27.9 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024

Perjalanan Wuling Menjadi Brand Mobil Listrik Nomor 1 di Indonesia

Automoto – Tahun 2015 jadi tonggak sejarah perjalanan Wuling Motors di Indonesia dengan melucurkan Confero S untuk pasar Indonesia.

Sejak saat itu, Wuling pun berhasil mematahkan stigma negatif tentang mobil China melalui desain, kualitas, fitur dan taknologi serta harga yang kompetitif.

Dari hasil studi terbaru yang dikeluarkan konsultan komunikasi Asia Tenggara, Vero IMC Consulting dan perusahaan manajemen pemasaran terpadu asal China, WeBridge mengungkapkan bahwa pandangan positif konsumen Indonesia terhadap mobil-mobil China semakin tinggi.

Alasannya harga yang terjangkau, ragam fitur inovatif, serta mobilitas dan kenyamanan. Salah satu buktinya Wuling berani menyematkan fitur dan teknologi mobil Rp 500 jutaan di produknya yang dibandrol Rp 300 jutaan.

Melalui desain, fitur dan teknologi, layanan purna jual serta harga yang kompetitif, brand ini berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia.

MyWuling+ BingouEV IIMS 2024
Deretan kendaraan listrik Wuling di booth Wuling Motors di IIMS 2024

Masuki Era Mobilitas Ramah Lingkungan

Langkah di segmen Electric Vehicle (EV) didasari oleh semangat ‘Drive For A Green Life’ yang dimulai dengan Global Launch Air ev pada Agustus 2022.

EV pertama Wuling di Indonesia ini merupakan compact city car yang simple, smart, efisien dengan jarak tempuh 200 km hingga 300 km.

Compact city car ini menjadi Best Selling EV di Tanah Air dan meraih beberapa penghargaan bergengsi dari beberapa institusi, termasuk dari Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) dengan menyabet gelar FORWOT Car of The Year 2023 untuk kategori Battery Electric Vehicle (BEV).

Melengkapi line up kendaraan listriknya di Indonesia, akhir tahun 2023 Wuling luncurkan mobil listrik hatchback Bingou EV sebagai simbol gaya yang unik, berkelas dan ikonik

Lalu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, untuk pertama kalinya menampilkan kendaraan listrik terbarunya Cloud EV.

Secara khusus Cloud EV ditampilkan untuk para pengunjung yang ingin melihat lebih dekat kendaraan listrik terbaru dari Wuling di booth D8 di Hall D, JIEXPO Kemayoran. Rencananya, Cloud EV akan resmi diluncurkan pada medio 2024.

Kehadiran mobil-mobil listriknya di Indonesia menegaskan komitmen jangka panjang dalam percepatan elektrifikasi kendaraan di Tanah Air, dengan memproduksi dua kendaraan listrik di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan konsumen yang menjadikan Wuling sebagai brand kendaraan listrik nomor 1 di Indonesia,” ujar Arif Pramadana selaku Vice President Wuling Motors di sela perkenalan Cloud EV.

“Di dalam negeri, Wuling telah berkiprah di segmen kendaraan listrik sejak tahun 2022 dan mendapat sambutan yang hangat dengan menjadi brand EV paling laris di Indonesia,” tegas Arif.

Wuling BingouEV IIMS 2024 2

Pengembangan Ekosistem dan Memperluas Jaringan Infrastuktur

Selain memproduksi kendaraan listrik di Indonesia, Wuling pun terus memperkuat komitmennya dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik melalui kerjasama strategis dengan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel.

Pertumbuhan kendaraan listrik sejatinya berbanding lurus dengan pengembangan ekosistem pendukung yang terintegrasi guna memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penggunanya.

Salah satunya adalah ketersediaan fasilitas pengisian daya yang mudah ditemukan.

Karena itu, Wuling juga berencana memperluas jaringan pengisian daya kendaraan listrik yang dilengkapi dengan fasilitas fast charging di Indonesia.

Fasilitas pengisian daya cepat dengan format IEC BB akan dibangun di 100 titik di berbagai wilayah Indonesia pada 2024 melalui kerja sama dengan EVPower.

Hadirkan Kemudahan Pembiayaan

Kemudahaan pembiayaan kepemilikan kendaraan jadi faktor yang tak kalah penting dalam percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Karena itu Wuling juga bermitra dengan Bank Mandiri dalam aspek finansial.

Dalam upaya mendukung peralihan ke kendaraan listrik, Bank Mandiri menyediakan solusi pembiayaan ESG (Environmental, Social, and Governance) sebagai bagian dari komitmen bersama untuk mendukung ekosistem kendaraan ramah lingkungan.

Melalui kerja sama ini, Wuling tidak hanya menyediakan kendaraan inovatif, tetapi juga memastikan bahwa pelanggan dapat mengakses pembiayaan yang mendukung visi keberlanjutan, menciptakan sinergi positif antara mobilitas modern dan tanggung jawab lingkungan.

Konektivitas Kendaraan dengan Pengendara Tanpa Batas

Wuling tak hanya menyediakan kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih terhubung secara personal dan praktis melalui User Connection Unit untuk mengakses ragam informasi mengenai kendaraan via MyWuling+.

Guna meningkatkan fitur dan teknologi konektivitas pada produknya, Wuling jalin kerjasama dengan Telkomsel untuk memberikan pengalaman berkendara dengan konektivitas lebih bagi para pelanggan.

Kolaborasi tersebut juga untuk menghadirkan solusi bagi Wuling sebagai produsen kendaraan listrik.

Kolaborasi ini tidak hanya memastikan pelanggan Wuling tetap terhubung di setiap perjalanan, tetapi juga membuka pintu menuju solusi terdepan di industri kendaraan listrik.

Dengan perpaduan keahlian Wuling dalam menghasilkan kendaraan inovatif dan Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka, kerja sama ini menghadirkan ekosistem EV yang terkoneksi untuk mobilitas berkelanjutan.

Langkah strategis yang terus dilakukan semakin memperkokoh Wuling sebagai brand kendaraan listrik nomor 1 di Indonesia.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications