34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Kompetisi Trial E Telah Dimulai Lagi, Gasgas TXE Siap Tempur

GasGas TXE yang telah berkali-kali meraih gelar juara di Trial E, sebuah kompetisi uji coba kendaraan listrik, kembali ke dunia kompetisi.

automoto – Piala Dunia Uji Coba E FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional), yang ditujukan untuk kendaraan uji coba listrik, dimulai pada tahun 2017.

Mulai tahun 2021, Uji Coba E dihentikan secara bertahap, dan mulai tahun 2022, kendaraan ICE (mesin pembakaran internal) dan kendaraan listrik akan bersaing bersama, yang berlanjut hingga hari ini.

GasGas TXE adalah motor listrik uji coba yang mendominasi di Trial  E dari 2017-2020. Pada tahun pertama, 2017, gelar tersebut diraih oleh Marc Colomé, pada tahun 2018 oleh Loris Gubien, dan pada tahun 2019-2020 oleh Alberto Cabestany.

A. Cabestany, Juara Trial E 2019-2020. Selain meraih kemenangan Trial E pertama berturut-turut, kami juga meraih gelar Trial E GasGas TXE selama empat tahun berturut-turut. (gasgas.com)

Saingan GasGas TXE adalah EM (Electric Motion) Perancis dan Yamaha TY-E, namun selama mengikuti Trial E hingga tahun 2020, mampu mengalahkan semua lawan-lawannya yang  kuat.

Perubahan Posisi pemasangan dan bentuk baterai

TXE baru yang dipercayakan kepada juara Trial 2 2022 Sondre Haga, mengikuti Spanish Trial Championship.

Ciri-ciri TXE lama adalah penerapan kopling dan girboks yang memanfaatkan teknologi mobil yang dilengkapi ICE, serta penerapan mekanisme idling yang memberikan efek gyro, namun hal tersebut sepertinya diwarisi oleh model baru.

Jika dibandingkan antara model baru dan lama, perbedaan terlihat jelas pada perubahan bentuk dan posisi pemasangan baterai.

Pada model lama, baterai dipasang secara vertikal di atas motor, dengan ujung atas menjangkau sekeliling kepala kemudi.

Sedangkan, model baru baterai dipasang horizontal di atas motor dan girboks, model baru ini memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dan massa yang lebih terkonsentrasi dibandingkan model lama.

Seperti disebutkan di atas, Kejuaraan Spanyol adalah panggung untuk pengembangan TXE, namun diharapkan akan tiba saatnya TXE juga akan berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia.

Jika sebuah motor listrik uji coba ini bisa memenangkan uji coba utama GP, maka hal ini secara otomatis akan menjadi prestasi pertama dan namanya akan terukir dalam sejarah uji coba selamanya.

Akankah Gasgas TXE ini bisa terus menjadi juara? Mari kita perhatikan perkembangan kedepannya.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications