28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Eletric Unicycle, Kendaraan Listrik Roda Satu Ini Bisa Didapatkan DI IIMS 2024

Kendaraan Roda Empat listrik namanya mobil listrik, Kendaraan Listrik roda dua namanya Motor Listrik, Kendaraan listrik Roda satu namanya Eletric Unicycle (EUC)

automoto – Di Indonesia kendaraan listrik roda satu atau yang biasa disebut dengan Eletric Unicycle (EUC) masih tergolong baru, UEC merupakan kendaraan listrik roda satu dengan desain dan ukuran beragam dan harga yang berbeda-beda pula.

Ada yang seukuran tas koper ukuran medium, ada yang agak lebih besar, Euc ini bisa kalian liat di IIMS 2024 tepatnya di booth Xtreme Wheel yang ada di hall B, Jiexpo kemayoran selama masa pameran berlangsung.

Kendaraan unik dengan satu roda ini sebenarnya sudah ada sekitar 3 tahun lalu, sehingga sudah terbentuk beberapa komunitas untuk kendaraan yang satu ini, salah satunya adalah komunitas EUC.OI ( EUC owner Indonesia).

Pengunjung IIMS 2024 bisa melihat aksi-aksi di lapangan outdoor atau diseputar area pameran, anggota komunitas EUC melakukan aksi-aksinya, manuver hingga jumping menarik perhatian para pengunjung IIMS.

Kalian yang penasaran dengan kendaraan unik yang satu ini bisa langsung datang ke booth eXtreme Wheel atau bisa bertanya-tanya kepada mereka secara langsung, bahkan mereka tak enggan untuk mengajari bagaimana cara menggunakan atau mengendarai kendaraan ini.

Komunitas EUC.OI setiap minggunya pasti mengadakan sunmori atau juga melakukan kegiatan touring bersama menggunakan kendaraan listrik roda satu ini. bahkan mereka juga pernah melakukan touring dari Bandung Ke NTT menggunakan EUC.

Terlihat salah satu pengunjung IIMS tertarik untuk bencoba kendaraan ini, dan mereka dengan sabar mengajari, “ada yang langsung bisa, ada yang butuh berminggu-minggu ada yang 1 jam tergantung keberanian si calon pengguna” Jelas salah satu anggota EUC yang bertugas di IIMS.

Bahkan sekarang Ia sering menggunakan kendaraan listrik satu roda ini ke kantor, karena kendaraan ini hemat, bisa mencapai jarak hingga 120 km dalam kondisi penuh. tapi bila mengendarai kendaraan ini juga harus menggunakan protektor penuh.

Untuk awal-awal pakai, sebenarnya tergantung orangnya, tapi rumus generalnya adalah untuk belajar jalan seimbang lurus saja mungkin butuh waktu 1 jam. Terus ada belajar beloknya, terus speeding-nya, belajar ngerem segala macam.

Kalau untuk awal-awal di jalan raya itu mungkin butuh latihan seminggu, tapi kalau sampai benar-benar mahir di jalan raya harus 500 km jam terbang.

Cara perawatannya seperti apa? Dan mengeluarkan biaya perawatan berapa?

Untuk cara perawatannya, EUC itu minimalis banget. Jadi, sangat jarang banget rusak dan jarang butuh perawatan karena cuma terdiri dari baterai motherboard sama motor, ban, dan enggak ada ganti oli.

Paling perawatannya perlu mengecek apakah ada baut yang kendor, kabel yang kendor, secara berkala setiap 1000 km saja. Jadi, sangat murah dan hampir enggak ada biaya sama sekali.

Garansinya itu untuk part garansinya 1 tahun. Misalnya, pedalnya bermasalah, nah itu ada 1 tahun garansi dan untuk baterainya 6 bulan.

Tergantung, ada yang murah, ada yang sedang, ada yang mahal. Yang paling mahal adalah batre, hampir setengah dari harga Eletric unicycle.

Untuk pengisian daya ini, sekali isi itu, kalau pake charger bawaanya sekitar 8,5 jam, tapi kalau menggunakan fast charger itu hanya 3,5 jam. Kalau sudah penuh, bisa menempuh sampai 200 km. Ini tergantung dari unitnya.

Yang paling sulit itu ketika jalanya adalah  kombinasi. Jalannya nanjak, tapi jelek. Jelek dalam arti kaya berbatu dan yang lebih susah lagi adalah nanjak banget terus sambil berkelok-kelok dan jelek. Itu yang paling susah.

Ada tips, khususnya bagi pemula yang ingin beli EUC, itu bisa beli di mana dan apa yang harus diperhatikan sebelum membeli EUC ini?

Bisa beli di Wheel Dimension, lokasinya di kota Bandung. Untuk yang di luar kota, bisa beli di Wheel Dimension lewat marketplace.

Untuk pemula lebih baik beli wheel yang ukurannya relatif lebih kecil, karena lebih ringan jadi lebih mudah untuk dipelajari, harganya sekitar 9-15 jutaan hingga 60 jutaan.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications