27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

VW Beetle 1302 dengan Rumah Kayu Khas Swiss

Holzhaus Beetle mobil dengan Swiss Cabin  atau rumah kayu khas Swiss ini berbasis VW Beetle 1970 yang diselasaikan pada tahun 1995 oleh tim pengrajin asal Swiss Swiss, maka jadilah mobil VW dengan Swiss cabin kayu yang dilengkapi dengan cerobong asap.

Automoto – Memiliki mobil yang unik tentu saja merupakan sebuah kebanggaan tersendiri apalagi mobil tersebut langka dan sekaligus hanya satu-satunya didunia. Seperti mobil campervan berbasis VW Beetle 1302 tahun 1970 yang satu ini, campervan ini dijuluki dengan “Super Bugger” dan merupakan mobil dengan rumah kayu Swiss pertama yang berada diatas mobil.

Volkswagen Beetle “Holzhaus” berbasis VW Beetle 1302 dalam kondisi standard, pada tahun 1995 tim pengrajin Swiss membangun rumah kayu (Swiss Chalet) diatas mobil VW tersebut.

Selama masa pembangunan bagian depan dan belakang mobil VW Beetle dibiarkan seperti aslinya, posisi mesin berkubikasi 1600cc  tidak diotak-atik, tetapi bagian tengah body yang terbuat dari baja diganti dengan rumah kayu.

Setelah mobil tersebut di modifikasi Holzhaus beetle berjuluk Super Bugger ini sering kali dipakai sebagai markas Alpine Club dalam setiap kejuaraan Rally, pesta dan festival, mobil ini juga difungsikan sebagai bar dan penjualan tiket event. mobil ini sering juga diberitakan diberbagai macam majalah dan koran di Eropa.

Holzhaus adalah bahasa Jerman yang berarti rumah kayu, kata Holzhaus ini kerap kali digunakan untuk menjelaskan sebuah rumah kayu klasik di negara Jerman, Swiss dan Austria dimana Holz adalah kayu dan haus berarti rumah.

VW Beetle 1302 1970

Mobil donor yang dimodifikasi adalah VW Beetle 1302 tahun 1970, dimana angka 1302 itu bukan berarti kubikasi mesin, memang awal mulanya VW beetle dipasang mesin 1200 cc atau 1300cc tetapi pada vw beetle 1302 mesinnya sudah menggunakan mesin berkubikasi 1500cc atau 1600 cc.

Perubahan secara besar-besaran pada model VW beetle ini terjadi pada model series 1302 besutan tahun 1970-an, kabasitas bagasi lebih luas sekitar 43% dibanding model pendahulunya, bagasi depan volumenya menjadi 260 liter. sedang model pendahulunya 140 liter.

Suspensi depan di-upgrade dengan MacPherson terbaru yang digunakan juga pada model VW type 4. lebar body mobil diperlebar. dengan model suspensi ini maka ban serep bisa diletakkan dibawah lantai bagasi mobil sehingga ruang bagasi lebih banyak.

Bagian dalam mobil terdapat sofa, dapur dan dilengkapi dengan cerobong asap dan jendela bisa dibuka untuk sirkulasi udara sehingga tetap segar. body tmobil bagian depan dan belakang dibiarkan asli demikian pula dengan casisnya.

Pada bagian body depan dan belakang didekorasi dengan lukisan pegunungan alpine dan seni modern, termasuk pada cover peleg-nya, sedang bumper depan dan belakang dilukis dengan tekstur kayu. 

Untuk frame jok pengemudi dan penumpang terbuat dari frame baja yang diberi lapisan kayu dan diatasnya dipasang bantal agar tetap nyaman saat mengendarai jarak jauh, stir mobil menggunakan bahan kayu demikian pula dengan tuas gear yang terbuat dari kaki meja yang sama dengan meja makan yang ada di dalam kabin.

Lantai mobil dipasang karpet dan dinding rumah dipasang panel kayu dengan hiasan beberapa lukisan, jam antik model sangkar burung. sementara jendela dipasang kelambu bermotih kotak-kotak dengan warna merah dan putih.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications