34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Ini Dia Dinamometer Asli Pabrikan Ferrari

Ini adalah dinamometer mesin yang digunakan oleh pabrik Ferrari di Maranello pada tahun-tahun awal berdirinya perusahaan

Automoto – Mesin itu dibeli langsung dari pabrikannya pada tahun 1953 oleh dealer Belgia Jacquaes Swaters’s Garage Francorchamps, dan digunakan oleh mereka selama 30 tahun.

Kemungkinan besar untuk menguji mesin pelanggan, kemudian dibeli oleh seorang kolektor bernama Paul dan Chris Andrews dari Texas yang dipajang di galeri mereka.

Seperti yang bisa kita lihat dari photo yang ada dyno tersebut saat ini dilengkapi dengan Ferrari Colombo V12, khususnya unit mesin 4.0 liter

yang awalnya meninggalkan Pabrik dengan Ferrari 330 GT 2+2 , Mesin ini hadir dengan Dyno, dan perlengkapannya 100 persen masih dalam kondisi baik.

Siapa sebenarnya yang membuat Dyno ini tidak disebutkan, sebagian besar terbuat dari pipa baja berpenampang kotak.

Dudukan untuk radiator, dan bagian terpisah dibelakang mesin yang digunakan untuk melakukan pembacaan tenaga mesin sebuah mobil yang diuji.

Terdapat dasbor dengan tampilan yang memuat banyak pengukur Veglia yang sama dengan Ferrari pada masanya, termasuk Tachometer bermerek Ferrari. 

Dinamometer ini ideal untuk menyetel mesin dan menyinkronkan karburator sebelum digunakan, serta digunakan untuk uji coba mesin telah selesai servis

Cara menghidupkannya mudah

Untuk menghidupkan Mesin ini dengan cara memutar kunci kontak dan menekan sebuah tombol .

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 300 bhp pada putaran mesin 6.500 rpm dan dilengkapi dengan 3 karburator Weber 40 DCZ/6.

Radiator asli telah diganti dengan yang lebih modern dengan kipas listrik, aki juga telah diganti dengan unit yang lebih modern. 

Tentu saja dinamometer modern semuanya digital dan biasanya dihungkan dengan komputer sehingga mereka dapat menghasilkan informasi rinci tentang kinerja mesin.

Dyno kuno ini melakukan hal-hal sedikit berbeda, namun memberikan gambaran menarik tentang bagaimana hal-hal pada jaman dulu dilakukan.

Sekarang mesin dyno ini dijual di RM Sotheby sebagai hasil lelang  dari Miami yang akan diadakan pada awal Maret 2024.

Tafsiran harga antara $125.000 – $175.000 dan ditawarkan tampa syarat tamahan, jika kalain ingin memilikinya bisa lihat list pelelangan disini 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications