28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Kei-Tora, Sub Kultur Modfikasi Mobil Pick-Up Kecil

Kei-Tora (truk ringan) diperkenakan dipasaran Jepang pada tahun 1949 setelah perang sebagai truk versi kecil berkubikasi 660cc yang mampu mengangkut barang hingga 350 kg.

Automoto – Kei-Tora awalnya adalah desain ulang dari sebelum Truk roda 3 kecil yang rawan kecelakaan.

Truk atau pick-up (Kei-Tora) beroda 4 merupakan solusi Jepang mengatasi kendaraan angkut roda tiga yang cenderung mengalami kecelakaan.

Kendaraan ini digunakan untuk mengangkut barang bidang pertanian, perikanan, konstruksi, bahkan untuk petugas pemadam kebakaran.

Konstruksi sasis model kotak yang relatif sempit dan kemampuan muat ditempat sempit atau jalan-jalan yang sempit bisa masuk. 

Di Jepang, Kei-Tora ( pick up/truk) adalah kendaraan yang sangat standar bagi banyak orang.

Umumnya terlihat didaerah pinggiran kota dan pedesaan karena kendaraan ini memiliki fleksibilitas tinggi untuk tujaan pengangkutan.

Penting untuk dicatat bahwa karena harganya juga relatif terjangkau sehingga panyak pedagang yang menggunakan kendaraan ini sebagai alat transportasi unggulan.

Jepang merupakan negara yang terkenal dengan kastem mobilnya, juga memiliki sub Kultur Kei-Tora yang gila yaitu Kei Tora Shakotan.

Karena seperti banyak tempat lain didunia dimana budaya mobil telah mengumpulkan antusiasme yang besar hingga terbentuk klub atau komunitas mobil tertentu.

Hal yang sama juga terjadi dengan kustomasi mobil-mobil JDM, di Jepang terdapat banyak sekali toko bea cukai dan perusahaan yang mendukung pertumbuhan budaya tersebut.

Tren modifikasi atau kustomasi truk yang dikenal dengan Kei-Tora walau tidak sama dengan mobil-mobil drift.

Ada beberapa orang terpilih yang membuat kei-tora mereka dibawa ke sirkuit lokal untuk mengikuti balapan drift lokal.

Banyak orang Jepang yang menghilangkan tampilan dasarnya dalam memodifikasi mobil truck tersebut.

Antara lain dengan penambahan side skirt, fender model kotak, gril depan, bumper, pelek, ban, airsus, chamber, lampu depan bahkan ditambahkan spoiler yang ekstrem.

Kei-tora yang paling umum sering dimodifikasi adalah Honda Acty, Suzuki Carry, Hijet Daihatsu dan Mazda Scrum, namun ada pula yang mengubah mobil 660cc mereka menjadi mobil drift. 

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications