27.9 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024

Ferrari 250 GT Lusso Tahun 1964, Sempalan Sejarah Yang Tersisa

Mobil Ferrari 250 GT Lusso  tahun 1964 ini pernah dimiliki oleh 2 orang pemilik yaitu Canadian Driving Champion dan Canadian Motorsport Hall of famer Eppie Wietzes, mobil tersebut masih menggunakan mesin V12 asli dan sekarang masuk biro lelang.

Automoto – Kata “Lusso” di sini diambil dari bahasa Itali yang artinya “Luxuary atau Mewah” , Ferrari 250 GT Lusso memang didesain sebagai mobil grand touring yang mewah, dibalik body yang mewah ini terselubung sasis, mesin dan suspensi yang berperforma tinggi yang digunakan pula pada Ferrari 250 GTO yang menjuarai FIA International Championship untuk versi GT pada tahun 1962, 1963 dan 1964.

Mobil Ferrari 250 GT Road Car Terakhir

Ferrari 250 series versi jalan raya dan balap didebutkan pata tahun 1952 dan diproduksi hingga tahun 1964, pada saat itu terjadi argumentasi bahwa Ferrari 250 merupakan model yang paling penting bagi perusahaan ferrari dan memiliki sejarah yang panjang, yang mampu menjadikan perusahaan ini sebagai produsen mobil balap terbaik didunia, dan mobil grand touring mewah berperforma tinggi.

Yang menjadi sorotan paling menarik dari seri 250 ini adalah Ferrari sudah sering kita dengar, termasuk Ferrari 250 Testa Rossa, 250 GTO, 250 GT California Spyder, 250 GT SWB dan juga 250 GT Lusso ini.

Ferrari 250 GT Lusso adalah mobil yang menjadi iterasi terakhir dari seri 250, setelah memasuki masa produksi pada tahun 1962 dan hanya tersisa sekitar 18 bulan sebelum digantikan oleh Ferrari 275 GTB pada tahun 1964. 

Sebagai serie terakhir, 250 GT Lusso mengalami perbaikan yang telah dilakukan selama rentang produksi sejak didebutkan pertama kali, mobil Lusso versi terakhir menggunakan sasis baja tubular yang diadopsi dari desain 250 GTO yang menjuarai banyak kejuaran, suspensi belakang juga diadopsi dari mobil tersebut dengan peningkatan menggunakan prosos aktif koil pegas konsentris semi elip dan menggunakan peredam kejut teleskopik.

Namun pada suspensi depan masih tetap menggunakan suspensi yang lebih tradisional, dengan menggunakan suspensi double wisbones dan koil pegas, serta dilengkapi rem cakram baik depan maupun belakang.

Untuk Body dirancang oleh Pininfarina, dibuat di karoseri Carrozzeria Scaglietti terbuat dari bahan baja, dengan panel bukaan berbahan alumunium termasuk pintu, kap mesin dan penutup bagasinya.

250 GT Lusso untuk pertama kalinya dipamerkan kepada khalayak umum di ajang Paris Motor Show tahun 1962 tapi masih berwujud prototip, namun model produk massanya hanya tinggal beberapa minggu lagi diluncurkan ke showroom setelah acara pameran tersebut.

Ferrari telah mengembangkan mobil ini untuk dimasukkan kedalam rentang model antara 250 GTE 2+2 yang ukurannya sedikit lebih besar serta menawarkan tempat duduk untuk 4 orang dan juga 250 GT SWB yang lebih sporty.

Selama jangka waktu produksi yang relatfif singkat ini hanya ada 351 unit Lusso yang telah dibuat, mobil ini terbukti cepat menjadi populer di kalangan pecinta Ferrari, khususnya di Amerika Serikat termasuk Steve McQueen dan Eric Clipton membelinya.

Meski Ferrari tidak pernah memiliki keinginan bahwa 250 GT Lusso ini untuk dijadikan mobil balap, Namun suku cadangan turunan untuk balap disediakan dan oleh karena itu banyak para pembalap pribadi ikut berkompetisi dengan menggunakan mobil ini.

Ada banyak ajang balapan mobil berskala kecil yang diikuti termasuk ajang balap berskala besar seperti Targa Florio 1964 dan 1965 serta Tour De Fracne ditahun yang sama.

Saat ini 250 GT Lusso dipandang kembali oleh banyak orang sebagai salah satu mobil yang terindah pada saat itu, dan beberapa orang beranggapan sebagai salah satu mobil terindah yang pernah dibuat oleh Ferrari. 

Semakin hari harganya semakin meningkat mahal, beberapa tahun lalu mobil ini dihargai ratusan ribu dollar, sekarang setidaknya menjadi 7 digit untuk meminangnya. 

Siapakan Eppie Wietzes 

Egbert “Eppie” Wietzes adalah seorang pembalap yang berkompetisi di Formula satu, an-Am, Formula 5000 dan Trans-Am. Saat ini Ia paling dikenang oleh banyak penggemar balap mobil karena Ia telah memenangkan seri Trans-aM tahun 1981 dan menjadi juara di kejuaraan balap canada berturut-turur pada tahun 1969 dan 1970.

Hal yang meanrik adalah ketenaran dari Eppie Wietzes lainnya adalah bahwa Ia juga merupakan seorang pengemudi safety car pertama di Formula satu, Ia membuat cacatan sejarah saat turun ke trek balao dengan menggunakan mobil Porsche 914 di Grand Prix Canada tahun 1973 setelah mengalami kecelakaan serius yang mobil Francois Cevert dan Jody scheckter.

Eppie Eietzes lahir di Assen, Belanda pada tahun 1938 tetapi pindah ke Canada ketika Ia berusia 12 tahun, meskipun ia berkewarganegaraan ganda, ia selalu menekankan identitasnya sebagai warga Canada, sehingga Ia dilantik menajdi salah satu anggota Hall of Frame Motorsport Canada pada tahun 1993.

Ferrari 250 GT Lusso yang ada disini 

Mobil 250 GT Lusso yang automoto tomodachi lihat di sini awalnya setelah diproduksi langsung dikirim ke pemilik pertamanya di Italia, melalui Garage La Rotunda milik Renato Nocentini di Prato, Italia. 

kehidupan awal mobil tersebut sebagian besar telah hilang dari sejarah, yang kita ketahui adalah mobil tersebut di ekspor ke Amerika Serikat pada tahun 1969, kemudian dibawa ke Canda dan dijual ke Eppie Eietzes pada akhir tahun 1972. 

Eppie Eiwtzes memiliki mobil tesebut untuk jangka waktu tertentu sebelum menjualnya, kemudian sampai ketangan beberapa peminat, dalam perjalanannya mobil tersebut disempurnakan dengan warna cat hitam dan interior kulit warna hitam.

Pada tahun 1994 mobil tersebut dikirim ke Perusahaan mobil legendaris Halton Hills yang menyempurnakan sasisnya, pelek dan body, mesinnya dibangun kembali oleh Alfieri International Automobils dari Toronto.

Dan hingga akhirnya mobil tersebut dieprbaharui lagi dengan warna yang sekarang bisa automoto tomodachi lihat di photo, mobil tersebut kini masuk ke biro lelang RM Sotheby’s dengan tafsiran harga $1.500.000 hingga 1.800.000 tanpa syarat..bila ada diantara kalian yang tertarik bisa cek disini

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications