26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

AC Cobra MK II : Gonta Ganti Warna Dan Kepemilikan

Perbedaan antara AC Cobra MK I dan AC Cobra MK II terdapat pada rak stir dan Pinion baru (Dari MGB) generasi ke-2, tampilan wajah depan mobil dan ventilasi udara samping, semua AC Cobra MK II memiliki mesin windsor 4,7 liter

Automoto – Pada pelelangan yang dilakukan biro lelang RM Southeby’s pada tahun 2018, ditafsirkan senilai $850.000 hingga $950.000, tetapi mobil tersebut tidak terjual, ditawarkan dengan pengumuman sebagai berikut “ pada tanggal 28 Oktober 1963. AC Cars limited menagih Ford Motor Credit untuk bodi Cobra berwarna putih dengan trim warna merah, Tonneau dan rack dan pinion stir.

Mobil ini berlayar dari Inggris dengan kapal SS Pacific Fortune, yang berlayar ke Amerika Serikat pada tanggal 7 November 1963 dengan tujuan Los Angeles, California. Setibanya di Amerika, Cobra diangkut ke Shelby Amerikcan, Inc, di Venesia.

Disana, mobil tersebut menerima powertrain Dari Ford, yang menghasilkan power sebesar 271 tenaga kuda, 289 cu. Masuk Mesin Hi-Po V-8, transmisi manual 4 percepatan dan menggunakan limited-slip differential. 

Shelby American menagih Perason Ford di San Diego pada tanggal 12 Januari 1964 dengan total $5.525.20 dikurangi deposit $1.000. pada sticker jendela MSRP tertulis “Cobra Sport Roadster” terdaftar dengan harga $5.995 ditambah perlengkapan opsional Group A yang dipasang pabrik senilai $391 dan tambahan $64,50 di Group B dengan total investasi sebesar $6.747,50 dengan lisensi dan pajak.

CSX 2216 awalnya dibeli oleh Hernry Hartwell Hester, Seorang arsitek abad pertengahan pemenang penghargaan dan penggemar berat olahraga motor. Hester merupakan pembalap mobil Formula 1, menyukai sepeda motor, menyukai sepeda motor dan pemegang lisensi pilot serta anggota klub kapal pesiar

Kartu namanya bahka ditempel disampul depan bagian dalam buku instruksi sassis AC Cobra Asli, dibawah kartu tersebut terdapat catatan tulisan tangan tentang detail mobil, tanggal pembeliannya tercatat 21 September 1964 dengan nomer cassi dan mesin juga dicatat.

Hester juga membuat catatan tentan agen srvis pilihannya (Prescision Motors of Baverly Hills), ditambah spesifikasi ban, sumber dan informasi pabrik Shelby, termasuk nama kontak, alamat dan nomer telepon semuanya tercatat rapi.

Huster menjual mobil tersebut kepada majalah Road & track edisi Mei 1965, mesikipun mobil tersebut tidak terjual, hester kemudian mengecat ulang mobil tersebut dengan warna hitam pada tahun 1967, pada tahun 1969 Hester menurunkan CSX 2216 ini ke dealer oldmobile di la Jolla untuk ganti oli, dan ketika kembali mengalami kecelakaan dan ada kerusakan kecil, setelah diperbaiki hester menjual Cobra pada tahun 1970 kepada jamer Gauther dari El Cajon, California.

Dibawah kepemilikan Guther, mobil ini dimodifikasi untuk kompetesi Solo I, dan Ia mengkampanyekannya selama beberapa tahun sebelu, menjual cobra ke ken Champion pada tahun 1982, tercatat pada saat itu bahwa mesin baru telah dipasang. Champion menikmati mobil tersebut sebelum menjual Cobra melalui Grand Prix Classic pada akhir tahun 1980-an ke Investmen of Illinois. 

Investmen Motorsports menugaskan untuk merestorasi kebentuk aslinya, lalu mengirimkan Cobra ke Baurle’s Autosport di Addison, Illinois, pada tahun 1989 berpindah tangan ke Gerald A Schwalbach dari Minneapolis, Minnesota, dan merestorasi kembali seperti saat pertama kali keluar dari Shelby American.

Bodi model slab-side disempurnakan dengan warna putih aslinya dan dilengkapi dengan bumper nerf bar depan dan belakang, ditambah windwing dan pelindung matahari. mobil ini menggunakan ban Michelin XWX yang dipasang pada pelek krom berjari-jari. 

Meskipun merupakan pengganti Cobra ini ditenagai oleh mesin 289 cu asli, mesin kode K dan dilengkapi dengan knalpot bawaan, transmisi manual bawaan dipertahankan aslinya. interior dilapisi kulit merah dan dilengkapi dengan stir bingkai kayu dengan logo AC ditengah. 

Instrumen menggunakan merek sterwart warner, jam, kaca spion dipasang didashboar, dan jok model bucket berukuran 3 inci, sabuk pengaman dan atap model Tonneau untuk perlindungan cuaca. pintu masih menggunakan pintu asli, pada kaitan kap mesin, kaitan bagasi diberi logo 2216.

Dan pada pelelangan di RM Southeby’s pada tahun 2022 di Pulau Amelia dijual seharga $1.132.500 dan mengalami beberapa perubahan serta berganti beberapa kepemilikan setelah itu

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications