30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

KTM Tetap Pakai Rangka Karbon di MotoGP 2024, Detail Spesifikasi Diumumkan di Qatar

Automoto – Red Bull KTM ambil keputusan berani menggunakan rangka serat karbon baru yang mereka gunakan pada penghujung musim lalu.

Penggunaan rangka radikal itu menunjukkan bahwa KTM mampu mengimplementasikannya selama tes pramusim MotoGP 2024 ke area lain di RC16.

Manajer tim KTM Red Bull, Francesco Guidotti, mengonfirmasi bahwa sasis serat karbon 2023 akan terus digunakan pada awal tahun ini, tetapi spesifikasi mesin dan suku cadang aerodinamis akan ditentukan pada Tes Qatar mendatang.

Kecuali Honda dan Yamaha, desain mesin MotoGP dibekukan untuk musim ini pada putaran pertama, dengan sebagian besar pembaruan aero juga sangat terbatas.

Namun, tidak ada batasan pada pengembangan sasis, yang berarti KTM dapat memperkenalkan rangka serat karbon tahap kedua selama musim ini.

“Sasisnya kami gunakan dalam lima balapan terakhir,” kata Guidotti tentang paket KTM 2024.

“Ini [masih] merupakan sasis baru karena kami cukup berani memperkenalkannya di GP setelah tes singkat dan wild card dengan Dani Pedrosa di Misano,” lanjut Guidotti.

Menurutnya, KTM berani memperkenalkannya karena sebenarnya tidak tahu banyak tentangnya. Tapi ia menegaskan, perlu mendapatkan pengalaman dengan sasis tersebut dan KTM tahu bahwa pengetesan terbaik selalu terjadi saat balapan.

“Setelah pengujian di Misano, para pebalap sangat senang menggunakannya di GP, walaupun, menghadapi beberapa risiko,” tegasnya.

Meski hanya Brad Binder dan Jack Miller yang memiliki akses ke sasis serat karbon pada akhir tahun lalu, pebalap GASGAS Tech3 Pedro Acosta dan Augusto Fernandez juga memiliki desain komposit untuk tahun 2024.

“Untuk tes Qatar mendatang, kami harus memutuskan spesifikasi mesin dan tentu saja beberapa detail aero,” lanjut Guidotti.

“Dan di sisi elektronik, kami memulai dengan pengalaman baru, jadi kami masih memiliki banyak ruang untuk berkembang.”

“Dua hari ke depan akan sangat penting untuk memilih beberapa hal, tapi kami juga harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan balapan akhir pekan, dua minggu kemudian,” terangnya.

“Jadi, penting juga untuk mengumpulkan beberapa informasi nyata,” pungkasnya.

KTM menjadi yang terbaik setelah Ducati di klasemen pebalap, ke-4 melalui Brad Binder dan posisi konstruktor ke-2 tahun lalu.

Binder kembali menjadi pebalap KTM teratas di posisi ketujuh pada tes Sepang baru-baru ini. Tes Qatar berlangsung mulai 19-20 Februari.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications