26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Motor Indian Scout Asli Tahun 1927

Motor Indian Chief memang lebih banyak mendapatkan perhatian  lebih dari para penggemar motor, namun Indian Scout lebih banyak beraksi di sirkuit balap di Amerika. 

Automoto – Tanpa kita sadari motor Indian Scout adalah motor yang paling kompetitif dalam berbagai disiplin balap, mulai dari lintasan datar, hingga tanjakan dan bahkan di jalanan turunan dan penuh tikungan tajam di Bonneville salt flats hal ini tentu karena adanya moddifikasi yang dilakukan terhadap motor ini.

Indian Scout generasi pertama diluncurkan pada tahun 1920 dengan dibekali mesin V-Twin 737cc berbasis mesin sebelumnya yang berkubikasi 606cc. karena adanya persaingan yang ketat dengan para pesaingnya.

Maka terciptalah beberapa ubahan-ubahan yang signifikan. terutama pada motor Excelsior Super X, dan versi mesin yang baru dibuat lebih besar yang kemudian menggantikan Indian Scout 1927 dan Indian Scout 101 tahun 1928 dan seterusnya.

Indian Scout Asli dimulai tahun 1920 hingga 1927 selalu dibayang-bayangin oleh penggantinya yaitu Indian Scout 101, karena kepopuleran Scout 101 dikalangan para pembalap hingga orang biasa.

Namun Indian Scout pertama adalah paling penting bagi perusahaan Indian, Indian Scout ada sebelum Indian Chief diperkenalkan pada tahun 1922 dan ditawarkan dengan harga terjangkau sehingga indian scout menjadi terkenal di Amerika. 

Model dari Indian Scout pertama sangatlah trendy dijamannya, tangki motor diposisikan diatantara 2 tabung diatas rangka motor, suspensi belakang rigid, sedangkan dibagian depan menggunakan suspensi trailing link yang sederhana. 

untuk rem depan dan belakang belum begitu canggih, jadi Indian scout hanya menggunakan satu rem dibelakang menggunakan drum brake tunggal. jok motor model sadel bahan kulit yang dibawahnya terdapat per untuk mengurangi getaran dijalanyang bergelombang.

Meskipun banyak orang yang mempertimbangkan bahwa Indian Scout ini performanya tidak begitu tinggi, Indian Scout ini dipasaran hanya sekitar 9 tahun, Perusahaan Indian telah memenangkan kejuaran isle of Man TT tahun 1911 dan menempati posisi pertama, kedua dan ke-3. 

Di jaman itu Motor-motor Indian banyak terlihat dijalanan Amerika, bersaing dengan motor-motor lain seperti Cyclone, Flying merkel dan Harley-Davidson, kadang mereka sering balapan dijalanan dengan kecepatan 100 mph lebih didepan ribuan penggemarnya. 

Indian Scout yang ada diphoto adalah motor Indian Scout besutan tahun 1927, motor ini diakuisisi oleh pemilknya pada tahun 1977 dari Flying Lady di Morgan Hill, California ditukar dengan motor Buckboard tahun 1920.

bertahun-tahun sejak dimilikinya, indian scout tersebut tetap dijaga keasliannya, dan tidak pernah direstorasi, hanya cat nya saja yang dieprbaiki untuk mencegah terjadinya korosi. jari jari pelek diganti, begitu juga dengan ban dan rantainya. pada kenyataannya indian scout ini memang sudah langka keberadaannya. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications