27.9 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024

5 Mobil Yang Dirancang Oleh Kaum Perempuan

Dalam dunia industri otomotif secara historis memang didominasi oleh para kaum laki-laki, namun kaum Wanita pun juga ada yang turut serta mendesain mobil.

Automoto – Industri otomotif secara historis didominasi oleh laki-laki dari pada kaum perempuan dan sayangnya terus berlanjut hingga jaman sekarang ini. Hal ini sama sekali bukan komentar yang misoginis.

Ini hanya fakta dan meskipun masyarakat secara keseluruhan dan peran perempuan di dalamnya telah berkembang pesat sejak diperkenalkannya mobil modern pada tahun 1886 ketika Carl Benz menerapkannya.

Untuk mendapatkan paten atas kendaraannya yang bermesin gas, jalan yang harus ditempuh masih sangat panjang untuk mengatasi kesenjangan antara kedua jenis kelamin dalam hal jumlah laki-laki dan perempuan yang terlibat dalam produksi kendaraan.

Saat ini, dengan munculnya media sosial dan YouTube, semakin banyak perempuan yang menemukan suara mereka di dunia yang berorientasi pada laki-laki dan semakin banyak konten yang dipimpin oleh perempuan yang diproduksi.

Mobil yang dirancang oleh perempuan dan berhasil diproduksi, terjual jutaan dolar, dan mengukuhkan warisan penciptanya dalam prosesnya, adapun mobil-mobil yang dirancang oleh Perempuan tersebut antara lain:

NISSAN 350Z – DIANE ALLEN

Lahir di Detroit – dikenal dengan bahasa sehari-hari sebagai The Motor City – Diane Allen bisa dibilang ditakdirkan untuk berkecimpung di industri otomotif. Mengkhususkan diri dalam desain otomotif di College for Creative Studies yang dihormati di Detroit.

Pekerjaan pertamanya setelah lulus sekolah pada tahun 1984 adalah di Nissan Design di San Diego. Memulai karirnya dengan mengerjakan perubahan kecil pada kendaraan yang sudah ada, dia dengan cepat naik pangkat, yang berpuncak pada perannya sebagai manajer desain senior.

Dalam peran inilah, pada tahun 2002, Diane memimpin desain Nissan 350Z. Sebuah mobil yang sangat penting bagi Nissan, 350Z merupakan kelanjutan dari keluarga sportster Z-Car yang populer dan tetap menjadi coupé penggerak roda belakang yang populer di kalangan penggemar. Begitu dipuja sehingga melahirkan sekuel enam tahun kemudian – 370Z – juga diawasi oleh Diane.

Setelah mengerjakan banyak proyek untuk Nissan, mulai dari 350Z hingga truk pikap, Diane terus berupaya agar desainnya “terlihat unik Nissan”, dengan mengklaim bahwa “mengerjakan seluruh rangkaian produk di segmen yang berbeda memberikan kekuatan pada produk karena Anda memiliki perspektif melihat program lain dan mengerjakan bahasa formulir”.

BMW Z4 – JULIANE BLASI DAN NADYA ARNAOUT

Juliane Blasi baru berusia 32 tahun saat itu, yang bertanggung jawab atas BMW Z4 (E89) generasi kedua. Memulai karirnya dengan BMW pada tahun 2003 Juliane kemudian pindah ke California untuk bekerja di studio perusahaan DesignworksUSA.

Tiga tahun kemudian, Juliane, bersama dengan desainer interior mobil Nadya Arnaout, memenangkan kompetisi internal BMW untuk menemukan desainer roadster terbarunya setelah mengirimkan sketsa dan model tanah liat ukuran penuh, semuanya secara anonim untuk menghindari potensi bias.

Dengan eksterior yang lebih ramping, Blasi memberikan inkarnasi baru ini estetika yang lebih ramping dengan bagian belakang yang lebih sesuai dengan model BMW saat itu. Tetap berproduksi selama tujuh tahun,.

Duo dinamis ini benar-benar berhasil dan E89 Z4 memenangkan banyak sekali penghargaan desain. Seperti kata-kata Juliane sendiri: “Jika Anda melihat sebuah mobil, Anda seharusnya tidak dapat melihat apakah mobil tersebut dirancang oleh seorang wanita atau seorang pria.”

PROBE FORD – MIMI VADERMOLEN

Lahir di Belanda dan dibesarkan serta dididik di Toronto, Vandermolen dipekerjakan oleh Ford pada tahun 1970, setahun setelah lulus dengan gelar di bidang desain industri. Bergabung dengan sekelompok kecil desainer wanita di raksasa otomotif AS, dia segera mulai membuat gebrakan saat mengerjakan Mustang II.

Proyek-proyek terkenal lainnya menyusul, termasuk saloon Taurus yang inovatif, namun baru pada awal tahun 90-an Vandermolen diberi tanggung jawab atas keseluruhan proyek dari awal hingga akhir. Proyek tersebut adalah Probe generasi kedua, coupé penggerak roda depan Ford yang didasarkan pada fondasi Mazda.

Etos desain Vandermolen mencakup fokus pada pengemudi wanita, menciptakan warisan abadi dalam prosesnya, dan dia terkenal dengan mengatakan: “Jika saya dapat menyelesaikan semua masalah yang ada dalam mengoperasikan kendaraan untuk wanita, itu akan membuatnya lebih mudah bagi seorang wanita. manusia untuk digunakan.”

VOLVO S90 – TISHA JOHNSON

Volvo selalu menonjol karena desainnya. Mobil seperti 240 dan 850 R kini menjadi ikon – mudah dikenali oleh semua orang, dan meskipun S90 lebih konvensional dalam tampilannya, tetap saja Volvo, yang mengambil alih sebagai sedan andalan perusahaan setelah diluncurkan, kemudian memenangkan Mobil Produksi Penghargaan Desain Tahun Ini.

Tisha Johnson, Direktur Senior Desain di Volvo pada saat itu, pindah ke kantor pusat Volvo di Gothenburg, Swedia, untuk mengerjakan S90. Memadukan bakat desain dengan kepraktisan yang melekat, Tisha menghadirkan kesederhanaan dan tujuan desain pada S90, dengan bangga mengonsolidasikan interiornya.

HONDA NSX – MICHELLE CHRISTENSEN

Michelle Christensen tertarik pada mobil dan desain sejak usia dini, memikirkan ide untuk menjadi perancang busana atau bekerja sebagai bagian dari kru pit.
Namun hal itu tidak terjadi sampai ayahnya memberinya ide untuk mengejar pekerjaan di bidang otomotif. desain yang dia pertimbangkan secara serius untuk berkarir di industri.

Setelah menempuh pendidikan di bidang tersebut dan magang di studio Camarillo Volvo di California, Christensen dipekerjakan oleh Acura, divisi kemewahan dan performa Honda yang berbasis di AS, pada tahun 2005.

Membuat sejarah sebagai desainer mobil eksterior wanita pertama di perusahaan tersebut. Christensen akan diberikan gelar tersebut Boleh dikatakan, kunci dari desain eksterior NSX generasi kedua, mobil yang tetap terlihat kencang meski diparkir.

Ingin menjaga kemurnian dan fungsionalitas NSX asli, Christensen tahu betapa pentingnya konsep ulang ini, mengklaim bahwa model baru “memiliki jiwa yang sama” dengan pendahulunya yang “disaring hanya sesuai kebutuhan”. Menurut kami, ia memahami tugas tersebut dengan sempurna, dan membuktikan, bersama dengan semua orang dalam daftar ini, bahwa perempuan adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dalam industri ini.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications