34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Mobil Konsep Van Koyoibako Serba Guna Dari Toyota

Untuk lebih memaksimalkan bandwith arsitektur kendaraan bertenaga listrik, Toyota membangun mobil van konsep dengan menggunakan sasis berdasarkan mobil sport Toyota FT-Se dan Crossover Toyota FT-3e Concept yang serba guna dan  diberi nama Toyota Kayoibako 

Automoto – Kata Kayoibako adalah kata dalam bahasa Jepang yang digunakan di pabrik perakitan Toyota yang merujuk pada Kotak-kotak tempat mengirimkan suku cadang ke lini produksi. mobil Van berbentuk kotak ini bisa melakukan apa saja. 

Toyota Kayoibako dipamerkan di Tokyo Mobility Show 2023 dan mendemonstrasikan kebolehan dari mobil van ini salah satunya sebagai mobil untuk mengantaran barang jarak jauh, mobil camping dan sebagai kendaraan mobilitas kursi roda.

Mobil Van ini tidak lagi menggunakan pilar B, Pintu mobil tidak menggunakan desain pintu mobil seperti biasanya namun menggunakan pintu geser, belum tahu pasti apakah mobil ini akan diproduksi secara massal atau tidak.

Pun demikian para pengunjung Tokyo Mobility show sangat takjub dan tercengang, mereka sangat mengapresiasi dengan desain baterai yang sangat tipis dan juga ground clearence yang rendah. seperti yang telah dijelaskan diatas mobil van ini juga sebagai mobilitas kursi roda, sehingga pada Koyoibako ini didesain memiliki kursi pengemudi tetap, dan ruangan didalam mobil dibuat rendah agar bisa menampung kursi roda dengan mudah. 

Kursi roda tidak hanya untuk penumpang saja, namun juga bisa digunakan oleh seorang pengemudi yang menggunakan kursi roda, tetapi kursi roda didesain khusus yang bisa dipasang dielakang kemudi mobil. Pada lantai mobil terdapat alat untuk mengunci kursi roda dibagian penumpang. sedangkan bolongan yang berbentuk huruf X bisa untuk meletakkan alat-alat camping, gear, kursi dan lain-lain. 

Selain itu masih ada model konsep Koyoibako yang lain yang memiliki fitur 3 baris jok penumpang, rak atap dengan dilengkapi tangga, serta pelek dan ban dengan model sporty.

Seperti banyak model-model BEV lainnya, Van Koyoibako terdapat layar touchscreen berukuran iPad dan handle stir berbentuk Yoke Type dilengkapi dengan tombol-tombol kontrol. instrumen lainnya ada layar lebar tipis yang membentang pada kaca depan dan jarak pandang kaca depan sangat luas agar mempermudah bagi pengemudi saat melakukan manuver dilungkungan perkotaan yang padat.

 

Salah satu konsep dari Van Koyoibako ini yang tidak kalah menariknya bahwa mobil ini bisa dijadikan sebagai etalase portebel dengan rak dagangan dipajang dari belakang pintu geser, serta terdapat pintu lift dibagian belakang. bisa untuk pajangan rak sepatu atau bisa saja dagangan makanan ringan. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications