27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Chevrolet Corvette 1968 Di Curi, 37 Tahun Baru Kembali Ke Pemiliknya

Ceritanya Chevrolet Corvette Tahun 1968 ini memiliki kisah yang luar biasa dibaliknya, mobil tersebut dicuri dari Alan Poster, pemilik pertamanya yang berdomisili di New York pada tahun 1968.

Automoto – Alan Poster membeli mobil Chevrolet Corvette tahun 1968 ini dalam keadaan gress seharga 6.000 dollar saat itu sialnya Ia hanya sempat menikmati dan memiliki mobil tersebut selama 3 bulan saja sebelum dicuri.

Alan Poster melaporkan kecurian mobil tersebut ke polisi tetapi penegak hukum memperingatkannya bahwa Ia tak akan melihat mobil tersebut kembali, Alan tak mampu membayar asuransi mobil, jadi pria berusia 26 tahun itu hanya bisa membayar senilai 6.0000 dollar namun tak memiliki fisiknya.

Hampir 40 tahun berlalu sebelum teleponnya berdering yang ternyata dari pihak yang berwenang memberitahukannya bahwa mobil yang telah dicuri 37 tahun silam sudah ditemukan.

Stingray 

Mobil generasi ke-3 memiliki perbedaan yang tidak biasa karena mobil ini termasuk produksi yang pertama (bahkan satu-satunya) yang dikeluarkan modelnya dalam bentuk die-cast dari Hotwheel.

Chevrolet telah sangat berhati-hati untuk menjaga kerahasiaan tampilan akhir mobil tersebut, namun karena adanya salah komunikasi dengan pihak Hotwheel maka “Custom Corvette” resmi dari GM ini dirilis sebelum mobil produksi sebenarnya diluncurkan,  menunjukkan kepada dunia meskipun dalam skala 1:64.

Mobil Konsep Mako Shark II tahun 1965 | image Courtesy Bring a Trailer

Desain Chevrolet C3 Corvette sangat mirip dengan mobil konsep Mako Shark II yang didesain oleh Larry Shinoda pada tahun 1965. Produk akhir dari model C3 dan Mako Shark II terlihat sangat mirip.

Untuk mengurangi biaya dan mempercepat waktu pengembangan model C3 ini maka menggunakan chassis yang digunakan oleh C2, walupun hal ini terdengar tidak ideal, namun perlu diingat bahwa pada tahun 1967 suspensi Independen dan rem cakram merupakan tehnologi terdepan saat itu dan kebanyakan mobil masih menggunakan poros belakang aktif dan rem tromol.

Awalnya dirancang sebagai mobil berbodi Fiberglass, karena bahan ini terhitung sangat ringan, tahan karat dan lebih mduah untuk dibentuk menjadi model yang rumit bila dibandingkan dengan bahan plat baja.

Interior model baru diaplikasikan pada model C3, ditawarkan model Convertible dan coupe, meskipun model coupe memiliki fitur T-Top dengan bagian atap yang dapat dilepas diatas jok pengemudi dan bisa disimpan dibagasi. 

Mesin yang digunakan V8 blok kecil dan besar, mulai dari V8 305cc dan 327 cc hingga V8 454 cc, pelanggan bisa memilih baik yang dilengkapi dengan Transmisi otomatis Turbo-hidramatis 3 percepatan dan transmisi manual 4 percepatan.

Mesin V8 327cc yang sempat menjadi populer dengan keluaran tenaga sebesar 350 bhp,  sementara bobot mobil seberat 1.597 kg, kecepatannya lebih cepat dari mobil-mobil lain pada saat itu. mesin dengan versi blok besar mengahasilkan tenaga jauh lebih kencang dibanding dengan blok kecil dan cocok untuk mobil dragrace.

Seperti halnya mobil sport amerika pada umumnya saat itu, tenaga mesin masih berkurang  setelah tahun 1960-an dan 1970-an, karena adanya perubahan peraturan pemerintah soal emisi sehinggamenghasilkan power sebesar 190bhp, dan penggemar corvette biasanya mencari yang bumpernya di chrom produksi tahun 1967 hingga 1972.

Chevrolet Corvette 1968 yang telah lama hilang di Lelang 

Adalah sebuah mimpi buruk bagi pemilik mobil bila kendaraannya dicuri, ditambah lagi mobil tersebut belum diasuransikan dan masih bayar dp nya saja, seperti yang dialami oleh Alan Poster pada bulan januari 1969. poster yang berusia 26 tahun saat itu telah mengeluarkan uang DP untuk membeli mobil Corvette Stingray baru seharga $ 6.0000 saat itu setara dengan $17.682 di tahun 2023. 

Suatu hari Ia meninggalkan mobil tersebut diparkiaran Manhattan dan setelah kembali dalam beberapa menit mobil tersebut telah raib dari pandandangan matanya, mobil tersebut hilang tanpa jejak. lalu Ia melaporkan ke pihak yang berwajib tapi harapannya pudar , mobil sudah hilang dalam waktu seminggu, berganti bulan dan tahun serta berganti dekade.

Ia kehilangan semua harapannya untuk melihat mobil tersebut kembali, sampai suatu hari dibulan Januari tahun 2006, hampir 37 tahun sampai sehari mobil dicuri, Ia menerima telepon dari polisi bahwa mobilnya telah ditemukan.

Poster tidak percaya, sejarah sebenarnya dari mobil tersebut sebagian besar telah hilang dicuri, yang diketahuinya hanyalah bahwa mobil tersebut telah dicat ulang dari Warna Le Mans Blue (414) menjadi warna perak dan mesin asli V8 327 telah diganti dengan mesin blok besar. 

Mobil tersebut muncul ketika pemiliknya saat itu, yang tidak tahu apa-apa tentang masa lalu dari mobil tersebut, telah memasukkan Nomer Mesin VIN kedalam beberapa dokumen isian ekspor mobil di Swedia untuk dikirim ke pemilik barunya.

Dari Vin yang diimput no VIn mobil curian ini, maka Alarn di kantor tersebut berbunyi, akhirnya mobil tersebut kembali kepemilik pertamanya yaitu Alan Poster. kisah dari mobil Corvette stingray ini kemudian dipublikasikan di media New York Times, New York Post, dan beberapa assosiasi media press, serta surat kabar dan majalah lainnya, termasuk sekarang di automoto, kisah ini juga muncul di diacara TV show Goodmoring Amerika dan Early show.

Berbagai komunitas mobil Corvette membantu Alan Poster untuk mengembalikan mobil tersebut ke kondisi awal, media CorvetteAmerica.com menyumbangkan suku cadang senilai $15.000 dan proses restorasi dilakukan dibengkel California Classics, mereka juga memasang mesin 327 V8 aslinya.

Dalam waktu 17 tahun sejak mobil tersebut di restorasi, Alan poster kemudian menyimpannya dan kini Ia memutuskan untuk berpisah dengan mobil tersebut dan meneruskannya kepada peminat baru. maka masukkanlah mobil tersebut didaftar lelang di Bring a Trailer, California dan terjual senilai $40.0000

Image Courtesy Of Bring a Trailer

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications