34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Pentingnya Penggunaan Tabir Surya Saat Akan melakukan Riding

Automoto – Sama seperti kegiatan outdoor lainnya, mengendari motor sama halnya dengan memanaskan wajah atau kulit kita terhadap matahari, mengendari motor sangatlah menyenangkan, tetapi kita juga harus waspada akibat dari terik matahari.

Sekalipun kita menggunakan helm fullface, kulit secara tidak langsung bisa terkena bahayanya radiasi sinar Ultraviolet yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini dan juga bisa terkena kanker kulit karena seringnya terkena sinar matahari secara langsung, namun hal ini bisa kita atasi dengan menggunakan cream pelindung tabir surya sebelum kita mengendari motor, terlebih lagi bagi penghobi motor yang senang melakukan touring atau solo riding. Sehingga perjalanan touring atau riding kita akan lebih menyenangkan.

Berdasarkan dari laporan Environment working Group (EWG) tentang petunjuk penggunaan tabir surya, EWG menemukan beberapa hal penting terkait dengan beberapa produk cream pelindung matahari ini, kebanyakan 80% dari peroduk-produk tersebut mengandung bahan yaitu “Oxybenzone” yang bisa menggangu sistem hormon kulit dan mengandung bahan “Retinyl palmitate” yang dapat memicu kerusakan kulit semacam kanker kulit.

Produk yang memiliki SPF  yang baik adalah pelindung tabis surya yang bernilai 30 hingga 50, biasanya menggunakan tabir surya dengan kandungan nilai SPF yang lebih tinggi maka sipemakai bisa yakin mengendarai motor lebih lama dibawah terik matahari, dan tidak perlu memakanya lagi, bukan itu masalahnya, Badan Peneliti FDA mempertimbangkan untuk menghindari penggunaan SPF yang kadarnya lebih dari 50, sedangkan SWF lebih menganjurkan untuk tidak menggunakan pelindung matahari jenis spray yang bisa terhirup melalui hidung serta tidak melindungi kulit secara menyeluruh. dengan menggunakan tabir surya tidak berarti kulit kita tidak terbakar atau tidak merusak kulit, penggunaan cream tabir surya yang mengandung SPF mampu mengurangi terjadinya kulit terbakar dan mengurangi bahaya ultraviolet yang dihasilkan dari sinar matahari.

Jadi sebelum kita melakukan perjalanan mengendari motor, solo riding atau jalan-jalan ke pantai, maka hendaklah kita mengetahui tentang produk-produk berkenaan dengan produk cream ini, hal hal yang penting untuk diketahui tersebut antara lain: 

1. Hindari penggunaan tabir surya varian spray karena bisa terhiisap hidung dan tidak melindungi kulit secara sempurna

2. Janna percaya pada cream pelindung tabir Surya yang nihai kandungan SPF nya diatas 50+ bisa melindungi kulit dari kerusakan, lebàh baik memilih pelindung tabir surya yang kandungan SPF nya antara 30 hingga 50

3. Produk pelindung tabir surya yang mengandung ‘Oxybenzone” bisa merusak sistem hormon kulit

4. produk pelindung tabir surya yang mengandung ‘Reinyl palmitete” kemungkinan bisa menjadi pemicu kerusakan kulit yang bisa menyebabkan kanker kulit.

Jadi sebaiknya apa yang harus kita gunakan?

Badan peneliti EWG mengembangkan sebuah sistem penilaian dan penyelekseian produk surya tabir pantai dan untuk sport yang terbaik, kalau di Amerika produk-produk seperti produk sun screen keluaran dari La Roche-posay, nine Natural dan cucumbers, atau produk sun screen yang mengandung moisturuzer dan SPF, demikian juga untuk produk-produk lip care. 

Selain dari 3 point pada pemilihan sun screen sebelum digunakan baik untuk jalan-jalan ke pantai atau touring/solo riding kita juga harus memperhaitkan beberapahal dibawah ini:

Jadikan penggunaan pelindung tabir surya yang tepat sebagai suatu kebiasan 

  • Jangan Nunggu kita sudah sampai di keluar rumah untuk menggunakannya, setidaknya SPF akan efektif melindungi kulit setelah pemakaian selama 20 menit menlindungi kulit kita dari sinar ultraviolet
  • Pakailah kacamata yang memiliki fitur pelindung Ultraviolet, hal ini untuk melindungi mata kita dari radiasi sinar Ultraviolet yang bisa mengakibatkan katarak
  • Jangan menggunakan make-up  karena dengan menggunakan make-up kita bakal enggan menggunakan pelindung tabir surya, terlebih lagi jika ada produk make-up yang menjelaskan tidak boleh menggunakan pelindung tabir surya.
  • Selalu periksa kadaluwarsa dari setiap produk yang kita gunakan.
  • Selalu bersihkan dengan hati-hati setelah menggunakannya dan harus dibersihkan dengan air dan dilap dengan handuk.
  • Jika kita harus istirahat sejenak saat touring, hendaklah mencari tempat parkir yang teduh
  • Mulailah melakukan perjalanan touring/solo riding mulai di pagi hari atau sore hari
  • Gunakanlah gear riding yang tepat yang bisa melindungi kulit tubuh kita dari radiasi sinar ultraviolet
  • Hindari terjadinya kulit terbakar, istirahatlah bila terjadi indikasi kulit menjadi berwarna merah dan tenggorokan mengalami batuk saat berkendara maka kita harus berhenti sejenak.
  • Jangan lupa selalu memeriksa indek kadar Ultraviolet, mengetahui informasi tentang index ultraviolet ini sangatlah penting untuk membantu perencanaan perjalanan kita agar terhindar dari terjadinya pembakaran pada kulit kita yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Nah sahabat automoto demikian tips penggunaan pentingnya penggunaan tabir surya untuk menjaga kesehatan kulit kita tetap sehat dan terhidar dari akibat terjadinya radiasi sinar ultraviolet yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker kulit. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan hobby riding kita lancar.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications