29 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Caferacer Yamaha XS650 Besutan Yasashii Garage Bandung

Automoto – Dijabarkan dalam kamus Merriam Webster bahwa difinisi “a dark Horse” yaitu kuda hitam pesaing dalam sebuah balapan kuda yang memiliki performa lebih baik, jadi A dark horse ini bisa disandang oleh sebuah motor custom besutan dari Yasashii Garage (Bandung) berbasis Yamaha XS650

Yamaha XS650 diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1969, motor ini termasuk motor 4 tak pertama besutan Yamaha, bila dijajarkan dengan perusahaan motor asal Inggris yaitu Triumph dan Norton, namun Yamaha XS650 tidak semata-mata hasil copy paste dari ke-2 pabrikan motor tersebut.

Yamaha XS650 dibekali dengan mesin parrallel-twin dengan beberapa fitur yang disandangnya, antara lain Horizontal-split crankcase, dan menggunakan SOHC valve.

Yasashii Garage Bandung yang digawangi oleh Franky Mori, Yasashii terinspirasi dari budaya Jepang yang berarti ‘Baik” , Franky sebenarnya dia bukanlah seorang builder motor namun seorang pelukis dan pin-striper yang memiliki reputasi top builder sejak dibukanya bengkel miliknya pada tahun 2006. 

Pemilik Motor Yamaha XS650 tahun 1978 ini ingin memiliki motor custom cafe racer model old-school racer tapi tampilan modernnya harus dipertahankan, sehingga setelah berdiskusi dan konsultasi , akhirnya Franky membangun dengan melakukan proses brushing pada subframe nya dan model ekor motor dikustom dengan model kotak bercorak retro.

Suspensi  belakang yang menggunakan suspensi twin-shock diganti dengan mono-shock dengan swingarm model pisang dan ternyata sangat cocok. ditambah lagi pelek yang digunakan yaitu pelek bintang berukuran 17 inchi dan dibungkus dengan ban besutan Dunlope, sedangkan pada bagian depan dipasang rem cakram model jadul sehingga tampilan old-school nya lebih unggul.

Ubahan lainnya yang dilakukan yaitu pemasangan tangki motor kustom, lampu belakang, knalpot yang dipasang arrow silencer dan fender belakang dibuat dari bahan karbon.

Franky menjelaskan konsep motor kustom yang diorder oleh kliennya ini berkonsep cafe racer dengan sentuhan modern, dan dalam proses pembangunannya disesuiakan atas permintaan kustomernya dengan tampilan vintage namun bergaya modern. alhasil motor tersebut menyandang gelar “The Dark Horse”. Franky berharap karya-karyanya bisa menjadikan inspirasi bagi para builder lain dan kalian-kalian yang akan membangun motor bergenre cafe racer. 

Photo : by ukhyhaidir

youtube : yasashii garage

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications