28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Suzuki GS250FW Pelopor Motor Bermesin 4 Silinder DOHC

Faktanya, Suzuki adalah yang pertama di dunia yang menggunakan Mesin 4 silinder 250cc dengan sistem DOHC yaitu pada motor Suzuki GS250FW Tahun 1983.

automoto – Sebuah rangkaian proyek serial yang menjelaskan tentang “motor masa lalu Suzuki” yaitu GS250FW merupakan motor yang sangat berharga bagi Suzuki dan sekarang termasuk motor yang langka.

Berikut beberapa produk motor-motor Suzuki dimasa lalu dan bagaimana bila dibandingkan dengan motor-motor Susuki jaman sekarang ini?

SUZUKI GS250FW (1983)
SUZUKI GS250FW tahun 1983

Suzuki GS250FW adalah motor bermesin inline 4 – multi straight dengan dilengkapi 4 silinder berpendingin cairan yang fokus pada tenaga maksimum yang dikeluarkan.

Pada awal 1980-an, motor dua tak 250cc seperti seri RG250/E menjadi motor sport ringan yang utama.

Pada saat yang sama, juga merupakan masa dimana performa motor kelas motor ringan sedang berkembang pesat.

Mesin berubah dari berpendingin udara ke berpendingin air, rangka berubah dari baja menjadi aluminium, suspensi belakang berubah dari dua suspensi menjadi monos uspensi, dan model-model baru diperkirakan akan mengungguli para pesaingnya.

Masa itu orang Jepang menganggap periode ini sebagai periode “Sengoku” dimana saat itu model-model motor baru bermunculan satu demi satu dan model-modelnya mengalami perubahan-perubahan yang signifikan dalam waktu yang singkat.

Suzuki membuat kesuksesan besar dengan “RG250R”, yang diperkenalkan pada tahun 1983 dan memicu booming replika motor balap 2-tak.

Pada tahun yang sama, Suzuki merilis model 250cc 4-tak revolusioner dan menjadi pelopor didunia yaitu model Suzuki GS250FW.

Suzuki, yang sebelumnya jago dalam model 2-tak, membuat motor yang dilengkapi dengan “mesin 4-tak DOHC 4-silinder berpendingin cairan” pertama di dunia dalam model 250cc yang diproduksi secara massal.

Motor tersebut menghasilkan 36 tenaga kuda, saat itu termasuk yang tertinggi di kelas 250cc pada saat itu.

Dilengkapi dengan lampu depan setengah cowl berbentuk persegi dengan sekat depan, memiliki desain mengalir dari depan, setang terpisah mirip pembalap, velg cor alumunium, rangka pipa persegi dan lengan ayun, dll, menjadikannya motor kelas 250cc ini dipersenjatai dengan peralatan mewah yang luar biasa.

Fitur suspensinyapun bermutu tinggi dengan garpu depan yang dilengkapi dengan mekanisme anti-nose-dive- mechanisem (ANDF) dan  suspensi full floater di mana kedua ujung unit suspensi belakang tidak dipasang langsung ke rangka.

Kapasitas 250cc GS250FW adalah seperempat dari 1000cc di kelas atas, sehingga disebut “Quarter Multi”, dan merupakan mesin yang membuktikan bahwa model sepeda motor ringan 4 tak 250cc pun dapat menghasilkan sepeda motor berperforma tinggi

Jika Kalian membandingkannya dengan motor saat ini, jenis motor apa yang akan Anda pilih?

Seri GS sudah berevolusi menjadi seri GSX, jadi meski jumlah silinder mesinnya berbeda, kali ini coba kita bandingkan dengan model sport 250 yang sama yaitu GSX250R.

“GSX250R” adalah model sport full cowl 250cc yang diumumkan pada acara Milan 2016 dan dirilis di Jepang pada bulan April 2017. Saat ini, jajarannya hanya mencakup model dengan ABS.

GSX250R Diamond Red Metallic Harga kendaraan: 602.800 yen (termasuk pajak konsumsi 10%)

Mesinnya dibekali mesin 4 tak SOHC 2 katup paralel 2 silinder berpendingin air, menghasilkan output maksimal 24 tenaga kuda pada 8000 rpm. Model road sport 250 mudah digunakan untuk segala hal mulai dari berkendara dalam kota hingga touring.

Warna GSX250R 2023 adalah “Triton Blue Metallic No. 2” dan “Pearl Glacier White” dengan grafis berenda yang mengesankan, serta “Diamond Red Metallic/Pearl Nebula Black” dan “Pearl Nebula Black” dengan grafis monokrom yang simpel dan bergaya. warna: Nebula Mutiara Hitam. Harga sedikit berbeda tergantung pada grafik.

GSX250R Pearl Nebula Black Harga kendaraan: 602.800 yen (termasuk pajak konsumsi 10%)

Berdasarkan konsep “Urban Athlete”, motor sport ini masih populer sebagai motor sport full-cowl unik yang tidak hanya mengejar kekuatan dan kecepatan, tetapi juga meningkatkan kemudahan berkendara yang dapat ditangani oleh siapa pun.

GSX250R Triton Blue Metallic Harga kendaraan: 614.900 yen (termasuk pajak konsumsi 10%)

Performa touring yang memungkinkan Anda pergi ke mana pun. Ini adalah sepeda yang dibanggakan entuhusiast Suzuki.

Ini adalah seri GSX tradisional Suzuki, konsepnya mirip Suzuki yang diperkenalkan sebelumnya telah diwarisi oleh model road sport 250 saat ini, GSX250R.

GSX250R Pearl Glacier White Harga kendaraan: 614.900 yen (termasuk pajak konsumsi 10%)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications