34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Sirkuit Mugello Berbenah, Tingkatkan Faktor Keselamatan Pembalap

Automoto – Sirkuit Mugello, salah satu sirkuit legendaris di Italia, berbenah diri untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pembalap.

Dalam keterangan tertulis, pihak sirkuit Mugello menjaukan posisi dinding pembatas sebelah kiri di trek lurus untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan para pembalap.

Langkah tersebut diambil setelah beberapa pembalap menyatakan bahwa posisi dinding membahayakan karena terlalu dekat dengan trek. Terlebih setelah pembalap asal Spanyol, Marc Marquez, mengalami kecelakaan saat berada dalam kecepatan tinggi di lokasi tersebut pada 2013 silam.

Baca Juga : MotoGP 2024 Pakai Motor Ducati, Marquez Tak Mau Pura-pura Selevel Dengan Bagnaia

Pengelola sirkuit Mugello pun merespon kekhawatiran para pembalap dengan melakukan renovasi di beberapa area lintasan.

Area lintasan lurus di mana Brad Binder mencapai rekor kecepatan tertinggi MotoGP dengan 366,1 km/jam tahun lalu telah diubah. Di kawasan ini, area runoff diperlebar menjadi total panjang 450m.

Intervensi lain berkaitan dengan pintu masuk tikungan 8, Arrabbiata1 yang ikonik. Saat ini telah dibuat area aspal yang menghubungkan lintasan dengan garis pelindung serta penambahan aspal pada area runoff dengan luas 1.500 meter persegi.

Baca Juga : Marc Marquez Ingin Bersenang-senang Lagi Dengan Motor Berbeda

Pada tikungan 3 (Poggio Secco), 9 (Arrabbiata2) dan 11 (Palagio) kerb atau curbstones (gundugan gerigi di samping lintasan) diganti dengan model generasi terbaru sesuai standar homologasi FIA dan FIM.

Paolo Poli, Direktur Sirkuit, menurutkan bahwa keamanan trek bukanlah sesuatu yang statis. Tapi merupakan tantangan berkelanjutan untuk menemukan solusi guna mengurangi risiko terkecil, meski diakui hal itu tak akan sepenuhnya bisa dihindari dalam setiap balapan.

“Studi berkelanjutan dan investasi penting yang telah kami alokasikan bertujuan untuk lebih meningkatkan standar Mugello yang sudah sangat tinggi,” kata Paulo seperti dikuti Crash.

“Hal itu bertujuan memungkinkan semua pembalap bisa mengekspresikan hasrat mereka di lintasan dengan seluruh fasilitas yang ada,” tegas Paolo.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications