29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Perjalanan Libur Natal dan Tahun Baru Jadi Aman dan Menyenangkan Dengan Melakukan Hal Ini

Yang paling penting saat melakukan perjalanan jauh adalah menggunakan riding gear yang aman dan nyaman.

Automoto – Momen liburan Natal dan Tahun Baru umumnya dimanfaatkan untuk perjalanan mudik atau liburan ke luar kota menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ketika akan melakukan perjalanan jauh, persiapkanlah segala sesuatunya seperti persiapan fisik dan kendaraan yang prima, mental serta uang yang cukup supaya liburan jadi aman dan menyenangkan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh menggunakan sepeda motor wajib untuk mempersiapkan segala sesuatu hal saat kita berkendara. Mulai dari persiapan kendaraan, perlengkapan berkendara, persiapan diri, dan rencana perjalanan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan :

1. Pilih Rute Terbaik

Hal pertama yang dilakukan adalah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, mulai dari mesin, ban, rem, lampu, dan spion. Jika perlu, lakukan servis kendaraan terlebih dahulu di bengkel agar sepeda motor yang digunakan tetap aman dan nyaman saat dikendarai.

2. Pilih Rute Terbaik

Langkah selanjutnya, persiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Pengendara dapat menggunakan smartphone untuk menentukan jalur mudik yang paling mudah dilalui dan memakan waktu paling sedikit. Dengan demikian, berkendara saat mudik akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan mengetahui rute, pengendara dapat menentukan titik-titik peristirahatan selama perjalanan.

3. Istirahat Setiap 2 Jam

Melakukan istirahat sangat penting di sela-sela saat berkendara, karena dapat membantu pengendara untuk tetap fokus.

Sebaiknya, setiap dua jam perjalanan melakukan istirahat guna mencegah kelelahan, yang merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan.

Pastikan tubuh pengendara terhidrasi dengan baik dengan cukup minum dan mengkonsumsi makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit.

4. Pilih Barang Bawaan

Penting untuk memastikan bahwa beban yang dibawa tidak melebihi kapasitas yang seharusnya untuk motor tersebut.

Jika menggunakan tas punggung, pastikan ukurannya sesuai dengan bahu pengendara agar terlihat oleh pengendara lain.

Alternatif lainnya adalah menggunakan tas di tangki motor untuk motor sport atau menggunakan box tambahan di bagian belakang motor.

Selalu perhatikan untuk membawa jas hujan di dalam motor, sehingga kita siap menghadapi kondisi cuaca saat hujan.

“Selain hal-hal tersebut, yang paling penting saat melakukan perjalanan jauh adalah menggunakan riding gear yang aman dan nyaman. Pastikan selalu menggunakan helm, jaket, dan riding gear lainnya saat berkendara selama di perjalanan untuk selalu #Cari_Aman saat naik motor,” tutup Ludhy.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications