh dengan pengaman, tenaga mesin sudah ditingkatkan dan alhasil terlihat garang. 

TEC Art – Tsuchiya Keiichi’s Ae86

Tec Art terletak di prefektur Saitama, kota tempat pabrikan Honda, Tec art ini adalah bengkel usaha milik keluarga, yang terkenal dengan rakitan mobil Toyota AE86 yang bekerja sama dengan Keiichi Tsuchiya yang dikenal sebagai legendaris the king of drift. 

AE 86 keiichi tsuchiya dilengkapi dengan pelk Work Meister CR01 dengan kap mesin diganti dengan serat karbon berwarna hijau yang khas, namun AE86 ini juga terdapat banyak komponen yang dibuat oleh Tec art sendiri, seperti knalpot, mesin mobil di tuning menggunakan suku cadang buatan Tec Art demikian pula dengan sistem suspensi yang digunakan. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications