34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Clean Cafe Racer Berbasis Yamaha SX225 Besutan Jowo Kustom

Dunia motor kustom di Indonesia makin marak, terbukti banyak kita jumpai para pengendara motor kustom dijalanan yang menggunakan motor kustom kesayangannya sebagai motor harian.

Automoto- Salah satu builder motor kustom yang menjadi favorit di Indonesia adalah Jowo Kustom dengan hasil karya-karyanya yang selalu bikin orang-orang melirik saat berdampingan di lampu merah atau yang berpapasanpun pasti akan meliriknya.

Jowo Kustom di dirikan oleh Yohanes Marse (Anes) yang dinobatkan sebagai seorang yang bertalenta dan menjadi barometer dalam dunia kultur motor kustom. baginya membangun sebuah motor kustom itu ibarat sebuah seni yang mengalir dalam jiwanya. 

Salah satu motor donor yang kerap kali dijadikan sebagai bahan motor kustom antara lain Yamaha SX225 alias Scorpio 225, dimana ubahan motor berdonor Scorpio 225 ini diubah menjadi sebuah motor kustom bergenre cafe racer yang terinspirasi dari motor BMW Motorrad yang di garap oleh Sylvain Bernero berjuluk “Holographic Hammer”.

influencer

Yohanes Marse mendirikan Jowo Kustom sejak tahun 2014, dalam kehidupannya telah banyak kultur kustom yang telah dipelajarinya sejalan dengan perkembangan dunia kultur motor kustom, diakuinya bahwa di Indonesia sendiri banyak builder-builder bertalenta yang menjadi influencer, dari situlah Yohanes banyak belajar dan terinspirasi, sehingga dalam jiwanya mengalir jiwa seni yang kuat saat membangun motor, dibengkel Jowo Kustom ini dia dibantu oleh 2 orang tim nya dan beberapa tenaga tambahan yang selalu membantu proses pembangunan sebuah motor.

Ketika diminta untuk membangun sebuah motor kustom berdonor yamaha SX225 alias Scorpio besutan 2005 dari salah satu kustomernya yang menginginkan motor kustom berkonsep sederhana tapi menawan. setelah diskusikan dan memberi saran perencanaannya si kustomernya setuju maka direalisasikanlah motor kustom bergenre cafe racer ini.

Pada dasarnya project kali ini terinspirasi dari salah satu motor kustom berdonor BMW dengan konsepnya neo-caferacer, namun Jowo Kustom mencoba untuk membangun sesederhana mungkin. kendati demikian setiap proyek yang dikerjakan memiliki gaya dan rasa tersendiri, sedang Jowo kustom. maka dibangunlah motor cafe racer yang sederhana, ringan namun tidak biasa.

Ubahan-ubahan yang dilakukan antara lain subframe di copot dan diganti dengan desain baru,  swing arm, hornet cafe racer (jok buntut tawon), dan sistem knalpotnya dibuat dengan tangan (handmade).

Untuk tangki bahan bakar menggunakan tangki Yamaha RX100, per bagian dalam dari garpu dipotong 15 cm dan dipasang terbalik, sehingga posisi mengendarai motorr sedikit lebih rendah dan shock breaker belakang berukuran 36 cm.

Dalam proses perancangannya dari sketsa hingga jadi sebuah motor custom cafe racer yang sederhana tapi unik ini cukup memakan waktu lama, terutama Hub depan dan belakangnya, dengan jerih payah tim yang hebat alhasil proyek tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi Jowo Kustom. untuk lebih jauh melihat karya-karyanya silahkan follow IG : @jowokustom

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications