29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Sejarah Tranformasi Honda CB 750, Superbike Honda Pertama

Honda CB 750 adalah motor yang membuat perusahaan asal Sakura ini melejit, perjalanan Honda untuk meraih sebuah keberhasilan ini lantaran belajar dari pengalaman, persiapan yang matang, dan perhatian yang seksama serta sangat detail. setelah perang dunia, pada tahun 1950-an hingga 1960-an saat itu produk-produk Jepang selalu mendapatkan cemooh dari orang-orang Inggris. 

Automoto – Ejekan-ejekan dari Orang Ingris ini kerap kali dijadikan lelucon, sehingga Jepang memulai bangkit, Jepang sendiri mengalami banyak kerusakan setelah terjadinya perang dunia, lambat laun Jepang mulai unjuk gigi guna memperbaiki kehancuran negaranya, dengan memperbaiki semua produk-produk yang mereka hasilkan secara hati-hati. Produk Kamera, kacamata dan barang eletronik adalah hal yang pertama kali diperbaiki.

Saat itu produk motor juga berpeluang besar dipasaran, walau industri kendaraan motor Jepang masih tertinggal jauh dari pabrikan-pabrikan motor asal Amerika, Inggris, Italia dan Jerman, namun Jepang terus berupaya untuk tetap memproduksi motor guna menyaingi produk-produk motor yang sudah beredar saat itu dengan prinsip yang mereka miliki. mereka tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus tidak dilakukan.

Jepang mulai memproduksi motor kembali selepas perang dunia ke-2, motor-motor berukuran kecil saat itu permintaan pasar sangat tinggi di Asia. tidak luput untuk memenuhi kebutuhan orang-orang asia atas motor berukuran kecil, perusahaan Honda mulai merancang model dan mulai memproduksi motor kecil.

Sejalan dengan meningkatnya permintaan pasar Asia akan motor dan setelah mulai stabil, Jepang mulai melebarkan sayapnya untuk memasarkan motor mereka ke Amerika mulai tahun 1959. karena penduduk di Amerika di tahun 50-an hingga 60-an jarang dan bahkan tidak terlihat orang-orang mengendarai motor berkubikasi 125cc, kebanyakan dari mereka mengendarai motor yang lebih besar, ternyata pasaran motor di Asia dan Amerika sangatlah berbeda. 

Di Amerika sendiri motor itu bukan semata hanya sebagai kendaraan transportasi saja, namun di kendarai oleh para antusias, komunitas sebagai sarana untuk berekreasi. dari sinilah Honda mulai melakukan riset dan membuat konsep motor yang cocok untuk pasaran Amerika. 

Motor Honda Pertama yang dipasarkan di Amerika yaitu Honda CB450 yang dibekali dengan mesin berkubikasi 500cc seperti yang banyak digunakan di Eropa seperti motor Triumph dan Norton. tetapi Di Amerika sendiri lebih banyak beredar motor gede seperti harley-Davidson dengan mesin yang lebih besar pula.

Dari hasil riset nya honda menemukan bahwa kapasitas mesin yang besar dan torsi yang rendah adalah motor yang cocok bagi para antusias motor di Amerika. untuk memasarkan di Amerika itu Motor harus besar dan menyenangkan serta bertenaga, begitu analisa Soichiro Honda dan tim nya untuk mengatasi masalah pasar motor di Amerika.

Pada tahun 1967, Bob Hansen selaku Honda Amerika service Manager terbang ke Jepang untuk bertemu dengan Soichiro Honda untuk mempresentasikan beberapa ide. Bob Hansen ingin Honda membangun motor yang didiskripsikan sebagai “King of Motorcycle”. saat itu Soichiro Honda juga mendengar desas desus bahwa pabrikan motor Triumph sedang membuat mesin 3 silinder 750cc. 

Akhirnya Soichiro Honda memutuskan membuat mesin baru 4 silinder 750cc, untuk karburator motor baru yang akan dibangun dan diharapkan menyandang gelar ‘King of Motorcycle”. dan berusaha untuk membuat mesin yang tidak mudah bocor olinya, agar tidak di ejek Inggris lagi.

Membutuhkan waktu selama 1 tahun untuk membangun motor tersebut dan kemudian dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 1968. setahun kemudian dipamerkan di Internasional Motor show di Inggris. saat itu Inggris merupakan pusat berkumpulnya para antusias motor dan banyak bermunculan komunitas-komunitas motor. 

Honda yang dipamerkan di ajang tersebut setara dengan Motor baru Triumph Trident 750cc, BSA Rocket 750cc dan Norton Comando 750cc. persaingan semakin ketat, motor Honda didesain dengan handlebar yang agak lebar dan tinggi berbeda dengan motor-motor yang ada di Eropa, karena memang berniat untuk dipasarkan di Amerika. 

Beberapa fitur Honda juga ada pada motor Triump, BSA dan Norton, sama sama memiliki eletrik starter dan rem cakram depan hidrolik. kelebihannya mesin 4 silinder buatan Honda lebih halus dibanding Norton, alhasil Honda CB750 ini mendapat banyak sorotan dan review dari banyak media.

Mesin Honda CB 750 cc ini dilengkapi dengan single overhead camshaft, push button start, dan rem cakram yang pakem, mesin 4 silinder ini terhubung dengan karburator dan knalpot megaphone yang menghasilkan suara motor yang gahar. dan penjualannya mulai laris manis.

Pada tahun 1970 Asosiasi motor Amerika melakukan perubahan pada peraturan balap yang dulunya lebih mengutamakan mesin harley-davidson 750cc dan mesin 500cc, akhirnya pada tahun 1970 peraturan baru dibuat dengan aturan disama ratakan yaitu 750cc, Honda CB 750cc akhirnya ikut berkompetisi di Daytona 200 mil yang dikendarai oleh Dick Mann dan berhasil meraih podium 1.

Diawal tahun 1969 hingga akhir taun 1978, Honda CB 750cc memiliki 7 varian model antara lain:  

  1. Honda CB 750K0 – model awal dengan rumah mesin sand-cast yang mudah retak dan putus rantai, model ini berakhir diproduksi hingga 21 September 1970.
  2. Honda CB750K1 – Varian ini memiliki penutup mesin samping yang lebih kecil tanpa ventilasi seperti yang ada pada K0, sistem kabel gas yang awalnya menggunakan 4 kabel diganti menjadi 2 kabel, satu kabel untuk membuka throtte satu lagi untuk menutup, produksi varian ini hingga pada bulan Februari 1972
  3. Honda CB 750K2 – varian ini dilakukan perubahan desain lampu belakang yang dipasang reflektor samping yang lebih lebar, garpu depan di chrome dan lampu depan berwarna hitam. 
  4. Honda CB 750K3 – diperkenalkan pada tahun 1973 dengan tangki bahan bakar didekorasi dengan paiint- stripping warna hitam dengan aksen warna putih dipadukan dengan warna yang berbeda-beda.
  5. Honda CB 750K4 diperkenalkan pada tahun 1974 dengan rancang bangun mesin yang sama tanpa ada perubahan tetapi yang berbeda terdapat pada warna Cat dan stripping nya.
  6. Honda CB 750K5 diperkenalkan pada tahun 1975, instrumen yang ada ditekankan pada warna hijau gelap dan spedo meter  penunjuknya berinterval 10 mph yang awalnya berinterval 20mph.
  7. Honda CB 750K6 diperkenalkan pada tahun 1976, instrumen ditegaskan dengan warna yang lebih terang dengan warna latar belakang hijau, tahun 1977dan 1978 dilakukan revisi dan didesain ulang pada model tangkinya. jok motor dibuat lebih rendah dan pelindung panas di knalpot dihilangkan. mesin motor sudah menggunakan mesin SOHC dan cenderung menjadi masih belum menjadi incaran bagi para kolektor yang menyukai motor kustom. hingga akhirnya pada tahun 1979 Mesin Honda CB 750 SOHC berkurang dan diganti 749cc DOHC.

Honda CB 750 merupakan transformasi dari motor-motor berkubikasi kecil dan murah harganya menjadi motor produksi Honda yang dipertimbangkan sebagai motor Superbike resmi Honda. motor inilah yang berhasil mengalahkan motor-motor Ingris terutama kecanggihan pada sistem pengeremannya, serta fitur eletrik starternya, sehingga keamanan mengendarai CB lebih aman hingga akhirnya tercetuslah semboyan “Honda memang bisa diandalkan”.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications