26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Niu RQi 2024 : Tenaga Cuma 11 hp Tapi Torsinya Sadis, Tembus 450 Nm

Niu RQi memang hanya punya luaran tenaga yang setara dengan 11 hp, berbeda jauh dengan torsi yang ditawarkan, diklaim mencapai 450 Nm.

Automoto – Tren teknologi sepeda motor perlahan bergeser ke arah yang lebih ramah lingkungan, motor listrik maupun hybrid.

Meski kini sudah banyak sepeda motor listrik yang berfokus pada utilitas, saya yakin saya bukan satu-satunya orang yang merasa sangat bersemangat ketika pabrikan meluncurkan sepeda motor listrik baru dengan desain, fitur dan teknologi yang dirancang untuk para target pasarnya.

Kita sudah banyak melihat hal seperti itu dari berbagai pabrikan di seluruh dunia. Kini merek China, Niu, akan merilis sepeda motor listrik RQi-nya di Eropa.

Baca Juga : Honda EM1 e: PLUS Resmi Meluncur, Harga Rp 33.5 Juta

Niu RQi bukanlah sebuah konsep baru, sudah ada selama hampir empat tahun. Pertama kali diperkenalkan pada CES 2020 di Las Vegas, RQi tampak menjanjikan, dengan output 40 tenaga kuda dan kecepatan tertinggi 100 mil per jam. Itu mengesankan.

Niu RQi

Tapi perjalanannya tak semulus rencananya, peluncurannya banyak mengalami penundaan. Namun akhirnya Niu RQi mendapat revisi supaya lebih user friendly bagi biker pemula.

Di tahun 2022, Niu RQi kembali hadir dalam pameran namun dengan out put tenaga yang lebih rendah, mirip motor kelas 125cc.

Perubahan tersebut menegaskan langkah pabrikan motor asal China ini menargetkan konsumen pengendara pemula di Eropa dengan lisensi berkendara A1.

Baca Juga : Kupas Fitur Honda EM1 e: dan EM1 e: PLUS

Baca Juga : Honda EM1 e: dan EM1 e: PLUS Hasil Karya Anak Bangsa, 40% Kandungan Lokal

Kini Niu RQi bersiap untuk memasuki persaingan pasa sepeda motor listrik di Eropa yang sesungguhnya, motor sport listrik ini segera diluncurkan. Sayangnya RQi akan hadir dengan spesifikasi yang sama seperti pertama kali hadir dalam pameran tahun 2022.

RQi mempertahankan power yang ramah untuk pengendara pemula di Eropa, dengan motor listrik 7.500 watt yang menghasilkan luaran tenaga setara dengan 11 tenaga kuda.

Meski tenaganya hanya 11 tenaga kuda, berbeda jauh dengan torsi yang ditawarkan-diklaim mencapai 450 Nm. Torsi sebesar itu tentu akan memberi sensasi jambakan yang luar biasa.

Bahkan Niu mengatakan, dengan kecepatan puncak yang hanya mencapai 110 kilometer per jam, akselesarinya sangat mengesankan. Hanya butuh 2,9 detik untuk mencapai kecepatan 50 kilometer per jam dari keadaan berhenti. Sangat cocok untuk pengendara dengan karakter yang agresif.

Baca Juga : Sepenggal Cerita Kehidupan Asal Usul Mods Di Inggris

Niu RQi dibekali 2 unit bateraid 72 volt, 36 ampere-jam dengan jangkauan gabungan sekitar 200 kilometer untuk sekali pengisian daya penuh.

Melengkapi bagian mesin, serangkaian komponen dari merek premium dunia melengkapinya seperti ban Pirelli, kaliper radial Brembo di depan, dan ABS dua channel.

Niu mengatakan, karena RQi memiliki torsi besar, maka dimasukkan pula sistem kontrol traksi untuk menjaga semua torsi itu tetap terkendali.

Niu juga melengkapi RQi dengan pencahayaan full LED, start tanpa anak kunci, serta kamera depan dan belakang yang secara otomatis merekam. Sangat bagus untuk keamanan tambahan.

Terakhir, seperti kebanyakan sepeda motor listrik yang berfokus pada teknologi, RQi menawarkan pelacakan GPS.

Bicara masalah harga, Niu mengatakan RQi akan mulai hadir di showroom Eropa pada kuartal pertama tahun 2024 dengan banderol 7.999 euro atau sekira Rp 135 jutaan dengan empat pilihan warna; Abu-abu, Hijau, Merah, dan Biru.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications