28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Whitelock “Tinker Toy” Motor Kastem Paling Rumit Didunia

Ini adalah motor WhiteLock “Tinker Toy” motor dengan 48 silinder yang dibuat pada tahun 2003 oleh Simon Whitelock dan memegang rekor dunia Guninnes  sebagai kendaraan fungsional dengan silinder terbanyak.

Automoto – Motor Whitelock dengan 48 silinder ini rekornya mencakup semua kendaraan bermotor bukan hanya motor,.

Dan yang menakjubkan adalah motor ini 100 % legal untuk dikendarai dijalan raya Inggris. Mesin luar biasa itu dibuat menggunakan 16 mesin Tak tiga silinder dari Kawasakai KH250

Motor Paling Tidak masuk akan di dunia 

Simon Whitelock mulai membuat motor multi-silinder yang tidak lazim ini bertahun-tahun sebelum ia memulai proyek motor 48 silinder ini,

Pembuatan pertamanya adalah menggunakan mesin Kawasaki inline-three yang ia ubah menjadi inline-Four.

Ia kemudian membuat motor sembilan silinder yang terbuat dari tiga menghubungkan 3 mesin kawasaki yang kemudian diikuti dengan inline-7.

Pada saat ia memutuskan untuk membuat mesin motor paling rumit didunia, ia telah memiliki banyak pengalaman bekerja dengan mesin dua tak dari kawasaki, dan menggabungkan keduanya untuk menciptakan mesin baru.

Alasan tepatnya mengapa ia memutuskan untuk membuat motor Whitelock ‘Tinker Toy” 48 silinder masih belum diketahui.

Namun tidak ada keraguan bahwa dunia akan menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan motor tersebut.

The Whitelock “Tinker Toy” 48 silinder

Whitelock Tinker Toy bisa dibilang merupakan motor kastem yang paling rumit yang pernah ada, proyek pembuatannya dimulai dengan mesin, dan suku cadang yang ada disekitarnya.

Sebagaimana dicatat lebih lanjut, mesin tersebut dengan susah payah dirakit dari 16 mesin kawasaki KH250 tiga mesin dua langkah silinder disusun menjadi 6 sisi dari delapan.

Mesin berkapasitas 4,2 liter atau 256 kubik inci ini awalnya menggunakan “donkey engine” dua tak 50cc sebagi starter  yang dianggap kurang bertenaga.

Kemudian diganti dengan mesin tunggal dua tak 125cc, yang tersisa di sebuah sepeda miliknya,

Kerangka khusus yang mengelilingi mesin dibuat secara khusus, bersama dengan tangki bahan bakar memanjang yang membentang  sepanjang bagian atas diantara tepi silinder paling atas.

Tangki motot ini sebenarnya hanyalah penutup untuk sistem pengapian luminasi, tangki bahan bakar yang sebenarnya tersembunyi.

Secara diam-diam dan mengalirkan karburator melalui sistem saluran bahan bakar yang dirakit.

Alternator yang digunakan pada bagian depan termasuk garpu dan rem diambil dari Honda Goldwing sedangkan pelek keluaran Hagon, bagian belakang dibuat khusus, dan juga menggunakan pelek Hagon dengan rem cakram.

Hebatnya, motor ini legal digunakan dijalan raya Inggris dan telah dikendarai meskipun memerlukan lengan yang panjang untuk mencapai stang dan kkai yang ditempatkan dengan hati-hati agar tidak menyentuh header knalpot di kedua sisi mesin.

angka kecepatan tertinggi dan tenaga kuda yang sebenarnya tidak diketahuk karena motor ini belum pernah di uji menggunakan dyno test karena diragukan keakuratannya.

Mesin tiga silinder asli kawasaki KH250 menghasilkan 32 bhp sehingag secara teori 16 diantaranya dapat menghasilkan 512 bhp.

Meskipun hal ini kecil kemungkinannya kerena tidak semuanya akan ebrjalan pada tingkat daya optimal dalam konfigurasi seperti itu.

Satu hal yang jelas adalah bahwa motor ini adalah motor dua tak yang layak, dengan kepal asap biru yang keluar dari knal[pot setiap kali dihidupkan.

Suara yang dihasilkan motor ini sulit unutk dijelaskan, agak mengingatkan pada bunyi pesawat AVRo Lancerster dengan mesin V12 Merlin yang semuanya bergemuruh.

Motor Whitelock Tinker Toy ini sekarang masuk di pelelangan bonhams di Spring stafford untuk dijual pada bual April mendatang dengan tafsiran antara 40.000 poundsterling hingga 60.000 poundsterling, bagainama tertarik untuk memilikinya ? 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications