29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

JDM : Honda S660 Adalah Miniatur Dari NSX Yang Telah Sirna

Kenapa mobil seperti Honda S660 hanya khusus diproduksi di Jepang saja, dan mengapa mobil seperti itu tidak pernah diproduksi lagi oleh pabrikan mainstream.

Automoto –  Meskipun kata  “JDM” adalah istilah yang sering kali digunakan secara sembarangan, mobil yang biasanya tidak ditemukan di AS dan Eropa atau negera asia alias hanya diproduksi dalam negeri Jepang saja , aturan tersebut dapat berubah tergantung pada apa yang terjadi.

Honda S660, termasuk mobil JDM yang aneh namun menakjubkan bagi yang memilikinya di segmen ini. S660 adalah salah satu kreasi out-of-the-box yang dibuat dalam peraturan ketat dari peraturan Kei-car.

Ruang merupakan hal yang sangat berharga di kota-kota Jepang, khususnya Tokyo. Jadi mobil Kei dirancang untuk mengambil ukuran sekecil mungkin. Panjangnya harus lebih pendek dari 3,4 meter (133,8 inci), dengan tinggi maksimum 2 meter (78,7 inci) dan lebar maksimum 1,48 meter (58,2 inci).

Hampir semua mobil Kei hanya memiliki tenaga 63 hp (47 kW / 64 PS) yang dapat dihasilkan dari mesin tiga silinder 660cc. Bertentangan dengan anggapan umum, tidak ada batasan keluaran resmi.

Sebaliknya, angka tersebut lebih merupakan kesepakatan antar produsen. Tidak percaya padaku? Nah, ketika Caterham mencoba memperkenalkan 160S mereka ke kelas Kei-car, mereka mencoba menyetel mesin mereka agar sesuai dengan kesepakatan dari Pihak berwenang tidak mengizinkan mereka, sehingga menjadi Kei terkuat yang dijual.

sebagian besar mobil Kei yang Anda temui adalah kotak literal yang dibuat agar sesuai dengan peraturan ini. Namun sesekali, Anda akan mendapatkan pabrikan yang melakukan sesuatu yang istimewa. Honda pernah melakukan hal serupa pada tahun 90an dengan Beat, dan S660 merupakan reinkarnasi spiritual dari model tersebut dalam banyak hal.

S660 memiliki tata letak penggerak roda belakang mesin tengah. Sasisnya merupakan campuran aluminium dan baja, yang diklaim lebih kaku dibandingkan S2000. Diameter rodanya terhuyung-huyung, bagian belakang satu inci lebih besar dari bagian depan.

Mobil sebagian besar dibuat dengan tangan, dan ada satu hal yang bahkan NSX (modern) tidak dapatkan: pilihan gearbox manual enam kecepatan — yang juga merupakan yang pertama pada Kei.

Mesin tiga silinder 660cc turbocharged dipinjam dari mobil Honda Kei lainnya tetapi juga dibuat dengan tangan. Gigi kedua dan ketiga diperkuat khusus untuk lari spirited touge. Anda bahkan dapat menurunkan jendela belakang yang terletak di antara jok untuk lebih memahami hembusan turbo.

Sebenarnya S660 bukanlah hal baru. Namun melihat sesuatu yang sangat berbeda di dunia ini sungguh menyegarkan bukan.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications