29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Ferrari 330 GTC 1967, Milik Onassis Siap Pindah Tangan

Ferrari 330 GTC tahun 1967 memiliki keistimewaan yang tidak biasa karena dipesan dari baru oleh Aristoteles Onassis, seorang industrialis legendaris yang membangun perusahaan pelayaran swasta terbesar di dunia kemudian menikah dengan Jacquaeline Kenndedy pada tahun 1968.

Automoto – Ferrari 330 GTC adalah salah satu Ferrari yang paling keren di jamannya, berbasis sasis Ferrari 275 GTB dengan bodi bagian depan diambil dari model 500 Superfast dan bagian belakang menyerupai 275 GTS dan mesinnya menggunakan mesin Colombo V12 4.0 liter, dan mobil ini dianggap sebagai mobil ferrari pertama yang dilengkapi radio.

Sejarah singkat Ferrari 330 GTC

Diperkenalkan pada tahun 1966 di Geneva Motor Show, Ferrari 330 GTC dirancang untuk mengisi kesenjangan antara 275 GTB yang lebih sporty dan 330 GT 2+2 yang lebih mewah. dengan desain yang dirancang Pininfarina, 330 GTC memiliki kemiripan yang mencolok dengan 500 superfast, terutama dari pilar depan dengan model A. desain bagian belakang mobil terinspirasi dengan 275 GTS.

Ferrari 330 GTS dibuat dengan sasis sporty yang sama digunakan pada 275 GTB, suspensi depan dan belakang menggunakan suspensi independen, semua roda dilengkapi dengan rem cakram,  pada bagian belakang dipasang transaxle 5 percepatan sehingga distribusi bobot mobil menjadi sempurna dan dan handling menjadi lebih baik.

Desain body yang ramping ini dipadukan dengan mesin 4.0 liter Colombo V12 yang sama persis digunakan oleh Ferrari 330 GT 2+2. selain itu fitur lain yang ada pada 330 GTC adalah cam overhead tunggal, mesin V12 bahan alloy ini menghasilkan keluaran tenaga sebesar 300bhp pada putaran mesin 7.000 rpm, memungkinkan mobil ini melaju dengan baik, kecepatan tertinggi yang diraih lebih dari 241 km/jam.

Interior Ferrari 330 GTC merupakan cerminan sebuah mobil yang sporty dan mewah, kabinnya luas dengan jok terbuat dari kulit dan dilengkapi dengan fasilitas yang mewah pasa masanya seperti kelngkapan AC, Karpet mewah dan radio. 

Komposisi kombinasi dari fitur-fitur yang tersebut diatas menjadikan mobil ini sebagai mobil jenis Grand Tourer yang ideal, mampu dikendarai dengan jarak jauh dengan kenyamanan maksimal, namun tetap responsif dan lincah. walaupun hanya masuk jalur produksi selama 2 tahun dari tahun 1966 hingga 1968, Ferrari GTC meninggalkan kesan yang lama bagi pecintanya.

Sebanyak 600 unit ditambah 100 unit model 330 GTS convertible, ada juga beberapa unit saja yang khusus dibuat seperti Ferrari 330 GTC berbadan Zagato, Felber FF dan Ferrari 330 GTC special.

Mobil Ferrari 330 GTC Pesanan Atistoteles Onassis 

Ferrari 330 GTC pesanan Aristoteles Onassis ini dibuat pada bulan November 1967 sebelum dikirim ke Monte Carlo, dimana pemilik pertamanya sedang menunggu Aristoteles Onassis, Sejarah Onassis di Monte Carlo sangat menarik dan layak untuk dijadikan miniseri tersenditi, Ia berakhir dalam pertarungan hukum yang berkepanjangan dengan Pangeran Rainer III, dan akhirnya harus meninggalkan kerajaan kecil tersebut.

Setahun setelah Ia membeli 330 GTC ini pada bulan oktober 1968, Ia menikah dengan Jacqueline Kennedy, Janda dari Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. ketika Ia memesan Ferrari, Ia memilih beberpa pilihan tambahan yaitu palang pelindung depan dan penutup panel rocker bahan baja anti karat. 

Warna yang dipilihnya adalah warna Ferrari yang terbaik saat itu, yaitu warna Rossa Cina Red dengan interior warna kulit hitam dengan karpet merah diseluruh bagiannya, mobil yang dipilihlnya juga dipasang AC dan Radio.

Aristoteles Onassis meminta mobil tersebut diservis oleh Asistenza Clinte dari pabrik Ferrari di Modena, Itali selama kepemilikannya, kemudian Ia menjual mobil tersebut pada akhir tahun 1968 dan berakhir ditangan seorang distributor mobil terkenal Amerika Serikat yaitu Luigi Chinnetti yang menjual mobil tersebut di New York.

Selama masa pakai mobil di Amerika Serikat, mobil tersebut disimpan selama 30 tahun sebelum ditemukan kembali dan dibeli oleh pemilik terakhir yang sekarang ini pada tahun 2020. pemilik terakhir ini menyuruh seorang ahli dari Bobileff Motorcar Company di San Diego dan selesai direstorasi pada bulan Agustus 2023 baru lalu. 

Mobil ini kini telah disempurnakan dengan warna aslinya yaitu Rossa Cina red dengan interior kulit warna hitam yang baru pula. pelek dan transaxle 5 juga telah dirombak dan kini menggunakan kunci tengah Campagnolo 14 inchi, panel penutup rocker baja anti karat masih asli dan grill spesial juga diperbaiki.

Mobil tersebut baru-baru ini masuk list lelang di Bring a Trailer, San Diego. California dengan kelengkapan Laporan servis Marcel massini, gambar katalog restorasi, buku panduan pemilik, dan beberapa peralatan lainnya serta stample Montana atan nama perusahaan penjual. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications