27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Filosofi Honda, Komunitas Honda dan Antusias Wajib Tahu!

Filosofi Honda, Merupakan kesenangan bagi Honda untuk membuat pelanggan senang dan puas, melayani manusia dengan tehnologi, dan tehnologi adalah untuk manusia, semangat honda terhadap manufaktur terus berlanjut mulai sejak perusahaan didirikan

Automoto – Dijaman modern, tidak ada interaksi manusia dan mesin yang lebih erat selain dengan motor, secanggih apapun tehnologi berkembang, yang terpenting adalah perasaan manuasianya. seperti filosofi yang Honda yang dijelaskan diatas.

Tidak akan pernah berubah, tidak akan pernah berubah motor yang menurut kebanyakan pengendara “Tak bakal Tergantikan dalam hidup mereka”. mereka cenderung menanggapi perasaan itu sekuat tenaga, dan menjadikan kehadiran yang membuat hati mereka berdebar.

Honda memberikan sayap kebebasan dan kepercayaan yang kaya sambil tetap dekat dengan orang lain, semua demi senyuman orang-orang diseluruh dunia. 

Arti Dibalik Logo Gambar “Sayap”

Burung Elang raja dari segala burung, dan sebuah patung dewa sosok tubuh bersayap dewa kemenangan (Nike Of Samothrace) Yunani yang menyimbolkan sebuah kemenangan

Nike of the Samothrace (dewa kemenangan Yunani)

Sekilas Honda melebarkan sayapnya keseluruh dunia, dikatakan ini sebuah simbol yang mewakili sebuah kemauan yang kuat untuk membuat langkah besar dan pergerakan otomotif roda dua yang bertenaga.

Sejarah Logo Sayap dan transformasinya

1947 awal-awal Logo Sayap  pada Honda Tipe A

Logo pada tangki model ramping ini merupakan logo pertama pada produksi Motor Honda. konon motifnya adalah motif patung Yunani dewa Nike dari Samothrace (Dewa Kemenangan). 

Desainnya didasarkan pada gambaran seseorang yang sedang berlari atau terbang dengan kecepatan tinggi, dan menyampaikan keinginan yang kuat untuk melakukan lompatan ke depan, serta dipadukan dengan pemikiran Soichiro Honda, logo ini diikuti oleh Honda Tibe B, C dan Dream D berikutnya

Honda tipe A

1951 Honda Tipe Dream E 

Honda memperkenalkan model Dream E pertama dengan mesin 4 tak, logo ini biasanya digunakan pada papan nama dealer dan barang cetakan seperti laporan bulanan Honda pada saat itu, dan dapat disebut sebagai logo atau simbol pertama Honda, tanda setelah Tipe A ini tidak lagi digunakan pada produk-produk tipe E awal.

1953 Honda mulai menggunakan logo motif Sayap ‘Benly”

Desain logo gambar sayap burung yang melebar, ide dibalik logo berbentuk dua sayap terentang ini adalah untuk melebarkan sayap dan terbang keliling dunia, sejak saat itu, Soichiro Honda berkata,” Honda bertujuan untuk menjadi yang terbaik didunia, buka yang terbaik di Jepang”. 

Dia mengatakan kepada semua orang,”Kami akan bersaing dipanggung dunia” bahkan diketika dia sedang mengembangkan model Benly.

Ia berbicara tentang desain plat Maskot yang dipasang di spatbor depan, sambil mengatakan,”Kami benar-benar ingin menekankan citra terbang keliling dunia, ada sebuah episode dimana dia menginstruksikan pengembangnya “Berikan padaku”.

Sekitar waktu itu, logo yang menggabungkan inisial Honda Motor HM dan Nama Mobil Dream mulai digunakan, Tanda HM telah muncuk pada iklan, papan nama, dan semua barang cetakan, menggantikan logo tersebut dengan motif manusia yang digunakan pada model Tipe A

Ada juga moment logo HM berdampingan dengan logo nama badan usaha

1955 awal dari logo sayap tunggal 

Honda tipe Dream SA

Seiring dengan logo yang menggambarkan terbang keliling dunia, sayap tunggal dipasang disisi kiri dan kanan tangki untuk menyesuaikan arah perjakanan guna lebih menekankan pergerakan, ini telah muncul sebagai merek dagang perusahaan terpadu dan muncul dalam iklan dan katalog honda.

1960  Mulai bermain dengan logo 3D hingga Ilustrasi (RC 143)

Berkompetisi dibalapan Isle of Man TT untuk pertama kalinya pada tahun 1959 dan memenangkan Team Facrtory award 125cc. Honda meraih  kemenangan pertamanya ditahun ketiga berpartisipasi diacara balap tersebut. 

Melalui tantangannya yang berani dalam balapan, Honda menyebarkan merek Honda dan logo Sayap ke seluruh dunia.

Racing
Komersial

Di tahun itu menggunakan 2 logo, satu untuk balap dan satu logo sayap untuk motor komersial.

1968 Pendaftaran merek perusahaan

Desain dasarnya tidak berubah dan diperbaharui menjadi desain linier dan sederhana, logo Wing (sayap) resmi ditetapkan sebagai merek dagang perusahaan, digunakan dari tahun 1968 hingga 2000)

1972 Logo Honda ditetapkan pada produk bernotasi HM pada gambar sayap 

Pada masa itu, pasar dalam negeri mulai berkembang dan jenis motor pun semakin beragam, untuk pertama kalinya.

Kombinasi logo Tulisan Honda dan Sayap digunakan , diterapkan pada model motor honda off-road, model On-road biasanya memiliki logo tulisan “Honda” di sebelah tangki.

Honda RC250M meraih kemenangan yang dramatis di All Japan Motorcross Round 6, GP Jepang pada tahun 1972.

Tangki model ini diberi logo sayap dan tulisan Honda, kombinasi ini menjadi umum pada model off-road yang kemudian tersedia secara komersial.

Pada bulan September tahun yang sama, motorcross komersial Honda pertama dipasarlkan yaitu Elsinore CR250M yang merupakan versi replika dari RC250M dirilis.

1988 

Pembaharuan logo sayap diterapkan pada produk untuk menandai 40 tahun berdirinya honda,  dan memasang logo wing baru pada motor honda karya HRC

2001  hingga sekarang 

logo sayap hingga sekarang ini

Pada tahun 2001, tulisan honda warna merak ditetapkan sebagai warna korporat, bersama dengan ini, logo sayap disatukan dengan warna merah.

Selain gambar lebih menarik yang dikaitkan dengan produk dan aktifitas motor sport, warna merah memilki kedalaman arti untuk mengekspresikan kualitas dan kemampuan tehnologi merek Honda.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications