25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Honda N600 Pesaing Mini Di Pasaran Eropa dan Amerika

Honda N600 pertama kali dirilis pada akhir tahun 1960-an sebagai jawaban dari pabrikan mobil asal Jepang bagi mobil besutan Inggris yaitu Mini. Saat itu kepopuleran mobil Mini di Jepang sendiri sudah tidak diragukan lagi, sehingga Honda berinisiatif untuk mengembangkan konsep mobil Mini yang diaplikasikan pada mobil-mobil berukuran kecil di Jepang (Kei-car) yang saat itu mesin dibatasi 360cc.

Automoto – Saat itu mobil Kei-car yang sesuai dengan peraturan mobil kecil di Jepang yaitu Honda N360 yang hampir sama dengan N600, namun bedanya yang digunakan adalah mesin 4-stroke berkubikasi 354cc 2 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 31 HP,  dan desain body dirancang mirip-mirip dengan mobil Mini, harganyapun lebih murah sehingga menjadi populer juga di Jepang saat itu.

Honda N600 ini hampir sama dengan N360 hanya saja kapasitas mesinnya lebih besar, yaitu mesin 4-stroke 598cc 2 silinder dan berpendingin air-cooled dan power yang dihasilkan sebesar 45 HP, Honda N600 diproduksi untuk di eksport guna bersaing dengan MINI di Eropa dan dipasarkan di Amerika. 

Performa bersaing ketat dengan kompetitornya, akselerasi 0-60 mil ditempuh dalam waktu 19 detik dan kecepatan maksimal 77mph atau 123 km/jam dan bahan bakar cukup efisien. Harga pasar di Inggris dijual 589 Poundsterling setelah kena pajak , sendang harga MINI 850 seharga 561 poundsterling.

N600 ini merupakan mobil yang memiliki sejarah penting karena mobil ini merupakan mobil yang di ekspor dalam jumlah yang banyak ke Amerika serikat, bersamaan dengan mobil-mobil sport  seperti Honda S600, namun ini merupakan terobosan baru dan sangatlah penting  selama beberapa dekade.

Pada tahun 1972 direncanakan untuk membuat mobil baru sebagai penerus N600 dengan model yang sama tetapi dilengkapi dengan sistem pending water-cooler yang lebih besar dan melakukan beberapa perbaikan. Dewasa ini banyak sudah para kolektor-kolektor mobil jepang  klasik bersejarah yang mengincarnya termasuk salah satu diantaranya mobil ini.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications