34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Isuzu 117, Mobil Sport Pertama menggunakan Mesin Diesel

Isuzu 117 adalah salah satu mobil Jepang pertama dengan body yang didesain sepenuhnya oleh seorang desainer asal Itali bernama Giorgetto Giugiaro

Automoto – Banyak orang yang salah kira ketika melihat Isuzu 117 ini secara sekilas, mereka biasanya mengira bahwa mobil ini adalah Fiat Dino, tidak usah heran karena memang kedua mobil tersebut dirancang oleh desainer yang sama dalam waktu 2 tahun.

Meskipun mobil ini tidak begitu terkenal di luaran negara Jepang, Isuzu 117 adalah mobil yang penting bagi isuzu dan otomotif Mobil di Jepang secara keseluruhan.

Isuzu 117 , photo – RM. southeby

Mobil tersebut adalah mobil sport pertama didunia yang menggunakan mesin diesel dan salah satu mobil pertama yang menggunakan mesin Double Overhead Cam (DOHC).

Proyek pengembangan mobil ini akhirnya di beri nama dengan Isuzu 117 yang dimulai sejak pertengahan tahun 1960-an, Jelas bahwa mobil sport diperlukan sebagai model Halo untuk menarik orang-orang untuk datang di pameran. 

Mesin diesel

Sama dengan pabrikan mobil Jepang lainnnya, Isuzu mulai memperoduksi mobil ini dibawah lisensi perusahaan Inggris yaitu Wolseley. awalnya bernama Tokyo ishikawajima Shipbuilding and Engineering Co.ltd.

Perusahaan yang kemudian diubah menjadi Isuzu yang awalnya membuat peralatan Knock-down kendaraan Woseley yang dikirim ke Inggris. kemudian berkembang menjadi mobil yang diproduksi dibawah lisensi Woseley di Jepang.

Pada tahun 1923 terjadi gempa besar “Kanto” di Jepang yang menghancurkan banyak jalur kereta api, jalan raya, gedung dan infrastruktur lainnya. Jepang hanya mempunyai sedikit produsen kendaraan berat pada saat itu, sehingga banyak kendaraan pengangkut tanah diimport dari Amerika Serikat untuk membantu pembangunan kembali. 

Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi Isuizu untuk mulai memproduksi Truk, saat itu hampir 100 tahun kemudian kendaaan berat masih menjadi andalan perusahaan Isuzu. pata pertengahan tahun 1960-an ketika mobil Jepang mulai populer di negara-negara luar Jepang karena harganya murah dan handal.

Beberapa pabrikan Jepang memutuskan untuk membuat mobil sport untuk membantu meningkatkan cirra mereka, hasilnya kini kita memiliki mobil seperti Toyota 2000GT, Datsun 240Z Honda S600 dan isuzu 117. 

dari pada memulai proyek mobil sport dari awal, Isuzu memilih menggunakan platform sedan Florian. hal ini sangat mempercepat pembangunan dan mengurangi biaya. tidak ada keraguan bahwa ia sangat memanfaatkan desain Fiat Dino, namun 117 adalah mobil sendiri walaupun mirip dengan sepupunya yang lebih tua dari Itali. 

Beberapa orang berpendapat selama bertahun-tahun bahwa Prince Skyline Sport Coupe adalah mobil Jepang pertama yang dirancang oleh desainer Italia (Giovanno Michelotti), karena jumlahnya juga tidak banyak sehingga banyak orang yang tidak mengakuinya kalau mobil tersebut bukan buatan Jepang sendiri. justru mazda Luce lah yang bisa dibilang yang pertama.

Ketika dirilis pada tahun 1968, Isuzu 117 ditawarkan dengan mesin 4 silinder horizontal 1,8 liter single Overhead cam (SOHC) yang menghasilkan power melalui transmisi manual 4 percepatan ke roda belakang. model selanjutnya akan ditawarkan dengan mesin DOHC, transmisi otomatis, manual 5 percepatan an kapasitas mesin menjadi 1,95 liter. 

Di jepang isuzu 117 dikultuskan menjadi mobil klasik selama masa keberadaannya, kombinasi mekanik Jepang dan body bergaya Italia dan berhasil dapat mengambil hati orang-orang Jepang sehingga mobil ini bisa diilang sukses.

Harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan Toyota 2000GT saat itu. selama masa produksi mulai dari tahun 1968 hingga 1981, Isuzu telah memporuksi sebanyak 86.192 unit. kemudian dilanjut dengan isuzu Piazza sebagai penerusnya dengan model Coupe.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications