28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Kawasaki Ninja e-1 Dan Z e-1 Siap Mengaspal Di Jepang

Kawasaki Ninja E-1 dan Z e-1 telah dirilis, ini merupakan motor listrik pertama Kawasaki di kelas dua moped yang dilengkapi dengan sistem regenarsi dan ruang penyimpanan tenaga.

Automoto – Pada tanggal 8 Desember 2023 baru lalu, Kawasaki motors Jepang telah mengumumkan rincian mengenai penjualan domistik model motor listrik Ninja e-1 dan Z e-1, kedua motor ini akan dirilis pada tanggal 13 Januari 2024.

Model sport elektrik untuk dua orang dan tergolong moped kelas dua.

“Ninja e-1” dan “Z e-1” diumumkan di luar negeri pada bulan September 2023. hal ini  sempat menarik perhatian sebagai model listrik pertama Kawasaki, namun baru akan dirilis di Jepang pada 13 Januari 2024.

Kedua mesin tersebut dilengkapi dengan rangka teralis berbasis Z400 dan dilengkapi dengan motor sinkron AC serta dua baterai khusus.

Motor ini diklasifikasikan sebagai motor Tipe 2 berdasarkan Undang-Undang Kendaraan Angkutan Jalan Raya, dan dapat dioperasikan oleh siapa saja yang memiliki SIM.

Motor reguler kecil terbatas AT atau lebih tinggi. Dengan kata lain, diperlakukan sama seperti skutik moped tipe 2 dengan nomor berwarna merah jambu.

Meski tidak bisa dikendarai di jalan tol, namun bisa untuk berboncengan, Kedua motor ini menggunakan peralatan dan mekanisme yang sama, namun memiliki gaya dan posisi berkendara yang berbeda,

Ninja e-1 memiliki penutup penuh yang unik sedang untuk Ninja Z e-1 memiliki bodi naked yang terlihat unik.

Motor ringkas menghasilkan kelauran tenaga maksimum 12PS dan torsi maksimum 4,1kgf・m. Outputnya sebanding dengan motor bebek kelas 2, namun torsinya setara dengan motor kelas 400cc.

Selain mode JALAN normal, kalian juga dapat memilih mode ECO, yang membatasi kecepatan dan menambah jangkauan. Kecepatan maksimumnya adalah 88km/jam di ROAD dan 64km/jam di ECO.

Selain itu, dilengkapi dengan “fungsi e-boost” yang meningkatkan akselerasi dan kecepatan tertinggi selama sekitar 15 detik.

Saat menggunakan fungsi e-boost dalam mode ECO, kecepatan maksimum meningkat menjadi 75km/jam. Dalam mode ROAD, kecepatan dapat ditingkatkan hingga 105km/jam.

Dilengkapi dengan dua baterai lithium-ion khusus, jangkauan jelajah saat terisi penuh adalah 55km untuk Ninja e-1 dan 53km untuk Z e-1 (keduanya diuji pada kecepatan 60km/jam di jalan datar).

Kotak penyimpanan daya

 

Kotak penyimpanan dipasang di bagian yang sesuai dengan tangki bahan bakar motor berbahan bakar bensin. Memiliki ruang penyimpanan dengan kapasitas 5L.

Jumlah yang pas untuk sarung tangan dan jas hujan, serta berat muatan maksimum 3kg. Diameter roda depan dan belakang 17 inci, serta suspensi menggunakan garpu tegak 41 mm di depan dan monoshock dengan tak 65 mm di belakang.

 

Remnya cakram tunggal depan dan belakang, dilengkapi ABS. format aerodinamis yang unggul sehingga terkesan memiliki daya jelajah yang lebih jauh.

Baterai pendukung

Motor tersebut  juga dilengkapi dengan sistem regenerasi yang mengembalikan energi selama perlambatan ke baterai, sehingga memperluas jangkauan jelajah.

Baterai dapat diisi menggunakan stop kontak rumah tangga, dan waktu pengisian setiap baterai kira-kira 3,7 jam untuk pengisian penuh dari 0% hingga 100%.

Pengisian daya sebagian dari 20% hingga 85% membutuhkan waktu sekitar 1,6 jam. Kurang lebih 3 jam dari 20% hingga 100%.

Kalian dapat melepas baterai dan mengisi dayanya, atau Anda dapat menyambungkan kabel ke bodi motor dan mengisi dayanya.

Dashboard menggunakan layar warna TFT 4,3 inci. Dapat dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth dan kompatibel dengan aplikasi “RIDEOLOGY THE APP MOTORCYCLE”.

Harga Motor Ninja e-1dan Z e-1

Harga kendaraan untuk “Ninja e-1” adalah 1.067.000 yen termasuk pajak, dan “Z e-1” adalah 1.012.000 yen termasuk pajak.

Dua baterai sudah termasuk, tetapi pengisi daya dan adaptor dijual terpisah dan mulai dari 38.610 yen termasuk pajak.

Kendaraan ini memenuhi syarat untuk subsidi Pusat Promosi Otomotif Generasi Berikutnya (subsidi CEV), jadi tergantung pada pemerintah daerah, subsidi dapat diterima pada saat pembelian.

Misalnya, jika Anda memiliki kartu penduduk di Tokyo, Anda dapat menerima subsidi CEV sebesar 120.000 yen dan subsidi Proyek Promosi Sepeda Listrik Tokyo sebesar 460.000 yen, dengan total 580.000 yen (per 8 Desember 2023) saat ini) .

 

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications