28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Nissan Figaro, Mobil Retro Imut Menggemaskan

VW Kodok Baru, Fiat 400 terbaru dan Dodge Challenger terkini, semua mobil tersebut memiliki kesamaan, semua sama-sama memiliki desain estetika retro yang kental dan hampir mendominasi. namun sebenarna sebelum mobil-mobil tersebut ada, Nissan Figaro lah yang mengawalinya. 

Automoto – Nissan Figaro diperkenalkan pada tahun 1989, mobil imut dengan desain estetika retro yang membuat orang-orang banyak terpana karena menggemaskan, menyenangkan dan memiliki ciri khas dengan tampilan mobil retro. 

Berbeda dengan mobil-mobil yang tersebut sebelumnya, Figaro merupakan selebrasi dari tema mobil retro secara umum, mobil ini tidak semata-mata meniru mobil-mobil yang ada sebelum-sebelumnya, hasilnya mobil ini begtu menawan.

Agak ironis memang, Nissan Figaro dengan tampilan retro, walaupun Nissan Figoro diluncurkan pertama kali pada tahun 1991, namun sudah di kultuskan sebagai mobil klasik atau retro karena memang sudah bawaan dari desain dan aspek-aspek  lainnya. 

Terlebih lagi bahwa Nissan Figaro ini juga termasuk mobil JDM (hanya dijual di Jepang saja). Figaro adalah produksi dari Nissan, walau kadang ada kesalah pahaman bahwa Figaro adalah produksi dari perusahaan Mitsuoka yang suka membuat Jaguar MK2 berbasis Micra.

Namun Figaro adalah buatan Nissan sendiri sama seperti Nissan BE-1 dan Nissan Pao serta Nissan March. mobil mobil in memang sangat menyenangkan untuk dikendarai, dan nyatanya  juga populer di Jepang dan negara-negara lainnya termasuk di Inggris. 

Sebelum membicarakan ke populerannya, mari kita tengok sejenak mobil Nissan Figaro itu sendiri, ada yang mengatakan mobil tersebut adalah mobil Micra yang dibalut dengan pakaian retro. sebagian besar adalah model K11 Micra. 

Mesin yang digunakan adalah mesin 4 silinder 987cc dilengkapi dengan turbocharger, walaupun demikian mobil ini dibangun bukan sebagai mobil balap. tetapi agar terlihat unik dibanding dengan mesin mobil-mobil lainnya.

Body mobil dirancang sebagai mobil konvertibel pada bagian tepinya dan bagian atap menggunakan sistem roll back, terlihat kompak dan bersih dengan ornamen-ornamen garis-garis yang lembut dipadu dengan jok kulit berwarna kulit gading. tuas gear dan stir mobil bergaya bakelite, dan dilengkapi AC, CD Player dan tachometer.

Untuk ekterior tersedia beberapa pilihan warna antara lain; Topaz Mist (musim gugur) dan Emerald Green (musim semi), Pale Aqua (musim panas) , Lapis Grey ( musim dingin) dan ada versi terbatas yaitu warna hitam dan pink neon. desainer mobil tersebut yaitu Naoki Sakai dan Shoji Takahashi.

Kembali ke masa kepopulerannya, Nissan berkomitmen untuk memproduksi sebanyak 8.000 unit, namun pada akhirnya mereka malah memproduksi sebanyak 12.000 lagi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Begitu sangat populernya Nissan Figaro ini, untuk mendapatkan figaro kustomernya harus mengikuti pengundian dan antri sesuai no undiannya. dan Nissan telah berhasil merebut hati konsumennya, beberapa tahun kemudian mulai masuk ke pasar mobil bekas. para importir kesempatan ini untuk dibawa ke Inggris hingga sekarang ini masih banyak dicari orang dan banyak show-room yang tetap berjual beli mobil ini. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications