27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Toyota Hidupkan Bus Kucing Dari Film My Neighbor Totoro

Automoto – Toyota perkenalkan Bus Kucing, meniru bus ikonik tempat Satsuki dan Mei meluncur melintasi langit malam dalam film Studio Ghibli My Neighbor Totoro di penghujung Februari 2024 lalu.

Desainnya didasarkan pada Accessible People Mover (APM) Toyota, BEV (Battery Electric Vehicle) berkecepatan rendah dan jarak pendek yang digunakan di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Desain unik ini merupakan karya Naoki Nagatsu, Mitra Profesional di Vision Design Division Toyota, dan timnya, yang berkomunikasi erat dengan direktur Studio Ghibli, Goro Miyazaki.

Bus Kucing - Cat Bus Toyota

Ekornya besar, cakarnya menggemaskan. Karena kendaraan ini tidak ditujukan untuk jalan umum, meski mempunyai pelat nomor dekoratif yang nomornya, sesuai ide Goro Miyazaki, mengandung makna tersembunyi ketika disebutkan dalam bahasa Jepang.

Roda kemudi, panel instrumen, dan detail lainnya diwarnai agar sesuai dengan bulu kucing.

“Kami hadir dengan palet dua warna yaitu ‘cat brown’ dan ‘cat beige’, yang dibuat agar sesuai dengan skema warna mobil secara keseluruhan,” kata Nagatsu, sang desainer.

“Setelah berbicara dengan Goro Miyazaki, kami berupaya menghadirkan tekstur unik dari setiap bahan,” sambung Nagatsu.

Bus Kucing - Cat Bus Toyota

Rute tujuan Bus Kucing bertuliskan “Ghibli Park.” Untuk membangkitkan suasana retro di akhir tahun 50an dan awal 60an, para desainer sangat teliti dalam hal pencahayaan, bahkan meredupkan pencahayaan rute tujuan.

Dan Bus Kucing tidak akan lengkap tanpa kursi berbulu yang sangat menyenangkan Satsuki dan Mei. Lembut dan empuk untuk diduduki, membuat penumpangnya seperti memasuki salah satu adegan film yang paling berkesan. Sarung jok dapat dilepas agar mudah dibersihkan.

Cat Bus Toyota

Di atasnya, atap juga dilapisi bulu yang sama. Perhatian tim terhadap detail dapat ditemukan di setiap komponen.

Tantangan terbesar dalam merancang APM Cat Bus adalah masalah peralihan dari animasi di layar ke kendaraan tiga dimensi.

Meskipun karakter animasi digambar dengan garis luar, tidak ada garis kontur seperti itu pada objek di dunia nyata. Melihat lebih dekat pada APM Cat Bus yang telah selesai, terlihat bahwa bagian “kucing coklat” lebih menonjol, bukan bergaris.

Cat Bus Toyota

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications