25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Indian Four 1940 Milik Steve McQueen Superstar Hollywood

Memiliki Motor antik Indian Four itu sangatlah istimewa bagi setiap Kolektor, lebih istimewa lagi bila motor tersebut memiliki sejarah penting atau bekas milik seorang superstar Hollywood yang juga sebagai pembalap legendaris, siapa lagi kalau bukan Steve McQueen.

Automoto – Motor Indian pertama milik Steve McQueen yaitu Indian Chief tahun 1946 yang sangat disukainya, namun pacarnya tidak menyukainya bila menaiki motor kesayangannya harus duduk diatas sidecar. 

Fakta tentang Indian Four tahun 1940 
  • Indian Four pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan motor Indian Motorcycles manufacture Company pada tahun 1928 dan berhenti diproduksi pada tahun 1942 karena pecahnya perang dunia ke-2,  body motor ramping dan menggunakan model mesin inline-four yang berbeda dengan motor-motor lain pada saat itu, dimasa sekarang ini banyak para kolektor yang memburunya.
  • Indian Four dirancang dengan inspirasi dari model motor Ace Four yang memiliki performa tinggi dengan mesin 4 silinder buatan Ace Motor Corporation. Pada tahun 1927 perusahaan Indian membeli perusahaan Ace motor Corporation lalu menggabungkan desain dan tehnologi dari keduanya.
  • Pada awalnya menggunakan mesin Inline-four 1.260 cc dan setiap tahunnya mengalami beberapa perubahan untuk menyempurnakan performa dan ketangguhannya. pada tahun 1936 perusahaan Indian memperkenalkan desain mesin baru yang dikenal dengan “Upside-down” dengan knalpot dibawah dan intake di bagian atas, namun karena ada masalah mudah terjadi overheat maka perusahaan kembali menggunakan desain mesin aslinya yang dirancang pada tahun 1937.
Sekilas tentang Indian Four 

Lahirnya Indian Four ini setelah di akuisisi perusahaan Ace Motor Corporation oleh Perusahaan Indian pada tahun 1927. Dari motor Ace Four yang memiliki performa tinggi digabungkan dengan desain dan tehnologi yang dimiliki oleh Perusahaan Indian. saat itu Mesin inline-four tergolong sebagai mesin yang canggih. 

Secara resmi Indian four menggunakan mesin inline-four 1.260cc, namun setiap tahunnya telah mengalami beberapa perubahan-perubahan dan dimodifikasi agar memiliki performa dan ketangguhan yang lebih baik. hingga akhirnya pada tahun 1936 diperkenalkan  mesin baru dengan desain terbalik dimana pipa knalpot dipasang dibawah dan intake knalpot dipasang dibagian atas untuk meningkatkan performanya. 

Dengan desain mesin baru yang mereka rancang memang berhasil meningkatkan performa motor, namun mesin cepat panas dan mudah terjadi overheat, setahun kemudian diganti kembali menggunakan mesin asli mereka. 

Pada tahun 1938 mengalami perubahan desain secara besar-besaran yang ternyata motor ini akhirnya menjadi motor legendaris, ubahan yang ada yaitu pada Fender skirt tambahan yang ternyata menambah keindahaannya, sistem suspensi di upgrade dengan suspensi belakang menggunakan model suspensi Plunger demikian pula dengan garpu bagian depan, akibatnya handling nya terasa lebih mudah dikendarai. 

Produksi tahun 1941- 1942 kubikasi mesin ditingkatkan menjadi 1.279 cc dan sistem pendinginan mesin dimodifikasi, tidak lupa crankshaft nya, namun setelah pecahnya perang dunia ke-2 produksinya dihentikan. setelah perang dunia ke-2 usai, pada tahun 1945 diproduksi dengan mesin V-Twin.

Indian Four tahun 1940 Milik Steve Mcqueen 

Motor Indian Four tahun 1940 yang ada di photo ini adalah milik Steve Mcqueen dan telah dilakukan restorasi, mesin aslinya dicopot, diperbaiki secara detail sesuai dengan aslinya. walaupun motor pertama bagi Steve McQueen ini yaitu motor besutan Indian namun dia lebih sering mengendarai motor Triumph TR6 dan Husvarna 400 Cross koleksinya. 

Motor milik steve McQueen ini sudah beberapa kali dilelang dan berpindah tangan, awalnya pelelangan dilakukan di Steve McQueen Estate Auction di Imperial Palace pada bulan November 1984 dengan lot sebanyak 592, motor tersebut masih dilengkapi dengan dokumen-dokumen asli milik Steve McQueen, termasuk sertifikat keasliannya. 

Setelah terjual dan dimiliki selama 30 tahun oleh pemiliknya hingga tahun 2013, motor ini terjual ke pemilik baru yang berkebangsaan Belgia. Kilometer yang tampak pada odometernya yaitu 8.988 mil dengan kondisi setelah dilakukan restorasi terakhir hingga sekarang sudah tampak beberapa bagian yang terlihat Patina. pada tanggal 22 Mei 2023 baru lalu motor ini terjual dengan harga penawaran tertinggi senioai 119.500 Euro. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications